Terlihat Mirip, Ketahui Perbedaan Konektor Thunderbolt 3 dan USB Type-C Terlihat mirip, ternyata keduanya memiliki perbedaan. (Foto: The Daily Dot)

PERKEMBANGAN teknologi yang semakin cepat ternyata membawa perubahan besar, baik dari segi desain, sistem operasi, hingga fungsi dari perangkat tersebut. Salah satu perubahan yang bisa dilihat ialah konektivitas yang ada pada laptop atau gawai. Kini, sudah muncul USB tipe C dan Thunderbolt 3 di beberapa perangkat kelas menengah hingga flagship.

Thunderbolt telah berkembang selama bertahun-tahun, mulai dari Thunderbolt, Thunderbolt 2, dan yang terbaru adalah Thunderbolt 3. Versi terbaru dari Thunderbolt 3 ini ternyata memiliki kemiripan dengan USB Type-C. Bahkan, beberapa orang sulit membedakan keduanya.

Baca juga:

Apa Makna Emoji Baru 'Jari Kuncup'?

Thunderbolt 3 lebih unggul dibandingkan USB Type-C. (Foto: PCMag)
Thunderbolt 3 lebih unggul dibandingkan USB Type-C. (Foto: PCMag)

Perbedaan kedua konektor ini terdapat pada fitur di dalamnnya. Untuk itu, Merahputih telah merangkum apa yang membedakan Thunderbolt 3 dan USB Type-C.

Keduanya bersifat reversible atau bisa ditancapkan bolak-balik. Jadi, pengguna tidak kesulitan untuk menyesuaikan posisi kabel dengan konektor. USB merujuk pada kemampuannya, yakni kompatibilitas kabel. Ada beberapa jenis USB, Type-A, Type-B, dan yang terbaru Type-C. Mereka terbagi dalam beberapa versi, yakni USB 1.1, USB 2.0, USB 3.0, USB 3.1 Gen 1, dan USB 3.1 Gen 2.

Dari segi transfer data, Thunderbolt 3 memiliki kecepatan hinga 40 Gbps. Kecepatan ini dua kali lebih cepat dari Thunderbolt 2. Angka tersebut sangat cocok untuk meningkatkan kinerja, seperti bermain gim tanpa patah-patah. USB Type-C 3.1 generasi kedua memiliki kecepatan transfer data sebesar 10 Gbps. Sedangkan USB Type-C 3.1 generasi pertama memiliki kecepatan trasnfer data 1,5 Gbps.

Baca juga:

Apa Makna Emoji Baru 'Jari Kuncup'?

Port USB C memiliki sifat reversible. (Foto: FHM Philippines)
Port USB C memiliki sifat reversible. (Foto: FHM Philippines)

Keunggulan Thunderbolt 3 tidak hanya sampai di situ. Dari segi video, Thunderbolt 3 mampu menampilkan video dengan resolusi 2 x 4K atau video tunggal beresolusi 5K. sementara USB Type-C hanya menampilkan resolusi video maksimal 4K. Thunderbolt 3 juga mendukung eksternal GPU atau eGPU serta dapat menyambungkan enam perangkat sekaligus (daisy chain) secara bersamaan.

Lantas, bagaimana cara membedakan port Thunderbolt 3 dan USB Type-C?

Cara yang paling mudah ialah dengan melihat logo yang ada pada Thunderbolt 3. Port Thunderbolt 3 biasanya menggunakan label dengan gambar petir dan anak panah serong ke kiri. (And)

Baca juga:

Rencana Instagram Untuk Sembunyikan Jumlah Like Karena Netflix?


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH