Taman Terapung, Konsep Ruang Hijau Tak Biasa di Denmark (Foto: copenhagenislands)

HAMPIR semua taman kota di seluruh dunia adalah tempat indah untuk menikmati ruang hijau tanpa meninggalkan kehidupan perkotaan. Namun, di Kopenhagen, Denmark, arsitek dan desainer mencari cara untuk menggunakan ruang kota yang tidak digunakan sebagai ruang hijau dengan cara tak biasa.

Konsep ruang hijau di ibu kota Denmark ini berupa taman terapung yang begitu indah. Bernama Copenhagen Island, taman ini merupakan proyek garapan studio Denmark Fokstrot dan arsitek Australia Marshall Blecher. Ya, taman terapung ini berada di tengah kota.

Baca juga:

Sebuah Taman di Austria Dirancang untuk Social Distancing

1
Dua pulau setelah CPH-Ø1 akan diluncurkan (Foto: copenhagenislands)

Taman ini dijuluki CPH-Ø1te. Sekilas terlihat seperti dermaga mengambang. Luasnya sekitar 65 meter persegi dengan ditanami pohon linden yang tumbuh di bagian tengah. Menurut Dezeen, CPH-Ø1 diluncurkan pada 2018 dan telah memberikan ruang yang unik bagi publik untuk menikmati alam bebas. Dua taman lagi direncanakan akan diluncurkan pada musim semi 2021.

"Dengan meletakkannya di atas air, itu secara langsung menciptakan keajaiban bagi orang-orang yang lewat. Ini adalah pengalaman pertama dari jenis ruang publik yang sepenuhnya baru hadir di Kopenhagen. Ruang publik yang dapat dipindahkan, mengambang, dan gratis untuk dijelajahi, serta ditaklukkan orang," katanya di situs web Copenhagen Island.

Taman terapung lainnya nantinya akan tersebar di area yang ditentukan selama musim panas untuk digunakan oleh para pelaut, pembuat kayak, dan perenang. Taman terapung tersebut juga mudah diakses melalui darat.

Baca juga:

Sebuah Taman Dibangun di ‘Pulau’ Baru Kota New York

2
Sangat mudah beradaptasi berdasarkan kebutuhan publik (Foto: archpaper)

Daftar ruang publik hijau dan konsep sustainable Denmark yang terus berkembang, seperti jalan setapak di atas pohon di Gisselfeld Klosters Skove, dan taman mengapung semuanya dibangun dengan konsep berkelanjutan.

Setidaknya, ke depannya akan dibangun sembilan taman mengapung. Taman mengapung lainnya direncanakan akan dibangun sebagai ruang untuk berbagai kegiatan seperti berenang, sauna terapung, kafe berlayar, dan bahkan peternakan kerang. (lgi)

Baca juga:

Hotel Terbaik Dunia dengan Konsep Sustainable

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH