Terjatuh di dalam Mimpi Hingga Terbangun? Ini Artinya

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 09 Juli 2021
Terjatuh di dalam Mimpi Hingga Terbangun? Ini Artinya
Terjatuh dalam mimpi umum terjadi. (Foto: Pexels/Tim Grundtner)

PERNAH mimpi terjatuh sampai membuatmu bangun dari tidur? Ternyata itu ada artinya. Aktivitas seharian membuatmu kelelahan dan segera menyelesaikan rutinitas malam sebelum tidur. Setelah kamu tertidur, tidak lama kemudian kamu mulai berpetualang dan akhirnya terbangun dengan kaget karena bermimpi tentang jatuh dari ketinggian.

Mimpi seperti ini sangat umum dan sering terjadi hampir pada setiap orang. Biasanya mimpi ini terjadi tidak lama setelah kita tertidur pulas. Secara umum, mimpi tentang jatuh cenderung menandakan hilangnya kendali atas situasi penting yang sedang kita hadapi.

Hal tersebut menunjukkan ketakutan, teror, dan kecemasan yang muncul karena takut kehilangan kendali atas apa yang sedang kita jalani. Perasaan terjatuh mungkin mewakili rasa tidak berdaya.

Baca juga:

Mimpi Hantu? Ini Maknanya!

Tetapi kamu dapat menafsirkan mimpi dengan lebih akurat jika memperhitungkan beberapa petunjuk lain. Seperti dari mana kamu jatuh, mengapa, dan bagaimana perasaanmu setelah terjatuh. Melansir dari Bustle, berikut beberapa arti mimpi jatuh yang mungkin pernah kamu rasakan.

Terjatuh dalam Mimpi Hingga Terbangun? Ini Artinya
Mimpi jatuh dari langit. (Foto: Pexels/Henry & Co)

Mimpi Jatuh dari Langit

Pernah bermimpi di mana kamu jatuh tak berdaya dari langit? Menurut pakar tidur Dorothy Chambers, hal ini kemungkinan besar terjadi ketika kamu mengalami perubahan besar dalam hidup yang berada diluar kendalimu.

Jika kamu terjatuh dalam slow motion atau gerakan lambat, bisa diartikan kamu sedang berada pada posisi dimana kamu tidak bisa membuat keputusan.

Mimpi Jatuh Tersandung

Chambers mengatakan mimpi ini mungkin menunjukkan bahwa kamu khawatir tertinggal dalam karier atau pun hal lainnya. Kamu mungkin sangat stres karena tersandung atau membuat kesalahan sehingga hingga akhirnya memunculkan hal itu dalam mimpi.

Mimpi Jatuh dari Tebing

Ini bisa berarti kamu khawatir 'kehilangan kontak' dengan orang penting dalam hidupmu. Misalnya teman-temanmu yang mungkin menjauh dan mencari teman baru. Mimpi jatuh dari tebing juga bisa mewakili ketakutan antisipatif. Artinya kamu tidak tahu persis apa yang akan terjadi tetapi hanya takut dengan hasilnya.

Terjatuh dalam Mimpi Hingga Terbangun? Ini Artinya
Mimpi jatuh dari gedung. (Foto: Pexels/Gladson Xavier)

Mimpi Jatuh dari Gedung

Skenario menakutkan lainnya adalah bermimpi jatuh dari gedung. Mimpi ini menandakan kamu takut akan hal yang tidak diketahui. Hal ini juga mungkin pertanda kamu kecewa pada diri sendiri atau gagal mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca juga:

Mimpi Aneh Bisa Jadi Tanda Makin Pintar

Mimpi Jatuh dan Terluka

Jika kamu jatuh dan mengalami rasa sakit atau terluka dalam mimpi, itu mungkin berarti kamu sedang menderita dalam kehidupanmu.

Jika itu terjadi karena seseorang mendorongmu, kemungkinan itu menunjukkan bahwa kamu merasa dikhianati sehingga hal ini bisa menjadi tanda untuk kamu memeriksa hubungan dalam kehidupan nyata.

Mimpi Jatuh dari Lift

Mimpijatuh dari tangga atau poros lift dapat menunjukkan bahwa keadaan emosional kamu menurun dengan cepat. Kamu perlu duduk dan memeriksa dengan cermat apa yang terjadi padamu baru-baru ini.

Kemudian mencoba untuk mendapatkan kembali kepercayaan dirimu. Mimpi ini umumnya menunjukkan harga diri kamu yang telah jatuh.

Mimpi Melihat Orang Lain Jatuh

Jika kamu melihat teman atau anggota keluarga yang terjatuh dalam mimpi, ini bisa jadi pertanda bahwa mungkin kesehatan mereka sedang tidak baik atau mereka sedang mengalami masa sulit secara finansial.

Terjatuh dalam Mimpi Hingga Terbangun? Ini Artinya
Konsultasikan jika terlalu sering mengalami mimpi jatuh. (Foto: Pexels/Craig Gary)

Apa yang harus dilakukan jika mimpi ini terus datang?

Jika kamu terus terbangun dengan panik pada malam hari, cobalah untuk berbicara dengan spesialis tidur, dokter umum, atau penyedia kesehatan mental. Mereka akan memandu kamu untuk mengidentifikasi dari mana stres kamu berasal atau area kehidupan mana yang membuat kamu merasa tidak bahagia atau tertekan.

Selain itu, cobalah untuk menghindari stres sebelum tidur dengan tidak bermain dengan ponsel atau membaca berita sebelum tidur. Lakukan juga beberapa latihan pernapasan. Mimpi tidak dapat dikendalikan, sehingga hal yang bisa kamu lakukan adalah mengkondisikan pikiranmu agar lebih santai. (tel)

Baca juga:

Mimpi Aneh Pengaruhi Fungsi Otak di Kehidupan Nyata

#Mimpi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan