Terdampak Corona, Ini Objek Wisata di Yogyakarta yang Ditutup Candi Borobudur (Foto: Pixabay/saesherra)
indonesiaku-singlepost-banner-2
indonesiaku-singlepost-Mobile-banner-7

Industri pariwisata di Daerah istimewa Jogjakarta terguncang akibat pandemi virus corona. Sejumlah objek wisata terpaksa ditutup selama proses sosial distancing diberlakukan oleh pemerintah.

objek wisata ini ditutup karena beberapa faktor seperti sepinya jumlah pengunjung, mencegah penyebaran virus corona dan adanya penyemprotan cairan disinfektan.

Berikut objek wisata di Daerah istimewa Yogyakarta yang ditutup.

Baca juga:

Virus Corona Buat Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda

1. Kawasan Wisata di Kaki Gunung Merapi Sleman

Kali Adem (Foto: Instagram/vietri4394)
Kali Adem (Foto: Instagram/vietri4394)

Tiga kawasan wisata favorit di kaki gunung Merapi ditutup sementara sejak Kamis 26 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Ketiganya adalah kawasan Kaliurang, Kali Adem, dan Bukti Klangon.

Seluruh lokasi wisata yang berada dalam tiga kawasan tersebut ditutup sementara. Penutupan dilakukan karena adanya kegiatan penyemprotan disinfektan.

2. Tebing Breksi Sleman

Tebing Breksi (Foto: Instagram/wisnu_nu2)
Tebing Breksi (Foto: Instagram/wisnu_nu2)

Destinasi wisata tebing ini juga ditutup mulai Kamis 26 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Pemkab Sleman mengimbau pengelola tebing Breksi untuk melakukan penyemprotan disinfektan selama penutupan.

3. Lava Bantal Sleman

Lava Bbantal (Foto: Instagram/arioardhi)
Lava Bantal (Foto: Instagram/arioardhi)

Wisata susur sungai di Lava Bantal turut ditutup sementara untuk umum. Penutupan dilakukan sejak Kamis 26 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Baca juga:

Pertama Kalinya, Film Box Office Merugi

4. Goa Pindul dan Goa Kalisuci Gunung Kidul

Goa Kalisuci (Foto: Instagram/sylverdrkagon)
Goa Kalisuci (Foto: Instagram/sylverdrkagon)

Wisata susur gua Kars juga ditutup akibat sepinya jumlah pengunjung. Penutupan juga dilakukan untuk mengikuti instruksi presiden melakukan social distancing. Goa Kalisuci dan Goa Pindul mulai ditutup sejak pekan lalu.


5. Beberapa Pantai di Selatan Gunung Kidul

Pantai Gesing (Foto: Instagram/ledier_fav)
Pantai Gesing (Foto: Instagram/ledier_fav)

Sejumlah pantai selatan Gunung Kidul sepi pengunjung sejak Sabtu (21/03). Berbagai aktifitas perekonomian tidak terlihat. Beberapa warung dan lapak pedagang memilih untuk tutup lantaran sepi pengunjung.

Banyak biro-biro wisata membatalkan kunjungan ke Gunungkidul. Seluruh ruas jalan menuju objek wisata termasuk Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) sepi pengguna jalan. Dari Pantai Purwosari, Panggang, Saptosari, Tanjungsari, Tepus dan Kecamatan Girisubo sepi pengunjung.

6. Benteng Vredeburg dan beberapa Museum

Museum Benteng Vredeburg (Foto: Instagram/museum.benteng.vredeburg)
Museum Benteng Vredeburg (Foto: Instagram/museum.benteng.vredeburg)

Sejumlah Museum turut ditutup sejak 16 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Museum yang ditutup sementara adalah Benteng Vredeberg, Museum Bahari, Museum Sandi, Museum TNI AD, Museum Biologi, dan Museum Perjuangan.

7. Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko

Candi Borobudur (Foto: Pixabay/saesherra)
Candi Borobudur (Foto: Pixabay/saesherra)

Sejumlah candi di kawasan Sleman turut ditutup untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Corona. Tiga candi favorit yakni candi Prambanan, Borobudur dan Ratu Boko ditutup sejak 20 sampai 29 Maret 2020. Candi lainnya yang ditutup adalah candi Sambisari, Candi Ijo, Candi Kalasan, Candi Barong, Candi Sari, dan Candi Banyunibo.

Aritkel ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca juga:

Yuk Kunjungi 5 Museum Ini Saat #DiRumahAja


indonesiaku-singlepost-Mobile-banner-3
Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


indonesiaku-singlepost-banner-4
indonesiaku-singlepost-banner-5
indonesiaku-singlepost-banner-6