Beberapa Makanan yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari untuk Jauh Dari Depresi Efek depresi tidak hanya mental, tetapi dapat menyebabkan sakit fisik. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

KAMU merasa sedih sangat mendalam saat depresi, tetapi seringkali sulit untuk menentukan alasannya. Efek depresi tidak hanya mental, tetapi dapat menyebabkan sakit fisik. Kamu bahkan dapat terisolasi dari teman dan keluarga, yang menyebabkan konsekuensi ekstrem, hingga kematian.

Bahkan, bunuh diri adalah penyebab utama kematian, menewaskan hampir 45.000 jiwa pada tahun 2016. Demikian menurut Pusat Pengendalian Penyakit, Departemen Kesehatan AS.

Ada berbagai langkah pencegahan yang diambil untuk membantu mereka yang membutuhkan, termasuk psikoterapi, pengobatan, latihan fisik, yoga dan meditasi. Selain itu, ternyata fakta menyebutkan diet bagian penting kesehatan mental. Dikutip Food Prevent, berikut beberapa makanan yang bisa membantu melawan depresi.


1. Yogurt

Yogurt. (Foto: Pixabay/Imoflow)
Yogurt. (Foto: Pixabay/Imoflow)

Probiotik adalah bakteri hidup yang bermanfaat bagi usus dan sistem pencernaan secara keseluruhan. Dan ternyata, yogurt juga memainkan peran dalam pikiran kamu.

Para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Virginia dalam penelitiannya mampu membalikkan gejala depresi pada tikus dengan memberi mereka bakteri probiotik yang berasal dari yogurt yang disebut Lactobacillus.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Meski Terlihat Sopan, Sebenarnya 10 Kebiasaan Ini Enggak Disukai Pelayan Restoran


2. Salmon

Ikan salmon. (Foto: Pixabay/born_in_88)
Ikan salmon. (Foto: Pixabay/born_in_88)

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk pengembangan dan fungsi keseluruhan sistem saraf pusat. Tidak hanya itu, tetapi kurangnya omega-3 telah dikaitkan dengan suasana hati yang rendah, penurunan kognitif, dan pemahaman yang buruk.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan dosis asam lemak bergizi ini adalah dari ikan salmon. Ikan berdaging merah muda yang lazim ditemukan di Samudra Atlantik ini berada dalam daftar teratas omega-3.

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam. (Foto: Pixabay/Katzenfee50)
Cokelat hitam. (Foto: Pixabay/Katzenfee50)

Rasa pahit sekaligus manis yang terbungkus dalam sebatang coklat hitam halus layak untuk dikonsumsi. Cokelat hitam telah disebutkan dalam beberapa daftar makanan sehat dan untuk alasan yang baik.

"Permen" yang lezat ini mengandung magnesium dalam dosis tinggi. Mengapa magnesium sangat penting? Satu penelitian menemukan bahwa suplemen magnesium sitrat harian menyebabkan pengaruh signifikan dalam depresi dan kecemasan, terlepas dari usia, jenis kelamin atau tingkat keparahan depresi.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Rejang Renteng, Tari Olah Rasa dari Kaum Ibu


4. Kacang chickpea (kacang Arab)

Kacang chickpea. (Foto: Pixabay/mstlion)
Kacang chickpea. (Foto: Pixabay/mstlion)

Buncis adalah kacang-kacangan dan merupakan karbohidrat kompleks. Ini berarti bahwa tubuh dapat secara perlahan mencernanya untuk energi yang stabil. Energi adalah sesuatu yang kamu butuhkan untuk membantu melewati hari di mana seringkali terasa berat.

Ada satu hal yang dapat ditemukan pada buncis yang telah dikaitkan dengan peningkatan mood: seng. Faktanya, hanya dalam satu cangkir, kamu akan mendapatkan 17 persen dari nilai seng harian yang direkomendasikan.


5. Keju cottage

Keju cottage. (Foto: Pixabay/Enotovyj)
Keju cottage. (Foto: Pixabay/Enotovyj)

Keju cottage mengandung vitamin B, yang telah dikaitkan dengan meningkatkan suasana hati orang, menghilangkan kecemasan dan depresi. Penelitian juga menemukan, ketika dikonsumsi bersamaan dengan konsumsi obat antipsikotik, vitamin B dapat mengurangi keparahan gejala psikotik pada pasien dengan skizofrenia kronis.

Selain itu, yang dibutuhkan hanyalah satu cangkir keju untuk memberi kamu 16% dari kebutuhan harian yang rekomendasikan. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Tempat Wisata Malam yang Wajib Didatangi Para Pelancong di Ibu Kota Jakarta

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH