Telur Ayam Sehat tanpa AGP Dengan pakan tanpa AGP, ayam hasilkan telur dengan optimal. (foto: pixabay/myriam fotos)

DUNIA peternakan Indonesia tak berpihak pada para peternak. Seorang pebisnis pakan dan nutrisi merk Cargill, Ivan Hindarko, mengungkapkan kesehatan ayam hingga fluktuasi harga daging dan telur menjadi persoalan yang dihadapi para peternak.

Ia mengatakan, sebelumnya peternak mengandalkan pakan antibiotik untuk membantu masalah kesehatan. Sayangnya sejak awal tahun lalu, pemerintah Indonesia melarang penggunaan antibiotik promotor pertumbuhan (antibiotic growth promotors/AGP) dalam pakan ternak. “Hal tersebut mendorong kami, Cargill, untuk mengembangkan pakan ternak tanpa antibiotik yang masih dapat mengatasi masalah kesehatan ayam sambil meningkatkan produktivitas ayam untuk membantu peternak mencapai hasil yang lebih baik. Pada saat yang sama, tetap mematuhi peraturan pemerintah Indonesia," urainya.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Tulangmu Sejak Dini dengan 6 Cara Ini

Ia selaku pengembang pakan ternak mengembangkan pakan terbaru bernama Q-Max. Produk yang dirilis Selasa (20/8) tersebut sengaja ia kembangkan untuk memastikan ayam petelur dapat tumbuh sehat dan berkembang untuk menghasilkan secara optimal. "Pakan ternak yang saya kembangkan memberikan nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan tiap fase pertumbuhan. Ayam yang lebih sehat ialah ayam yang lebih produktif dan membutuhkan lebih sedikit antibiotik. Ini membantu melayani kebutuhan produsen dan konsumen," ucapnya.

cargill
Cargill meluncurkan pakan ternak tanpa AGP. (foto: MP/Iftinavia Pradinantia)



Dalam mengolah pakan ternak tersebut tak sembarangan, ia menambahkan minyak ikan untuk memperkuat imunitas atau daya tahan tubuh ternak, betaine yang membantu meningkatkan sistem pencernaan yang sehat di ayam, vitamin C, dan vitamin E yang menjadi sumber antioksidan untuk mengurangi stres dan mineral yang mengoptimalkan pembentukan saluran reproduksi ayam. "Semua ini mendukung agar ayam petelur berproduksi tepat waktu dan mencapai puncak produksi yang lebih lama untuk ayam petelur dengan berat hingga 1,9 kilogram," jelasnya.

cargill
Pakan ternak sehat terbukti menghasilkan ayam yang bertelur optimal. (foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Meskipun produk ini baru resmi diluncurkan, ia mengungkapkan bahwa ada beberapa peternak yang telah menggunakan pakan olahannya. Hasilnya tampak dari berat telur. "Berat telur yang dihasilkan juga umumnya dipertahankan pada kondisi ideal sekitar 60-63 gram," tukasnya.(avia)

BACA JUGA: Ingin Tetap Kuat Setelah Tua? Lakukan ini!



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH