Tanjakan Emen Subang Kerap Merenggut Nyawa Kecelakaan Bus Pariwisata di Tanjakan Emen,Subang (MP/Yugie Prasetyo)

MerahPutih.com - Hampir setiap tahun selalu terjadi kecelakaan lalu lintas di jalur tengkorak Tanjakan Emen, Kabupaten Subang. Lokasi Tanjakan Emen berada diantara objek wisata Gunung Tangkuban Parahu dan Objek Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang.

Maka tak heran korbannya pun merupakan pengunjung yang sudah berwisata diobjek wisata tersebut. Berdasarkan penelusuran MerahPutih.com ada beberapa kecelakaan yang pernah terjadi dalam beberapa tahun terakhir di Tanjakan Emen, Subang di antaranya:

November 2004, tiga tewas

Bus pariwisata asal Jakarta bernasib kurang beruntung di Tanjakan Emen. Setelah pulang dari arah Bandung, sopir bus tidak kuasa mengendalikan bus dan tergelincir kemudian terbalik. Diduga bus mengalami rem blong yang mengakibatkan tiga orang tewas dan belasan luka. Selain rem blong, kondisi ban bus sudah gundul.

September 2009, tujuh tewas

Medan berat Tanjakan Emen dirasakan warga Buaran, Serpong, Tangerang Selatan. Sebanyak 41 orang mencarter bus Parahyangan berwisata ke Tangkuban Parahu. Nahas, ketika pulang bus mengalami rem blong. Sempat menabrak sebuah mobil dan terguling beberapa kali. Tujuh korban warga Serpong itu tewas sementara belasan lainnya luka berat.

Oktober 2011, tiga tewas

Kecelakaan kali ini menimpa penumpang minibus pariwisata yang membawa wisatawan asal Belgia. Saksi mata melihat minibus sempat mengebut dari arah Tangkuban Perahu kemudian minibus oleng dan menabrak tebing. Tiga penumpang langsung tewas di tempat dan sembilan orang mengalami luka berat.

Oktober 2012, empat tewas

Bus Dian Mitra berjalan menurun dari Tangkuban Parahu ke arah Ciater. Waktu itu bus membawa sekitar 20 wisatawan asal Taiwan. Pukul 11.20 bus menabrak motor sehingga langsung membuat bus oleng dan menabrak tebing dan terguling menutupi jalan. Sebanyak tiga orang asing dan seorang pemandu wisata langsung meninggal. Korban lain sebanyak 26 harus dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung

Juni 2014, sembilan tewas

Bus rombongan siswa Al-Huda, Cengkareng Jakarta yang menyebabkan 9 siswa meninggal dunia pada pertengahan 2014 silam.

Kronologis kecelakaan itu terjadi antara bus pariwisata bernomor polisi B 7592 YB dengan Toyota Kijang bernomor polisi T 1118 TK di tanjakan Emen. Bus nahas tersebut diduga karena rem bus yang blong. Peristiwa itu terjadi pada pukul 18.10 WIB. Saat kejadian, bus sedang dalam perjalanan dari Tangkuban Perahu menuju Jakarta. (*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Yugie Prasetyo, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga: Tanjakan Emen, Jalur Tengkorak yang Kerap Dilintasi Kisah Mistis



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH