Parenting
Tak Usah Pusing, Begini Cara Agar Anak Mau Pergi ke Sekolah Harus segera dicari tahu mengapa anak enggan berangkat ke sekolah. (Pixabay/picjumbo)

ANAK menolak untuk pergi ke sekolah tentu bisa menjadi hal yang cukup memusingkan bagi orang tua. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan anak tidak mau berangkat ke sekolah, misalnya menjadi korban perundungan, merasa kesulitan terhadap mata pelajaran tertentu, memiliki masalah dengan guru, takut diminta menulis di papan tulis, atau enggan mengerjakan tugas yang menurutnya berat.

Biasanya, si kecil akan menolak pergi ke sekolah dengan alasan sakit perut, pusing, sakit kepala, atau sedang tidak enak badan. Sebagian anak juga ada yang beralasan matanya terasa sakit atau tidak nyaman ketika melihat tulisan di papan tulis. Jika seperti ini, sebaiknya jangan disangkal dan pastikan dulu kondisi si kecil.

Kamu bisa membawa anak ke dokter anak untuk mendapatkan pemeriksaan, karena mungkin saja si kecil benar-benar sedang sakit atau mengalami gangguan penglihatan, seperti rabun jauh atau mata minus, makanya ia jadi malas untuk pergi ke sekolah.

Namun, jika Si Kecil tetap menolak berangkat ke sekolah tanpa alasan sakit, melansir Alodokter kamu bisa melakukan beberapa cara untuk membujuknya.

Baca Juga:

Bunda Jangan Stres! Biarkan Si Kecil Beradaptasi

sekolah
Cari tahu mengapa anak tak mau pergi ke sekolah. (Pexels/ROMAN ODINTSOV)

Bicara

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menghadapi si kecil yang menolak pergi ke sekolah adalah dengan mengajaknya bicara. Tanyakan apa yang membuat ia tak mau ke sekolah, misalnya apakah ada sesuatu yang membuatnya takut di sekolah.

Dengarkan penjelasan Si Kecil tanpa menghakimi atau meremehkan alasannya. Setelah itu, kamu bisa mencari solusinya. Yakinkan Si Kecil bahwa ia bisa mengatasi hal tersebut dan semuanya akan baik-baik saja. Jangan lupa untuk mengatakan kepadanya bahwa kamu akan selalu ada untuk membantunya.

Hadiah

Bila si kecil tidak juga mau ke sekolah walau sudah diajak bicara bersama, mungkin bisa membujuknya dengan hadiah yang ia sukai. Misalnya makanan favoritnya atau kelonggaran untuk bermain gawai setelah pulang sekolah.

Baca Juga:

Pentingnya Sekolah Ramah Anak

anak
Berikan penjelasan bahwa di sekolah ada banyak hal yang bisa dia dapatkan selain belajar. (Unsplash/Avel Chuklanov)

Penjelasan

Setelah diajak berbicara bersama dan dibujuk dengan hadiah, kamu dianjurkan untuk memberi anak penjelasan sejelas mungkin bahwa di sekolah ada banyak hal yang bisa dia dapatkan selain belajar.

Misalnya, anak bisa mengobrol dengan teman-temannya, ia juga bisa belajar dan mencari tahu lebih banyak tentang mata pelajaran favoritnya, bahkan bisa bermain bersama teman-temannya di jam istirahat. Dengan begitu, ia akan kembali bersemangat pergi ke sekolah.

Kegiatan

Mungkin sebagian anak merasa jenuh dengan sekolah yang hanya belajar saja sehingga membuatnya malas untuk berangkat ke sekolah. Oleh karena itu, kamu bisa mulai mengenalkan beberapa kegiatan tambahan ekstrakurikuler yang ada di sekolahnya, seperti kegiatan bermusik dan berolahraga.

Bila dia mulai mengenal dan menyukai kegiatan tersebut, ia pun akan jadi termotivasi berangkat ke sekolah dan berangsur melupakan alasannya menolak ke sekolah.

Setelah si kecil mau berangkat ke sekolah, kamu bisa menanyakan kepada gurunya mengenai hal apa yang mungkin menyebabkan dia menolak ke sekolah. Tanyakan apakah ada hal yang membuatnya takut atau ada teman yang mengganggunya di sekolah.

Jika setelah melakukan cara-cara di atas tapi setiap hari Si Kecil masih selalu enggan untuk berangkat ke sekolah, terlebih jika ia selalu tampak murung, sedih, ketakutan, atau sampai mengigau dan sulit tidur nyenyak, sebaiknya segera periksakan Si Kecil ke psikolog untuk mendapatkan penanganan dan solusi yang tepat. (DGS)

Baca Juga:

Persiapkan Mental Anak Hadapi Kembali ke Sekolah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
7 Pakaian Lucu ini Cocok untuk Merayakan Ulang Tahun
Fashion
7 Pakaian Lucu ini Cocok untuk Merayakan Ulang Tahun

Tampil stylish di hari ulang tahun.

Peringati Haul Nike Ardilla, Inka Christie Rilis Lagu 'Sahabat Sejati'
ShowBiz
Peringati Haul Nike Ardilla, Inka Christie Rilis Lagu 'Sahabat Sejati'

Inka Christie Rilis Lagu 'Sahabat Sejati' untuk memperingati haul Nike Ardilla

Pemberontakan PRRI 1958 Menuntut Otonomi Daerah
Fun
Pemberontakan PRRI 1958 Menuntut Otonomi Daerah

Beberapa tokoh militer dari daerah terutama di Sumatra dan Sulawesi kecewa karena pemerintah pusat bersikap sentralis.

Dilarang Upacara di Semeru
Fun
Dilarang Upacara di Semeru

Para pendaki Gunung Semeru ini hanya diperbolehkan mendaki hingga Kalimati.

Alasan Tempat duduk BTS di Grammy 2022 Dipisah
Fun
Alasan Tempat duduk BTS di Grammy 2022 Dipisah

nominasi untuk kategori Penampilan Duo/Grup Pop Terbaik di Grammy Awards tahun ke 64.

Alasan Mengapa Super App Butuh Keamanan Ketat
Fun
Alasan Mengapa Super App Butuh Keamanan Ketat

Aplikasi super sedang gencar dikembangkan oleh bank dan perusahaan-perusahaan startup.

Djoe Official Usung Tema Perjalanan Hidup Manusia di JF3
Fashion
Aplikasi Pembayaran Digital Mempermudah Ekosistem UMKM
Fun
Aplikasi Pembayaran Digital Mempermudah Ekosistem UMKM

Aplikasi pembayaran digital menggunakant teknologi kecerdasan buatan yang semakin memudahkan UMKM.

Sony Dirumorkan Tengah Negosiasi Akuisisi From Software
Fun
Sony Dirumorkan Tengah Negosiasi Akuisisi From Software

Sony melihat potensi besar pada From Software yang dapat meningkatkan kualitas gim.

Kelompok Pencinta Bacaan Anak, Kreasikan Kota Impian
Fun
Kelompok Pencinta Bacaan Anak, Kreasikan Kota Impian

Kelompok Pencinta Bacaan Anak membuat diorama yang menggambarkan kota idaman.