Tanaman Karnivora yang Bisa Menjadi Teman Baru di Ruang Tamu Tanaman karnivora dapat membuat serangga hilang dari rumah. (Foto: Unsplash/Kelly Sikkema)

SAAT pandemi seperti ini, kita mungkin mencari kegiatan dan hobi baru untuk mengisi rasa bosan dengan di rumah saja. Mungkin memelihara hewan atau merawat tamanan hias sudah menjadi hal yang biasa. Namun, pernahkah kamu mendengar tentang tanaman karnivora pemakan serangga?

Tanaman ini mungkin tidak hanya sekedar menjadi tanaman hias, tetapi juga akan membantumu menangkap serangga yang menagganggu di rumahmu. Alih-alih hidup dengan air dan sinar matahari, tanaman karnivora mendapatkan sebagian besar nutrisi mereka dari protein, alias serangga, dan bahkan beberapa katak kecil dan mamalia.

Baca Juga:

Gampang-Gampang Susah Merawat Tanaman Kantong Semar

tanaman
Tanaman karnivora memerlukan lingkungan aslinya. (Foto: Unsplash/Conscious Design))

Meski terdengar mengerikan, mereka tidak seperti hewan peliharaan yang bisa bergerak. Jadi kamu tidak perlu khawatir mereka akan lepas. Meski terdengar mudah untuk dirawat, nyatanya tanaman karnivora memerlukan banyak cahaya. Jadi akan lebih baik jika kamu menaruhnya di luar ruangan dengan sinar matahari yang lebih banyak.

Kunci untuk memelihara tanaman karnivora yang kuat dan sehat adalah dengan mengingat habitat aslinya. Tanaman karnivora adalah penghuni rawa, jadi mereka paling bahagia di tanah yang lembab. Perlu diingat bahwa mereka mendapatkan vitamin dari mangsanya.

Direkomendasikan untuk menaruh pot di atas nampan dengan sedikit air untuk membantu meniru kondisi alami flora. Berbicara tentang air dan lingkungan yang lembap, kamu harus spesifik dengan air yang kamu gunakan. Jangan gunakan air yang berasal dari keran karena itu terlalu kaya mineral untuk sebagian besar tanaman karnivora dan benar-benar dapat membunuh mereka. Akan lebih baik menggunakan air suling atau air hujan.

Jika tanaman kamu kesulitan mendapatkan serangga secara alami, kamu bisa memberikan mereka makanan ekstra dalam bentuk cacing beku-kering, jangkrik, atau bahkan makanan ikan. Ingat, jangan memberi mereka makan berlebihan dan tahan keinginan untuk memberi mereka makanan atau sisa makanan yang kamu konsumsi seperti sepoting daging.

Tanaman karnivora ini bisa jadi teman baru untuk ruang tamumu. Jika hal itu terjadi, pastikan kamu mempunyai aquarium kecil untuk merawatnya dengan penerangan lampu khusus tanaman karnivora agar tanamanmu tidak mati. Lebih jelasnya, terdapat beberapa jenis tanaman karnivora dan cara untuk merawatnya di bawah ini.

Venus flytrap

tanaman
Venus flytrap, jenis yang paling populer. (Foto: Unsplash/Gabriel)

Ini adalah jenis tanaman karnivora klasik yang selalu dipikirkan oleh siapapun saat membahas tumbuhan pemakan daging. Penangkap lalat Venus memiliki bulu pemicu sensitif di daunnya yang akan menutup dalam waktu kurang dari satu detik ketika seekor serangga mendarat di atasnya. Setelah terkunci, tanaman mulai bekerja dan mencernanya dengan bantuan enzim khusus.

Venus cukup mudah dirawat selama kamu memberi habitat yang mereka butuhkan seperti kondisi yang basah dan lembab. Jika kamu tidak melihat adanya serangga di rumahmu, kamu dapat memberinya makan dengan menjatuhkan serangga, cacing, atau bahkan makanan ikan ke daunnya dengan pinset.

Sundews

tanaman
Sundews melepas nektar untuk menarik mangsanya. (Foto: Unsplash/Kasia Gajek)

Pembunuh serangga dengan perawatan rendah yang bergantung pada nektar yang menggoda dan zat lengket seperti kertas terbang di daunnya untuk menangkap mangsanya. Sundews menyukai nyamuk, dan begitu seekor nyamuk masuk ke dalam perangkapnya, gulungan tanaman menutup di sekitar makhluk itu dan pada dasarnya mencekiknya.

Sesuai namanya, Sundew menyukai matahari yang cerah, tetapi juga dapat menangani beberapa tempat, selama semuanya tetap lembab. Kamu bisa memberikan Sundew serangga setiap dua atau tiga minggu sekali jika kamu merasa dia kurang mendapatkan serangga. Tanaman ini bisa berkembang seperti pohon anggur saat mereka tumbuh, jadi pastikan kamu memiliki ruang agar tanaman ini dapat menyebar dengan nyaman.

Baca Juga:

Lima Tanaman yang Cocok untuk Kamar Bayi

Pitcher plants

tanaman
Kantong semar, hanya perlu satu serangga sebulan. (Foto: Unsplash/David lode)

Tanaman ini di Indonesia dikenal dengan nama kantong semar. Kantong semar ini menggunakan warna-warna cerah dan nektar yang berbau harum untuk memikat serangga ke dalam lubang eksekusi mereka. Begitu masuk, tidak ada jalan keluar lagi.

Terlepas dari kenyataan bahwa tanaman kantong semar ini suka memberikan kematian yang lambat dan menyakitkan, mereka sebenarnya tidak memiliki nafsu makan yang besar. Mereka hanya memerlukan satu serangga dalam sebulan.

Beberapa tanaman kantong semar adalah penyuka sinar matahari, dan jika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka butuhkan dari jendelamu, kamu mungkin harus mencari pencahayaan tambahan untuk membuat tanaman ini tetap hidup. Mereka juga menyukai suhu hangat, jadi jangan memilih jenis tanaman ini jika kamu tinggal di tempat yang dingin.

Butterwort

tanaman
Butterwort, daunnya memiliki resin lengket. (Foto: instagram@denvergreenhouse)

Kamu mungkin melihat ini seperti tanaman sekulen yang tidak berbahaya. Namun, Butterwort sebenarnya memiliki resin lengket di daun luarnya untuk menangkap dan memoles makanan pilihan mereka. Kamu mungkin harus memberi makan tambahan kepada mereka jika rumahmu tidak memiliki banyak serangga yang berterbangan.

Mengingat habitat asli mereka, Butterwort umumnya menyukai banyak sinar matahari dan pasokan air yang stabil juga menjadi suatu keharusan. Kamu juga perlu memastikan mereka tidak terlalu basah dan lembab. Jadi tanaman ini sedikit lebih rewel dari yang lain.

Bladderwort

tanaman
Bladderwort, membuat jebakan di dalam tanah. (Foto: instagram@curiousplant)

Bladderwort adalah pembunuh yang menyamar secara harfiah. Mereka memakan organisme kecil melalui jebakan yang tersembunyi di bawah tanah dan dapat menutup dalam waktu kurang dari satu detik. Mereka berkembang di tempat teduh, jadi mereka bagus untuk apartemen kecil yang tidak mendapatkan cahaya terbaik (Tel)

Baca Juga:

4 Tanaman Hias Pembersih Udara dalam Rumah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Festival Kreatif Lokal 2021 Jadi Peluang UKM Majukan Bisnis
Hiburan & Gaya Hidup
Festival Kreatif Lokal 2021 Jadi Peluang UKM Majukan Bisnis

Festival Kreatif Lokal 2021 sejalan dengan program Kemenparekraf RI.

Kembali Digelar, Jazz Gunung Hybrid Concert 2020 Siap Cetak Sejarah
ShowBiz
Kembali Digelar, Jazz Gunung Hybrid Concert 2020 Siap Cetak Sejarah

Merupakan kali pertama Jazz Gunung Indonesia diadakan secara daring.

Santuy Aja, Kamu tak Selalu Harus Bikin Orang Lain Senang
Fun
Santuy Aja, Kamu tak Selalu Harus Bikin Orang Lain Senang

Kamu bukan permen yang selalu manis.

BTS Ditahbiskan Bintang Pop Terhebat 2020 Versi Billboard
ShowBiz
BTS Ditahbiskan Bintang Pop Terhebat 2020 Versi Billboard

Jadi artis Asia pertama yang masuk daftar.

Google Rilis Aplikasi Terbaik Sepanjang 2020
Fun
Google Rilis Aplikasi Terbaik Sepanjang 2020

Pada daftar tersebut aplikasi pemantau waktu tidur dan relaksasi Loona menjadi pilihan terbaik Google.

5 Shio ini Bakal Dapet Jodoh di Tahun Kerbau Logam
Fun
5 Shio ini Bakal Dapet Jodoh di Tahun Kerbau Logam

Pakar Fengshui memprediksi sejumlah shio yang akan mengalami peruntungan di bidang percintaan

Pengiriman Barang Lebih Efisien Menggunakan Pesawat
Fun
Pengiriman Barang Lebih Efisien Menggunakan Pesawat

Moda transportasi udara membuat pengiriman barang lebih efisien.

5 Acara Musik untuk Temani Malam Tahun Baru 2021
ShowBiz
5 Acara Musik untuk Temani Malam Tahun Baru 2021

Tetap seru rayakan tahun baru 2021 di rumah.

Musim Terakhir Anime 'Attack On Titan' akan Rilis Desember 2020
ShowBiz
Musim Terakhir Anime 'Attack On Titan' akan Rilis Desember 2020

Sebelumnya, musim terakhir ini sempat tertunda beberapa kali.

Marc Marquez Dipastikan akan Absen dari Pembukaan MotoGP
Fun
Marc Marquez Dipastikan akan Absen dari Pembukaan MotoGP

Tim dokter menemukan adanya infeksi pada bekas cideranya.