Tari Sekapur Sirih dari Jambi Penari sekapur sirih sedang memegang cerano, wadah berisi lembar daun sirih (Foto: adat-tradisional.blogspot)

Provinsi Jambi memiliki sebuah tarian tradisional. Tarian ini bernama tari sekapur sirih. Tari ini biasa dilakukan untuk menyambut kedatangan tamu terhormat ke Jambi, oleh kaum wanita saja.

Sekapur sirih pertama kali diciptakan oleh seniman terkenal di Jambi, Firdaus Chatap. Setelah itu, pada tahun 1962 tarian ini mulai dikenalkan ke masyarakat Jambi. Awalnya tari sekapur sirih hanya memperagakan gerakan dasar saja. Kemudian seiring berkembangnya zaman, para seniman mulai menambahkan iringan lagu dan musik pada tari ini, sehingga membuat tarian ini semakin menarik.

Sekapur sirih tidak dilakukan untuk menghibur para tamu terhormat saja. Terdapat makna dari tarian tersebut. Makna dari tarian ini merupakan rasa bahagia dan bersyukur atas kedatangan tamu ke Jambi. Hal ini juga menjadi simbol bahwa masyarakat Jambi sangat terbuka akan pendatang.

Adapun pada tari sekapur sirih terdapat lima gerakan. Antara lain, gerakan melenggang, gerakan sembah tinggi, gerakan merentang kepak, gerakan bersolek dan gerakan berputar. Terdapat juga properti yang digunakan pada tarian ini, yakni, cerano, wadah berisi daun sirih.

Gerakan-gerakan pada tarian ini diiringi dengan alat musik gambus, biola, gendang, rebana, gong, dan kordeon. Irama musik dimainkan dengan sentuhan melayu oleh para pengiring musik yang sudah ahli di bidangnya.

Para penari menggunakan kostum tradisional Jambi saat melakukan tarian ini. Kostum tersebut merupakan baju kurung dan kain songket Jambi. Tidak lupa para penari mengenakan sanggul lipat pandan, kembang goyang dan sunting beringin di kepala mereka. Tak hanya itu, para penari juga mengenakan aksesoris berupa pending, gelang dan selendang.

Meskipun zaman sudah sangat berkembang, tari sekapur sirih tetap dijaga dan dilestarikan. Beberapa kreasi kerap ditampilkan agar membuat tarian ini lebih menarik tanpa meninggalkan ciri khas aslinya. Mari kita jaga terus budaya tari tanah air tercinta.

Baca juga artikel Tari Burung Enggang Kalimantan Timur


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH