Sains

Mimpi Aneh Bisa Jadi Tanda Makin Pintar

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 13 Juni 2021
Mimpi Aneh Bisa Jadi Tanda Makin Pintar
Mimpi aneh sebenarnya memperluas kekuatan otak dengan cara yang sama seperti sistem kecerdasan buatan. (Foto: 123RF/kolotype)

PERNAH punya pengalaman tidur dengan mimpi ke tempat-tempat yang melampaui imajinasi? Ternyata mimpi itu datang untuk alasan yang baik. Demikian menurut ahli saraf Erik Hoel, PhD, dari Tufts University di Medford, MA.

Mimpi aneh memiliki tujuan penting, katanya seperti diberitakan webmd (13/6). Pengalaman tidur itu membantu otak manusia memahami pengalaman sehari-hari dengan cara yang memungkinkan pembelajaran lebih dalam. Seperti saran Hoel dalam sebuah penelitian.

Mimpi tersebut sebenarnya memperluas kekuatan otak manusia dengan cara yang sama seperti sistem kecerdasan buatan dilatih untuk menjadi lebih pintar.

Baca juga:

Museum London akan Memanen Mimpi untuk Penelitian

Mimpi Aneh Bisa Jadi Tanda Makin Pintar
Selama tidur, otak akan menciptakan mimpi unik yang menggabungkan pengetahuan yang baru diperoleh. (Foto: 123RF/Olga Yastremska)

Faktanya, para ilmuwan menggunakan jaringan saraf pembelajaran mendalam untuk melatih sistem AI. Namun, ketika sistem AI menjadi terlalu akrab dengan data, ia dapat menyederhanakan analisisnya secara berlebihan, menjadi 'otak berlebihan' yang menganggap apa yang dilihatnya adalah representasi sempurna dari apa yang akan dihadapinya di masa depan.

Untuk mengatasi masalah itu, para ilmuwan memperkenalkan tingkat kekacauan dan pengacakan ke dalam data mereka untuk memperdalam pembelajaran mesin dan meningkatkan akurasi sistem AI.

Dengan cara yang hampir sama, "otak kita sangat pandai belajar sehingga kita selalu berada dalam bahaya kelebihan beban," Hoel memperingatkan. Ini dapat menyebabkan persepsi yang terlalu sederhana dan terlalu akrab tentang dunia di sekitar kita. Sebagai petunjuk, seperti dalam pelatihan AI, otak kita memperkenalkan kekacauan saat kita tidur, yang sering kali berbentuk mimpi aneh.

"Keanehan mimpi dan cara mereka menyimpang dari pengalaman ketika terjaga memberi kita wawasan bahwa pasti ada fungsi biologis di baliknya," kata Hoel. Dia menambahkan, "Pengalaman kami dengan jaringan saraf dalam, yang terinspirasi oleh fungsi otak, memberi kami petunjuk yang mungkin tentang mengapa ini terjadi."

Baca juga:

Mimpi Aneh Pengaruhi Fungsi Otak di Kehidupan Nyata

Analisa Mimpi

Mimpi Aneh Bisa Jadi Tanda Makin Pintar
Otak kita memperkenalkan kekacauan saat kita tidur, yang sering kali berbentuk mimpi aneh. (Foto: 123RF/rolffimages)

Mengenai teori dalam penelitian tersebut, Christopher Winter, MD, dari Charlottesville Neurology and Sleep Medicine di Virginia menyatakan, dia tidak yakin bagaimana para ilmuwan dapat membuktikannya.

Sudah menjadi rutinitas bagi ahli saraf untuk memeriksa aktivitas saraf selama tidur, tetapi menangkap mimpi sehingga dapat dievaluasi menghadirkan tantangan yang jelas.

Mimpi terutama dinilai melalui ingatan, Hoel mengakui. Kebanyakan orang hanya mengingat bagian-bagian dari mimpi mereka, dan biasanya hanya bagian-bagian yang terjadi tepat sebelum mereka bangun.

Satu langkah yang dapat diambil peneliti adalah mengukur 'keanehan' mimpi, saran Winter. Definisi yang lebih baik tentang apa yang merupakan "aneh" dapat memberikan wawasan tentang peran yang dimainkan mimpi dalam pembelajaran.

Dia bertanya-tanya apakah mimpi orang dengan penyakit Alzheimer, misalnya, sama tidak biasa dengan mimpi orang tanpa gangguan kognitif.

Namun, bahkan jika studi tentang mimpi berada di luar teknologi saat ini, teori Hoel mengisyaratkan gagasan bahwa otak lebih lunak dan memiliki kemampuan lebih daripada yang diperkirakan sebelumnya. Demikian menurut Winter.

Ilmu saraf pun semakin dekat dengan studi mimpi daripada yang dipikirkan banyak orang, kata Hoel.

Cara yang dapat diandalkan untuk mengintegrasikan pengalaman kehidupan nyata ke dalam mimpi adalah dengan melakukan tugas baru secara berulang sebelum tidur, jelasnya. Proses itu memicu overfitting. Dan, selama tidur, otak akan menciptakan mimpi unik yang menggabungkan pengetahuan yang baru diperoleh.

Cara otak memanfaatkan kehidupan sehari-hari suatu hari nanti dapat diterapkan untuk memperkenalkan mimpi buatan guna meningkatkan kemampuan belajar orang yang sedang tidur. Mimpi buatan bahkan dapat membantu meminimalkan efek berbahaya dari kurang tidur.

Sementara Hoel mengeksplorasi gagasan memanfaatkan lamunan pikiran saat istirahat, dia merekomendasikan agar orang terus berbagi mimpi teraneh mereka. (aru)

Baca juga:

Mimpi Hantu? Ini Maknanya

#Mimpi #Tidur #Kesehatan #Simulasi Otak #Otak
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan