Jaga Kesehatan Tulangmu Sejak Dini dengan 6 Cara Ini Jaga kesehatan tulang sejak dini (foto:pexels/pixabay)

JANGAN tunggu tua baru kamu menjaga kesehatan tulangmu. Jagalah kesehatan tulang sejak dini. Kamu harus aktif bergerak, jalani pola hidup sehat, dan menjaga pola makan yang sehat. Jangan cuma bermalas-malasan. Tulangmu bisa lemah di usia tua nanti.

Sebab, seiring bertambahnya usia kepadatan tulangmu bisa berkurang. Jika kamu menjaga kesehatan tulang sejak dini. Risiko terkena osteoporosis di usia lanjut pun berkurang. Nah, mengutip laman Alodokter, cara-cara ini bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tulangmu.

Baca juga:

Ingin Tetap Kuat Setelah Tua? Lakukan ini!



1. Mengonsumsi beragam sayuran

Jaga Kesehatan Tulangmu Sejak Dini dengan 6 Cara Ini
Sayuran dengan kandungan vitamin C bagus untuk tolong (Foto: Pexels/Magda Ehlers)



Sayuran sangat bermanfaat untuk kesehatan tulangmu. Terutama yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C dapat membantu produksi sel-sel pembentuk tulang. Ditambah, vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan. Sehingga sel-sel tulang akan terlindungi dari radikal bebas.



2. Konsumsi cukup Vitamin D

Jaga Kesehatan Tulangmu Sejak Dini dengan 6 Cara Ini
Vitamin D bisa kamu dapat dari salmon (Foto: Pexels/Pixabay)



Tubuh membutuhkan Vitamin D untuk kesehatan tulangmu. Vitamin D membantu penyerapan kalsium, pembentukan tulang, dan melindungi tulang. Kamu bisa mendapatkan nutrisi vitamin D melalui salmon, ikan sarden, minyak ikan, ikan tuna, kuning telur, jamur, dan tiram.



3. Rutin berolahraga

Jaga Kesehatan Tulangmu Sejak Dini dengan 6 Cara Ini
Rutin berolahraga menjaga kesehatan tulangmu (Foto: Pexels/John Sheldon)



Berolahragalah secara rutin. Minimal 2-3 kali dalam seminggu. Olahraga akan membuat kekuatan otot, koordinasi, dan keseimbangan tubuh terjaga tetap baik. Risiko terkena osteoporosis juga semakin berkurang dengan rutin berolahraga.

Baca juga:

Benarkah Cangkang Telur Bisa untuk Memperbaiki Kerusakan Tulang?



4. Hindari merokok dan minum alkohol

Jaga Kesehatan Tulangmu Sejak Dini dengan 6 Cara Ini
Kandungan pada rokok bisa membuat tulangmu rapuh (Foto: Pexels/Basil MK)



Kedua kebiasaan ini sangat eggak sehat. Kesehatan tulangmu bisa berkurang gara-gara rokok dan minuman beralkohol. Pada rokok terdapat kandungan yang bisa membuat tulangmu rapuh. Sementara minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko terkena osteoporosis.



5. Cukupi kebutuhan kalsium

Jaga Kesehatan Tulangmu Sejak Dini dengan 6 Cara Ini
Susu mengandung kalsium tinggi (Foto: Pexels/Pixabay)



Kebutuhan kalsium harian setiap orang bergantung dengan usia mereka. Biasanya, orang dewasa membutuhkan 1000 mg kalsium perhari. Ada banyak makanan yang mengandung banyak kalsium. Konsumsilah susu, keju, tahu, bayam, tempe, brokoi ikan sarden, salmon, kale dan, kubis.



6. Mengonsumsi suplemen kalsium

Jaga Kesehatan Tulangmu Sejak Dini dengan 6 Cara Ini
Keadaan tertentu membuatmu membutuhkan suplemen kalsium (Foto: Pexels/Pixabay)



Keadaan tertentu membuatmu membutuhkan tambahan kalsium melalui suplemen. Misalnya saat ada gangguan penecernaan, menopause, masa kehamilan, hingga masa menyusui. Jika mengalami salah satu keadaan tersebut segera mengonsumsi suplemen kalsum.

Konsumsilah suplemen kalsium yang mengandung kalsiumm karbonat. Jangan lupa, konsumsi kalsium sesuai petunjuk yang tertera di kemasan produk. Bagaimana sahabat Merah Putih, apakah kamu sudah menjaga kesehatan tulangmu? (ikh)

Baca juga:

5 Tips Sederhana untuk Membantumu Jaga Kesehatan Tulang

Kredit : digdo


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH