Tambusu, Makanan Khas Minang yang Susah Dicari Gulai Tambusu. (Instagram/ evi_puspitaaaa)

MASAKAN khas Sumatera Barat sangat mudah ditemukan. Tidak harus ke tempat asalnya, makanan yang terkenal kelezatnya itu tersebar hampir di semua daerah di Indonesia. Bahkan, hingga ke luar negeri.

Penyebaran makanan khas tanah ranah Minang (tanah Minangkabau) didorong oleh budaya merantau urang awak ke berbagai penjuru tanah air hingga ke banyak negara.

Masakan asal Sumbar semakin terkenal tatkala rendang atau randang terpilih sebagai makanan terenak di dunia, dalam sebuah survei yang dilakukan CNN. Makanan bercita rasa pedas itu mengalahkan puluhan makanan yang sudah menjadi ikon kuliner banyak negara di dunia.

Selain rendang, ada satu makanan asal Sumatera Barat yang patut diperhitungkan. Makanan satu ini tak kalah enaknya dengan rendang. Namanya tambusu. Tambusu mungkin tidak seterkenal rendang atau sate padang. Tapi soal rasa, tambusu bisa masuk dalam daftar makanan terenak kuliner tradisional Minang.

Tambusu merupakan makanan olahan usus sapi yang dibuat gulai berkuah kental. Makanan ini lebih disebut sebagai gulai tambusu. Dalaman usus diisi dengan olahan telur, tahu, dan lainnya yang juga dibumbui. Dari tampilan saja, tambusu bisa menggugah selera makan Anda.

Gulai tambusu dalam piring siap disantap. (Instagram/dwinurmiasari)
Gulai tambusu dalam piring siap disantap. (Instagram/ dwinurmiasari)

Tambusu melewati proses memasak yang panjang. Usus sapi yang telah dibersihkan kemudian diisi dengan olahan telur kaya rempah. Kemudian direbus hingga matang merata ke dalam. Setelah proses perebusan, usus hasil rebusan dipotong-potong pendek, lalu usus dimasak kembali dalam bahan gulai khusus tambusu.

Rasa gulai tambusu sangat lezat sedikit kenyal usus. Isiannya terasa bumbu rempah. Gulai kuning kaya bumbu dan santan sangat menyerap di lidah. Makan gulai tambusu sangat cocok sebagai teman nasi dan pasti menambah selera makan.

Di Sumatera Barat, gulai tambusu biasa ditemukan saat hari-hari perayaan. Namun jangan khawatir, banyak tempat makan di daerah asalnya menyediakan gulai tambusu. Khusus di luar Sumbar, berburu gulai tambusu di rumah-rumah makan Padang harus dicoba. Tidak banyak rumah makan Padang menyediakan gulai tambusu.

Bagi orang Minang, memakan gulai tambusu di tanah rantau juga sebuah keistimewaan. Kekhasan rasa gulai dan usus sapi sangat kuat. Tidak tersedianya gulai tambusu di setiap rumah makan Padang bukan tanpa alasan. Pengolahan gulai tambusu tergolong panjang dan resepnya cukup sulit.

Gulai Tambusu kering terlihat seperti sosis disimpan bersama makan khas Sumatera Barat lainnya, di sebuah rumah makan. (Instagram/ bangfajeri)
Gulai Tambusu terlihat seperti sosis disimpan bersama makanan khas Sumatera Barat lainnya, di sebuah rumah makan. (Instagram/ bangfajeri)

Harga gulai tambusu tidak dipatok tinggi, harganya tidak jauh dengan olahan daging sapi khas Minang lainnya. Bagi Anda penyuka masakan pedas, terutama pecinta masakan Minang, gulai tambusu harus dicoba. Rasanya bahkan tetap bertahan sehingga Anda ingin mencobanya lagi. (*)

Baca juga berita lainnya tentang Sumatera Barat dalam artikel: Agama dan Kesempurnaan Seni dalam Pertunjukan Randa

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH