Survei Indikator, Elektabilitas Prabowo Semakin Meroket, Ganjar Anies Cenderung Turun

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 01 Mei 2023
Survei Indikator, Elektabilitas Prabowo Semakin Meroket, Ganjar Anies Cenderung Turun
Menteri Pertahanan Prabowo saat menghadiri pengukuhan gelar adat di Istano Basa Pagaruyung, Sabtu, (29/4/2023). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

MerahPutih.com - Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait elektabilitas tren tiga nama calon presiden (capres) 2024 yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan secara virtual via zoom, Minggu (30/4).

Nama Prabowo, yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra semakin meroket dalam kurun waktu dua bulan terakhir dibandingkan dengan Ganjar dan Anies.

Baca Juga

Megawati Bela Ganjar yang Disudutkan karena Tolak Timnas Israel

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi memaparkan, alasan tren Prabowo meningkat lantaran faktor Approval Rating Presiden RI Jokowi mencapai 78,5 persen.

Prabowo menurut dia adalah pihak yang sangat diuntungkan dengan kenaikan tingkat kepuasan kinerja Jokowi yang naik dari bulan Maret 73,1 persen menjadi 78,5 persen pada bulan April 2023.

“Ini kabar baik buat Pak Prabowo. Dia naik terus,” jelas Burhanuddin.

Diketahui, dalam tiga nama calon presiden 2024 suara Ganjar memang masih tertinggi mencapai 34 persen, kemudian disusul Prabowo 31,7 persen dan Anies 25,2 persen.

Akan tetapi, menurut Burhanuddin ketiga nama tersebut jika dilakukan pemilihan pilpres saat ini belum ada yang bisa menang dalam satu putaran.

“Kita harus menunggu lebih sabar karena masih ada 10 bulan ke depan. Polanya semua konsisten ya. Ganjar turun. Anies turun. Prabowo naik.” Ucap Burhanuddin.

Baca Juga

Senyum Megawati saat Foto Bersama Elite PPP dan PDIP

Hasil survei merilis grafik Indikator Politik dalam 6 bulan terakhir, Prabowo 26.3 persen pada bulan Oktober 2022. Kemudian turun menjadi 23.9 persen pada bulan November 2022. Lalu, turun pada Februari 2023 menjadi 24,1 persen naik lagi mencapai 27 persen pada Maret 2023. Dan, kembali naik pada April 2023 mencapai 31,7 persen.

Adapun Bawono Kumoro sebagai salah satu Peneliti IPI memaparkan bahwa Prabowo semakin meroket elektabilitasnya lantaran kinerja positifnya sebagai Menteri Pertahanan, komunikasi yang terjalin antara Prabowo dengan Jokowi cukup baik.

“Dalam dua bulan terakhir, pola dukungan publik terhadap Prabowo cenderung mengikuti pola kepuasan atas kinerja Presiden.” Jelas Bawono.

“Keberhasilan Prabowo Subianto menuai dukungan dari sebagian pemilih Presiden Jokowi tidak terlepas dari sokongan-sokongan Presiden dalam berbagai kesempatan. Sehingga, di mata pemilih Presiden Jokowi dalam dua pemilu terdahulu Prabowo diasosiasikan sebagai bakal calon Presiden yang paling direstui Presiden,” kata Bawono.

Adapun temuan survei nasional ini dilakukan selama periode 11-17 April 2023 dengan total sejumlah 1.220 Responden. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional. (Pon)

Baca Juga

Survei Indikator: Kejaksaan jadi Lembaga Penegak Hukum Paling Dipercaya Publik

#Prabowo Subianto #Anies Baswedan #Ganjar Pranowo
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan