Ada di Taiwan, Taman Tenang Perkotaan Pertama Dunia Tempat yang sempurna untuk menemukan kedamaian di Taipei (Foto: Unsplash/Thomas Tucker)

SETIAP orang butuh sedikit kedamaian dan ketenangan dalam kehidupan. Apalagi bagi masyarakat perkotaan. Butuh taman yang dapat menenangkan jiwa di tengah hiruk pikuk perkotaan.

Pengalaman tersebut bisa didapatkan di Taman Nasional Yangmingshan di Taipei, Taiwan. Lonely Planet mengatakan tempat ini resmi menjadi taman tenang perkotaan pertama di dunia. Taman tenang perkotaan adalah area alami dekat kota yang menawarkan pengalaman yang membuat semua pengunjung merasakan ketentraman.

Baca juga:

Taman Terapung, Konsep Ruang Hijau Tak Biasa di Denmark

1
Resmi menjadi taman tenang perkotaan pertama di dunia (Foto: Unsplash/Treddy Chen)

Meskipun taman telah dibuka sejak 2011, perubahan signifikan taman ini baru saja diterima dari pemerintah Taiwan dan organisasi yang berbasis di Los Angeles, Quiet Parks International (QPI).

Taman itu mudah diakses dari Stasiun Utama Taipei dengan bus. Melansir Culture Trip, bus akan mengantar pengunjung kira-kira 700 meter dari pusat kota.

Pengunjung juga dapat mengendarai kendaraan sendiri atau naik kereta metro dari Stasiun MRT Jiantan. Menurut Trip Advisor, dibutuhkan kurang dari satu jam untuk sampai ke sana. Tidak ada biaya masuk, hanya biaya untuk parkir.

Baca juga:

Ide Pertanian Vertikal ini Cocok untuk Area Perkotaan

2
Menawarkan pengalaman yang sangat menenangkan (Foto: Unsplash/Treddy Chen)

Luas taman ini 11.338 kilometer persegi. Terdapat beragam fitur luar biasa di dalam taman seperti mata air panas, hutan yang rimbun, pegunungan, dan puluhan spesies burung dan kupu-kupu.

"Setiap individu harus memiliki akses ke suatu tempat di alam yang didedikasikan untuk keheningan secara eksternal dan batin," kata Ulf Bohman, direktur eksekutif Urban Quiet Parks, QPI.

Menurut Lonely Planet, akan ada lebih banyak taman sunyi yang mungkin muncul di area metropolitan utama lainnya seperti London, New York, dan Stockholm.

Menurut beberapa psikolog, merasakan suasana alam selama 20 menit per hari dapat memiliki manfaat besar bagi kesehatan fisik dan mental kita. Taman kota merupakan solusi paling tepat untuk mendapatkan manfaat tersebut. (lgi)

Baca juga:

6 Kota ini Memimpin menuju Masa Depan yang Lebih Hijau

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH