Surga Makanan Laut Paling Dicari di Dunia, Ada Desa Nelayan Jimbaran Hidangan di Oban Seafood Hut. (Foto: instagram.com/suttie_810)

SIAPA bilang cuma Jepang negara untuk destinasi makanan laut. Banyak negara yang terkenal memiliki hidangan seafood terbaik. Dan kabar gembiranya, Indonesia termasuk salah satu yang diakui dunia dalam hal ini.

Dari Jepang ke Prancis, dikutip dari Booking.com, berikut adalah delapan kota di dunia yang paling disukai wisatawan untuk makanan laut.

BACA JUGA:Tanjung Lesung Berangsur Pulih Pasca Tsunami


1. Hakodate, Jepang

Hidangan laut di Hakodate Fish Market. (Foto:
Hidangan laut di Hakodate Fish Market. (Foto: instagram.com/seulgichoei)

Di Kota Hakodate di Pulau Hokkaido, kamu tidak pernah jauh dari makanan laut terbaik. Ini adalah salah satu tujuan terbaik di Asia untuk hasil laut, terutama cumi-cumi segar. Kamu bisa mencari makan siang di Hakodate Asaichi (pasar pagi), di mana kamu dapat mensurvei wadah-wadah penuh tangkapan hidup, memilih favorit kamu dan menyiapkannya saat itu juga.

La Vista Hakodate Bay hanya beberapa blok dari pasar pagi. Hotel di tepi laut ini memiliki pemandangan kota dan laut yang indah dan mata air panasnya sendiri.

Baca Juga: 50 Kafe Paling Instagrammable di Dunia, Yuk Intip Dua Ada di Indonesia


2. Cancale, Prancis

Hidangan laut di Cancale. (Foto: instagram.com/rita_baggio)
Hidangan laut di Cancale. (Foto: instagram.com/rita_baggio)

Bagi pencinta makanan laut, Cancale berarti tiram. Faktanya daerah ini tidak lebih dari sebidang restoran pantai dan warung tiram. Tiram yang baru ditangkap dan tentu saja sangat lezat.

Metairie Du Vauhariot Vue Mer bisa menjadi pilihan kalau kamu ingin menginap di pinggiran laut. Atau kamu dapat bersantai di taman yang tenang di Le Chatellier.


3. Kota Kinabalu, Malaysia

Hidangan di Welcome Seafood, Kota Kinabalu. (Foto: instagram.com/faridzabubakar)
Hidangan di Welcome Seafood, Kota Kinabalu. (Foto: instagram.com/faridzabubakar)

Ikan ada di mana-mana di Kota Kinabalu, sebuah kota di Malaysia. King prawns adalah spesialisasi di sini, mereka sangat tebal, rasa mentega, dan berair. Welcome Seafood dan New Gaya Seafood keduanya bersaing untuk mendapatkan penghargaan melayani menu seafood paling lezat.

Untuk tinggal mewah di Kota Kinabalu, periksa Rasa Ria Resort & Spa Shangri-La, sebuah resor megah lengkap dengan lokasi tepi pantainya.


4. Alexandria, Mesir

Hidangan laut mentah di Fish Market, Alexandria. (Foto: instagram.com/keniakeniab)
Hidangan laut mentah di Fish Market, Alexandria. (Foto: instagram.com/keniakeniab)

Sementara falafel dan fuul adalah makanan pokok Mesir, makanan laut Alexandria bisa lebih dari itu. Dengan Mediterania tepat di depan pintunya, kota ini tempat sempurna untuk banyak ikan segar. Untuk hidangan tradisional yang sederhana, pergilah ke salah satu restoran di sebelah Masjid Abu al-Abbas atau di Fish Market Restaurant.

Tepat di pinggir laut, Four Seasons Hotel Alexandria yang besar di San Stefano adalah kemewahan dengan lampu gantung di ruang makan dan spa dua lantai.

Baca Juga: Apartemen-Apartemen Terbaik di Setiap Benua, Asia Dimana Ya?


5. Oban, Inggris

 Hidangan di Oban Seafood Hut. (Foto: instagram.com/thingscharlotteloves)
Hidangan di Oban Seafood Hut. (Foto: instagram.com/thingscharlotteloves)

Tidak ada tempat di Inggris yang menyajikan makanan laut seperti Oban. Kota Skotlandia ini memiliki banyak pecinta makanan laut. Banyak yang langsung menuju Oban Seafood Hut, sebuah gubuk di dekat dermaga. Jika kamu lebih menyukai sesuatu yang lebih mewah, coba datangi The WaterFront Fishouse atau Ee-usk.

Oban memiliki banyak rumah tamu sederhana. MacKays terkenal dengan stafnya yang ramah, sherry gratis, sarapan telur orak-arik, dan salmon Skotlandia.


6. Mui Ne, Vietnam

Hidangan di Mia Mui Ne Resort, Mui Ne. (Foto: instagram.com/you.travels)
Hidangan di Mia Mui Ne Resort, Mui Ne. (Foto: instagram.com/you.travels)

Tempat makan seafood di Mui Ne dikenal sebagai "bo ke". Cay Bang adalah restoran yang paling lama beroperasi di Mui Ne dan makanan laut di sana dapat kamu pilih.

Mia Mui Ne Resort atau The Cliff Resort & Residences, keduanya terletak tepat di tepi pantai.

Baca Juga: Tempat-Tempat Paling Instagrammable di Hawaii, Wow Surga Banget


7. Sapporo, Jepang

Nijo Fish Market di Sapporo. (Foto: instagram.com/asundaybaker)
Nijo Fish Market di Sapporo. (Foto: instagram.com/asundaybaker)

Di setiap menu dan kios pasar di Sapporo, kamu akan melihat pilihan kepiting yang lezat. Ada beberapa varietas utama: kepiting bulu kuda, kepiting raja, kepiting salju, dan kepiting hanasaki, semuanya tentu lezat.

Menginaplah di Century Royal Hotel Sapporo, dengan kamar-kamar pintar, tempat tidur nyaman, dan restoran lantai atas yang berspesialisasi dalam makanan laut.


8. Jimbaran, Indonesia

Hidangan di Made Bagus Seafood Cafe, Jimbaran. (Foto: instagram.com/bcahniacnka)
Hidangan di Made Bagus Seafood Cafe, Jimbaran. (Foto: instagram.com/bcahniacnka)

Makan malam seafood dengan cahaya lilin tepat di pantai hal indah yang ditawarkan oleh desa nelayan Jimbaran. Di restoran seperti Made Bagus, hidangan ikan segar segar disiram dengan saus pedas, sebelum dipanggang di barbekyu terbuka.

Desa ini penuh dengan tempat-tempat santai untuk beristirahat, dari resor besar hingga vila yang tenang. Salah satu yang terbaik adalah Temple Hill Residence Villa, di mana setiap rumah dilengkapi dengan kolam renang sendiri. (*)

Baca Juga: Target Luas Hutan Separuh Negara, Thailand Umumkan 5 Taman Nasional Baru

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH