Kefir, Susu Fermentasi yang Bisa Mengencangkan Kulit Kefir memiliki manfaat lebih bagi tubuh. (Foto: Pixabay/PhotoMIX-Company)

KEFIR sedang banyak dibicarakan oleh orang-orang terutama mereka yang bekerja di ranah kecantikan. Kefir merupakan fermentasi susu yang memiliki kandungan ragi di dalamnya. Biasanya kefir dikonsumsi dengan cara diminum langsung. Belakangan ini banyak kemunculan produk-produk perawatan kulit yang berbahan dasar kefir.

Melansir dari bbcgoodfood.com, meskipun sama-sama susu yang difermentasikan seperti yoghurt tetapi keduanya berbeda. Kefir menggunakan susu kambing dan teksturnya lebih cair sehingga rasanya ringan untuk diminum setiap hari. Kamu bisa mencampurkan bahan-bahan alami seperti madu dan buah-buahan dengan kefir untuk perawatan kulit. Penasaran apa saja manfaat kefir untuk kesehatan tubuh dan kulit?

Baca Juga: Ini Dia Deretan Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Menjaga Kepadatan Tulang

kefir
Mengandung kalsium tinggi. (Foto: Pexels/Pixabay)

Kefir mengandung tinggi kalsium dan protein sehingga bagus untuk menjaga kepadatan tulang. Selain itu kefir juga mampu meningkatkan massa otot sehingga membantu para body builder dalam menjalankan programnya. Kefir sangat bagus untuk dikonsumsi anak kecil agar kepadatan tulangnya terjaga sejak usia muda.


Menjaga Kesehatan Pencernaan

kefir
Probiotik bisa menjaga kesehatan pencernaan (Foto: Pixabay/chriskeller)


Adanya probiotik di dalam kandungan kefir memberikan manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Usus membutuhkan bakteri baik untuk memecah sisa-sisa makanan dan keluar dengan lancar.


Menurunkan Risiko Alergi

kefir
Kefir memiliki manfaat melawan virus dan bakteri (Foto: Pinterest/receitanatureba.com)


Zat yang terkandung dalam kefir membantu tubuh untuk melawan virus dan bakteri yang dapat memicu penyakit dan alergi. Kefir mengandung banyak vitamin seperti vitamin A dan D juga mineral. Kefir juga cocok dikonsumsi untuk orang yang alergi laktosa atau susu biasa.

Baca Juga: Ajaib! Ternyata Deretan Makanan Ini Bisa Tingkatan Kesehatan dan Kekuatan Otak

Mencerahkan Kulit

kefir
Laktosanya mencerahkan kulit (Foto: Pixabay/SaePhotos)


Kandungan laktosa dalam kefir memberikan manfaat mencerahkan wajah. Jika digunakan sebagai masker lama-lama kulit mati pada wajah akan hilang dan kulit pun terasa semakin halus serta mulus.


Menjaga Kekencangan Kulit Wajah

kefir
Kefir juga bisa menjaga kekencangan kulit wajah (Foto: Pixabay/thisismyurl)


Kefir yang dijadikan sebagai produk perawatan wajah memiliki kandungan asam hidroksil afa yang membantu mengencangkan kulit wajah sehingga senantiasa terlihat awet muda. Asam hidroksil ini akan meningkatkan collagen pada wajah. Selain itu keriput di wajah akan memudar perlahan jika rutin digunakan. (mar)

Baca Juga: Risiko Kesehatan di Balik Nikmatnya Makanan Bersantan


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH