Tari Tifa dari NTT Hipnotis Masyarakat Dunia Tari Tifa dari NTT di Grand Prix International Dance Competition, Polandia. (Foto; ist)

PUTRI terbaik Indonesia kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Siswa SMP Labschool Kebayoran Jakarta berhasul memenangkan perhargaan tertinggi Grand Prix International Dance Competition di Gorzow Wielkopolski, Polandia.

Lomba tari kelas dunia tersebut diikuti oleh 11 negara diantaranya dari Polandia, Kazakstan, Ukraina, Chechnya, Rumania, Bulgaria, Latvia, Kolombia, dan Malaysia. Dari seluruh perwakilan negara yang ikut serta di kompetisi tari tersebut, hanya perwakilan Indonesia yang diminta tampil.

tari tifa
Tari Tifa di Grand Prix International Dance Competition Polandia. (Foto: ist)

Sebelum tampil di Grand Prix Dance Competition di Gorzow, Polandia, para siswa yang ikutserta, baik penari ataupun pemain music berlatih selama tiga bulan.

Tarian Tifa yang dibawakan oleh tim Misi Budaya Labschool Kebayoran membuat para hadirin terkesima. Tifa merupakan tari tradisional asal NTT yang sudah ada sejak zaman batu dimana manusia masih berburu dan meramu.

Tarian ini dibawakan oleh 28 penari dan 7 pemain musik tradisional. Alat musik tifa digunakan untuk mengiringi tarian ini. Tari tifa merupakan simbol kebersamaan. Hal tersebut terlihat dari kesamaan irama dan gerak. Pada zaman batu, di NTT Tari Tifa digunakan untuk penyambutan panen atau hasil buruan. Ketukan kaki yang berpadu dengan tepukan Tifa memiliki unsur kegembiraan, keramahan, serta tekad yang bulat. Gerakannya yang ceria dan meriah membuat tarian ini kerap digunakan untuk penyambutan tamu.

tari tifa
Misi Budaya Labschool Kebayoran. (Foto: ist)

Untuk penampilan tersebut Tim Labschool Kebayoran mengenakan kain tenun NTT berwarna merah. Tak hanya disukai di tanah air, kain tenun ini juga menarik perhatian semua pengunjung asing di acara tersebut.

Ini bukanlah pertama kalinya Tari Tifa memesona masyarakat dunia. Sebelum di Polandia, Tari Tifa sempat dibawakan di Adelaide Australia, Orlando Amerika Serikat, Italia, dan Sudan. Harmonisasi yang terbentuk dari hentakan kaki dan tepukan tifa membuat tarian ini memberi kesan semangat dan magis bagi yang melihat. (avi)

Baca juga artikel Wisata Indonesia: Uniknya Danau Air Asin di Pulau Satonda, NTB

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH