Otomotif

Tahu Fungsi dan Arti Spidometer, Tachometer dan Odometer?

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 16 Juli 2019
Tahu Fungsi dan Arti Spidometer, Tachometer dan Odometer?
Instrument cluster yang ada pada mobil. (Foto: Pexels/Mike Bird)

TIGA indikator yang disebut dengan istilah instrument cluster ini merupakan indikator spidometer, tachometer dan odometer. Posisinya biasanya berada di balik kemudi atau di tengah dashboard. Fungsinya adalah membaca berbagai pengoperasian dari mobil yang tengah dikendarai. Seperti kecepatan, tekanan rpm, suhu mesin, isi tanki bensi dan jarak yang sudah ditempuh.

Laman KabarOto menuliskan membaca indikator ini dalam kondisi idle, mobil diam (stasioner) namun mesin tetap hidup, posisi transmisi netral.

Baca Juga: Inilah 5 Mobil Keren untuk Tampil Eksis Maksimal di Instagram

1. Tachometer

tacho
Tachometer menunjukan putaran mesin. (Foto: Pexels/Digital Buggu)

Indikator ini bisa berada di sebelah kiri atau kanan dari spidometer tergantung merk mobil yang kamu pakai. Sewaktu mobil dalam kondisi idle maka akan terlihat jarum tachometer menunjukkan rpm mesin mobil.

Jarum akan bergerak dari 0 ke 1 dan seterusnya dengan melewati garis-garis antaranya. Angka-angka tersebut dikalikan dengan 1000 maka itulah rpm mobil kamu.

Rpm menunjukan seberapa tinggi kecepatan perputaran mesin. Indikator ini akan memberikan informasi pada kamu tentang kesehatan mesin mobil. Laman KabarOto menuliskan sebagai indikator tachometer menunjukan kekuatan rpm yang sesungguhnya dari mesin.

Indikator ini juga menunjukan rpm yang baik ketika AC dinyalakan. Kalau mesin yang sehat ketika AC dinyalakan akan turun kemudian kembali naik seperti semula. Jadi kalau mesin sehat rpm tetap normal meskipun AC dinyalakan.


2. Spidometer

spido
Spidometer untuk melihat kecepatan kendaraan. (Foto: Pexels/Markus Spiske temporausch.com)

Indikator ini pada mobil-mobil lawas selalu ada, Berlainan dengan tachometer yang hanya ada pada mobil-mobil tertentu saja pada mobil era sebelumnya. Indikator ini menunjukan kecepatan mobil ketika dipacu. Patuhilah batas kecepatan yang ada di jalan dengan menempatkan jarum spidometer pada angka kecepatan yang diperbolehkan.

3. Odometer

odo
Odometer yang berada pada spidometer. (Foto: Pexels-Malte Lu)


Indikator ini adalah menunjukan jarak yang sudah ditempuh oleh mobil kamu. Biasanya ada dua odometer, A dan B. Untuk odometer A menunjukan total dari jarak yang sudah ditempuh. Sementara odometer B atau tripmeter adalah jarak yang ditempuh saat itu. Odometer dijadikan rujukan untuk melakukan servis berkala ke bengkel. (*)

Baca Juga: Tips Ampuh Membeli Mobil Bekas agar Kamu Untung Besar

#Mobil
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan