Film
‘The Crown’ dan ‘The Mandalorian’ Memimpin Nominasi Emmy Emmy akan kembali ke markas Microsoft Theater-nya, dengan audiens nominasi dan tamu mereka yang terbatas. (Foto: forbes.com)

SIAPA yang pertama? Tergantung pada definisi tentang platform. Saat Television Academy mengumumkan nominasi Primetime Emmy Awards ke-73 pada Selasa (13/7) pagi, gabungan HBO dan HBO Max mengumumkan kemenangan dengan total 130 nominasi, diikuti oleh Netflix dengan 129. Namun perlu diperhatikan pula peringkat berikutnya: streamer pendatang baru Disney Plus, dengan 71 nominasi berkat WandaVision dan The Mandalorian.

Sementara itu, Netflix The Crown dan Disney Plus The Mandalorian berada di posisi teratas untuk nominasi program dengan masing-masing 24, diikuti oleh Disney Plus WandaVision (23), Hulu The Handmaid's Tale (21), dan NBC Saturday Night Live (21). Kemudian Ted Lasso dari Apple TV Plus (20), Lovecraft Country dari HBO (18), The Queen's Gambit dari Netflix (18), dan Mare of Easttown dari HBO (16).

Baca Juga:

Harley Quinn Butuh Istirahat

tv
'The Crown' dan 'The Mandalorian' berada di posisi teratas dengan masing-masing 24 nominasi. (Foto: gstatic.com)

Ini merupakan tahun yang penuh gejolak bagi TV, industri hiburan, dan AS pada umumnya. Namun, setidaknya di Emmy ada satu hal yang tidak berubah: Netflix dan HBO terus bersaing di urutan teratas daftar nominasi, diikuti yang lain.

Tahun ini, bagaimanapun, keputusan untuk menghitung HBO dan HBO Max di bawah satu penghitungan kemungkinan akan memicu banyak kontroversi. Karena Netflix masih memiliki hak untuk menyangkal atas HBO dan HBO Max sebagai entitas tunggal. Secara terpisah, HBO menerima 94 penghargaan, dan HBO Max meraih 36 nominasi.

Kemudian, Walt Disney Co. juga bisa mengklaim supremasi ketika semua platformnya digabungkan, menjadi 146 nominasi: ABC 23, Disney Plus 71, Freeform 1, FX Networks 16, Hulu 25, dan Nat Geo 10.

Dengan begitu banyak streamer baru dalam game pada tahun 2021, ada tanda-tanda perubahan dalam peta kekuatan. Munculnya layanan streaming baru yang menjajakan tarif bergengsi berdampak pada persaingan Emmy. Tahun ini, ada terobosan besar dari pemula Disney Plus, Apple TV Plus dan HBO Max. Dua puluh nominasi untuk Ted Lasso dari Apple TV Plus adalah yang paling banyak untuk serial komedi baru. Sementara, HBO Max tampil kuat berkat 15 nominasi untuk Hacks dan sembilan untuk The Flight Attendant.

Baca Juga:

Desain Khusus Kostum 'Black Widow' yang Dipakai Scarlett Johansson

tv
Netflix dan HBO terus bersaing di urutan teratas daftar nominasi, diikuti yang lain. (Foto: huffingtonpost.com)

Menurut variety.com (13/7), ini bisa menjadi salah satu tahun transisi Emmy yang dibicarakan para pakar penghargaan untuk tahun-tahun mendatang. Ketika Akademi Televisi mengumumkan nominasi Primetime Emmy Awards ke-73, pemenang terbesar mungkin adalah tiga outlet yang bahkan tidak ada tiga tahun lalu. Hanya dalam dua tahun, Disney Plus, Apple TV Plus dan HBO Max menggoyang dominasi Netflix yang meraja baru-baru ini.

Dalam drama, kompetisi ketat antara The Boys (Amazon Prime Video), Bridgerton (Netflix), The Crown (Netflix), The Handmaid's Tale (Hulu), Lovecraft Country (HBO), The Mandalorian (Disney Plus), Pose (FX) dan This Is Us (NBC). Pemenang tahun lalu, Succession HBO, tidak memenuhi syarat. 'he Handmaid’s Tale adalah satu-satunya pemenang Emmy drama sebelumnya, setelah mendapatkan pengakuan pada tahun 2017.

Juga tidak masuk dalam kompetisi tahun ini adalah pemenang komedi 2020, Schitt's Creek (Pop TV), yang meninggalkan ruang untuk pemenang baru. Nominasi kategori ini adalah Black-ish (ABC), Cobra Kai (Netflix), Emily in Paris (Netflix), Hacks (HBO Max), The Flight Attendant (HBO Max), The Kominsky Method (Netflix), Pen15 (Hulu) dan Ted Lasso (Apple TV Plus). Tak satu pun dari nomine itu adalah pemenang sebelumnya.

Sementara itu, kompetisi dalam kategori limited/anthology yaitu I May Destroy You (HBO), Mare of Easttown (HBO), The Queen's Gambit (Netflix), WandaVision (Disney Plus) dan The Underground Railroad. Pemenang tahun lalu adalah Watchmen dari HBO.

Baca Juga:

Dua Lipa Bakal Debut Akting di FIlm 'Argylle'

tv
The Mandalorian yang termasuk jadi jagoan di Primetime Emmy Awards ke 73. (Foto: Cheraw Chronicle)

Secara keseluruhan, streamer sekali lagi menjadi platform yang paling banyak dinominasikan, dengan 342 nominasi — naik dari 269 tahun lalu. Namun, nominasi tersebar lebih luas, karena Netflix tidak dapat menandingi rekor 160 nominasi bersejarah tahun lalu.

Pendatang baru termasuk Discovery Plus dan Pluto, dengan satu nominasi masing-masing enam untuk Paramount Plus dan dua untuk Peacock. Dan kemudian ada penambahan untuk Disney Plus, dengan 71 (naik dari 19), dan Apple TV Plus dengan 34 (naik dari 18). Hulu bertahan stabil dengan 25, turun sedikit dari 26.

Amazon Prime Video, sementara itu, melihat penurunan dari 31 menjadi 18, tetapi boleh bangga dengan drama pertamanya The Boys dan limited series The Underground Railroad dalam kompetisi Emmys.

Di TV kabel, HBO memimpin dengan 94 anggukan, dibandingkan dengan 107 tahun lalu. Namun dalam menggabungkan HBO dan HBO Max, ini adalah hari yang baik bagi Casey Bloys, kepala programmer untuk kedua entitas. Keberhasilan HBO memungkiri penurunan TV kabel yang terus berlanjut di Emmy. Tahun ini, penghitungan gabungan untuk semua jaringan kabel (baik berbayar maupun dasar) adalah 166, turun dari 246.

Bila HBO dihitung terpisah, ini adalah ketiga kalinya Netflix mengalahkan HBO. Pada tahun 2018, streamer mengakhiri dominasi nominasi Emmy 17 tahun HBO dengan mendapatkan 112 anggukan dari 108 HBO.

Baca Juga:

Akankah 'Sweet Home' kembali di Musim Kedua?

tv
HBO masih dianggap kuat untuk emmy tahun ini. (Foto: Prime Time Zone)

Pada tahun 2019, HBO merebut kembali mahkota tersebut — khususnya berkat Game of Thrones, yang membantu jaringan tersebut menurunkan 137 nominasi pada tahun 2019, terbanyak dalam sejarah jaringan tersebut. Netflix mencetak 117 nominasi tahun itu. Kemudian datanglah tahun 2020, dan 160 nominasi Netflix — terbanyak dari semua outlet, yang pernah ada.

Namun, sampai Emmy dibagikan. Seperti yang dibuktikan tahun lalu, dominasi nominasi tidak selalu sama dengan memuncaki penghitungan pemenang (terutama jika terlalu banyak nominasi yang bersaing satu sama lain dalam kategori yang sama). HBO memimpin dengan 30 kemenangan, diikuti oleh Netflix 21 dan Pop TV 10. Pada 2019, HBO berada di puncak dengan 37, diikuti oleh Netflix 27; dan pada tahun 2018, HBO dan Netflix sama-sama meraih 23 kemenangan.

Sekarang tiba fase kedua Emmy 2021, dan ketika Los Angeles mulai terbuka, karpet merah dirayakan dan kehidupan agak kembali normal. Akan ada kemungkinan lebih banyak acara promosi langsung akan muncul dalam beberapa bulan mendatang.

Kali ini, Emmy akan kembali ke markas Microsoft Theater-nya, dengan audiens nominasi dan tamu mereka yang terbatas. Primetime Emmy akan tayang pada 19 September 2021 melalui CBS (dan Paramount Plus streamer). Seperti yang diumumkan pada Senin (12/7), bintang The Neighborhood Cedric the Entertainer akan menjadi pembawa acara. Hudlin Entertainment dan Done+Dusted akan sekali lagi bermitra untuk memproduksi siaran untuk tahun kedua berturut-turut. (aru)

Baca Juga:

Disney Hadirkan Film Animasi Musikal ‘Encanto’

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Intip Budaya Kuliner Yogyakarta dari Film Dokumenter 'Street Food: Asia'
Fun
Tiga Tim Jagoan Baru di Fase 4 MCU
ShowBiz
Tiga Tim Jagoan Baru di Fase 4 MCU

Sebelum tayang, yuk kita kenalan dulu dengan tiga tim baru dari fase keempat MCU.

Alodokter Dukung Penuh Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia
Fun
Alodokter Dukung Penuh Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia

Alodokter dan PERKEDWI siap mendukung visi pemerintah.

Museum Macan Gelar Pameran 'Present Continuous / Sekarang Seterusnya' Hingga Mei
Fun
YouTuber Clarin Hayes Bisnis Produk Perawatan Wajah
ShowBiz
YouTuber Clarin Hayes Bisnis Produk Perawatan Wajah

Produk kecantikan milik Clarin juga bisa digunakan oleh pria.

Sedang Ramai di TikTok, Begini Tips Menggunakan Powder Sunscreen
Hiburan & Gaya Hidup
Sedang Ramai di TikTok, Begini Tips Menggunakan Powder Sunscreen

Akankah tabir surya bubuk dengan formula lotion atau semprot menjadi sepi peminat?

Daftar Gim Xbox Game Pass Bulan April
ShowBiz
Daftar Gim Xbox Game Pass Bulan April

MLB dan Cricket 22 telah tersedia, namun masih ada beberapa judul gim lagi lagi yang akan dinantikan sepanjang sisa bulan ini.

Single 'Anti Rebahan' dari Jarwo Jadi Penawar Rindu untuk Penggemar Naif
ShowBiz
Single 'Anti Rebahan' dari Jarwo Jadi Penawar Rindu untuk Penggemar Naif

Jarwo mengemas sentuhan gitar retro manis dan memantapkan diri mengisi vokal untuk lagu ini.

Mengungkap Deretan Mitos Tentang Keaslian Madu
Kuliner
Mengungkap Deretan Mitos Tentang Keaslian Madu

Yuk kenali fakta-fakta soal mitos tentang madu yang beredar di masyarakat

Kisah di Balik Cameo BTS di ‘Business Proposal’
ShowBiz
Kisah di Balik Cameo BTS di ‘Business Proposal’

Sang sutradara amat berterima kasih karena Jungkook telah menonton acaranya.