Susu Murni Tak Bikin Anak-Anak Gemuk! Susu kadar lemak tinggi membuat anak-anak langsing, benarkah? (Foto: Pixabay/artemtation)

TERKADANG orangtua membelikan susu anak-anak yang berkadar rendah lemak. Padahal justru susu yang banyak lemak yang harus diberikan. Mengapa? Karena anak-anak yang meminum susu itu cenderung memiliki berat badan yang lebih baik.

Penelitian oleh para pakar di St Michael's Hospital di Toronto, Kanada, seperti yang dilansir dari Daily Mail, menyebutkan bahwa anak-anak yang meminum susu penuh lemak ternyata 40% memiliki berat badan yang baik, tidak kelebihan berat. Karena mereka sudah merasa kenyang dahulu jadi tidak mau mengonsusmsi makanan lain.

Baca Juga:

Berbagai Khasiat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

susu
Susu lemak tinggi ternyata ada manfaatnya. (Foto: Pexels/Acharaporn Kamornboonyarush)

Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal The American Journal of Clinical Nutrition, berisikan data 21 ribu responden anak-anak. Hasil temuan mereka itu menunjukan bahwa minum susu rendah lemak tidak berpengaruh pada risiko kegemukan.

Anak-anak yang justru sebaliknya meminum susu tinggi lemak malah terlihat lebih langsing ketimbang mereka yang meminum susu rendah lemak. Penelitian itu sendiri ditujukan untuk mengetahui hubungan obesiti dengan susu sapi dengan kadar lemak tinggi.

Ternyata para peneliti itu menukan bahwa anak-anak yang rutin meminum susu itu memiliki kecenderungan 40% lebih rendah tingkat obesitinya. Mereka yakin kalau lemak yang ada pada susu membuat anak-anak-anak itu merasa kenyang dan tidak mencari camilan lain. Sementara anak-anak yang meminum susu lemak rendah menunjukan ke arah kenaikan berat badan.

Baca Juga:

Kefir, Susu Fermentasi yang Bisa Mengencangkan Kulit

susu
Dari hasil analisa berbagai penelitian, susu berlemak membuat anak-anak merasa kenyang. (Foto: Pexels/Pixabay)

Peneliti menganalisa 28 penelitian lainnya yang berasal dari berbagai negara. Mereka mengolah data dari 21 ribu anak-anak berumur satu hingga 18 tahun. Hasil dari analisa tersebut mereka menemukan bahwa anak-anak yang minum susu kadar lemak rendah menunjukan kecenderungan memiliki risiko kenaikan berat badan.

Kepala penelitian, Dr Jonathan Maguire menyebutkan bahwa memang penelitian yang mereka lakukan merupakan penelitian analisa saja. Tidak ada keyakinan 100 persen kalau memang susu tinggi lemak mampu membuat anak-anak lebih menjaga berat badannya. Namun bukan mustahil kalau susu tinggi lemak membuat anak-anak merasa lebih kenyang. Maguire menyebutkan kalau dari analisa mereka menemukan bahwa 18 penelitian menyebutkan anak-anak yang meminum susu itu cenderung tidak gemuk.

Namun di Amerika sendiri, badan kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi susu rendah lmak bagi anak-anak. Susu lemak tinggi dianggap menaikan kolesterol, menyumbang aliran darah dan sakit jantung. (psr)

Baca Juga:

Susu vs Yogurt, Manakah yang Lebih Sehat?

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH