Teknologi

Sudah Tahu Berapa Data Internet yang Terpakai Saat Streaming Video?

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 20 Desember 2018
Sudah Tahu Berapa Data Internet yang Terpakai Saat Streaming Video?
Setiap platform menghabiskan data internet berbeda (Foto: Pexels/rawpixel.com)

STREAMING video, hal ini sangat difavoritkan pengguna internet. Menonton video lebih asyik, karena kamu enggak perlu membaca teks. Tampilannya langsung gambar, belum lagi kualitas resolusi videonya. Semakin membuat kamu puas menghabiskan waktu untuk streaming video.

Namun, pernah tahu enggak kamu, berapa data internet atau kuota internet yang terpakai saat kamu streaming video? Mungkin enggak pernah terpikir ya. Setiap platform video streaming juga memakan kuota dan data yang berbeda. Nah, ada baiknya kamu mengetahui berapa banyak data internet yang kamu habiskan untuk streaming video.

1. Youtube, bergantung kualitas videonya

Kualitas video 480p di Youtube menghabiskan 562 MB data perjam (Foto: Pexels/freestocks.org)

Data yang terpakai dari streaming melalui Youtube bergantung dengan kualitas video yang digunakan. Youtube memiliki kualitas video mulai dari 144p sampai 2160 p. Bitrate yang dihasilkan dari streaming masing-masing kualitas video juga berbeda.

Untuk video 480p (kualitas standar), Youtube menyarankan bitrate antara 500 dan 2.000 Kbps, yang memakan data sebesar 1,250Kbps. 1,250 Kbps (kilobit per detik) dibagi dengan 1.000 yang memiliki hasil sebesar 1,25Mbps (megabit per detik). Karena ada delapan bit dalam satu byte, 1,25 Mpbs dibagi dengan delapan sama kira-kira 0,156 megabyte per detik video.

Jumlah ini dikalikan lagi dengan 60 detik, berarti video 480p menggunakan sekitar 9,375 MB data per menit di YouTube. Kemudian 9.375 MB per menit dikali 60 menit dalam satu jam yang hasilnya sebanyak 562,5 MB data per jam. Ingat, itu baru yang kualitas video 480p lo.

2. Netflix, resolusi standar menghabiskan 1GB

Resolusi tertinggi pada video netflix menghabiskan 7 GB data/jam (Foto: Pexels/Pixabay)

Platform streaming film ini sangat populer dunia. Netflix memiliki kumpulan film yang enggak kalah bagusnya dari film layar kaca. Wajar saja sampai saat ini pengguna Netflix mencapai lebih dari 130 juta pengguna.

Sama seperti Youtube, Netflix menyediakan beberapa kualitas resolusi video. Resolusi standar akan menggunakan sekitar 1GB data. Lalu yang resolusi tinggi bisa menghabiskan 3GB data. Yang terbanyak, resolusi ultra-tinggi akan menggunakan 7 GB data/jam.

3. Spotify, memberikan pilihan normal, high dan extreme

Kualitas terendah suara musik di Spotify menghabiska data internet 40 MB/jam (Foto: Pexels/John Tekeridis)

Setelah puas streaming video, pasti kamu akan lanjut mendengarkan musik dengan streaming. Spotify ialah solusinya. Sebagai platform mendengarkan musik, Spotify juga memberikan pilihan kualitas suara, Normal, high dan extreme. Tentu masing-masing kualitas menghabiskan jumlah data internet berbeda.

Pada kualitas normal dengan durasi lagu tiga menit menghabiskan 2 MB data internet. Kualitas high mencapai 3,5 MB, dan pada kualitas extreme bisa mencapai 7,5 MB. Bisa dihitung sendiri kalau kamu menghabiskan satu jam untuk streaming di Spotify. Data internet yang dihabiskan masing-masing kualitas bisa mencapai 40 MB, 70 MB, dan 150 MB dalam waktu satu jam.

4. Hulu, platform streaming video yang ekonomis

Hulu platform streaming video yang ekonomis (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Sebagai situs web dengan layanan langganan over-the-top yang menawarkan pengaliran video acara TV, film, webisode, Hulu cukup populer di kalangan pencinta streaming. Mungkin kamu juga termasuk. Bisa dibilang Hulu ialah platform streaming video yang ekonomis.

Pada opsi kualitas standar menggunakan 680 MB/jam. Pengaturan kualitas tinggi (720p) menggunakan data internet 1,3 GB/jam. Yang tertinggi, resolusi 1080 hanya menghabiskan 2,7 GB/jam. Ekonomis bukan?

5. Vimeo standar menghabiskan 353 MB

Video kualitas HD di Vimeo hanya menghabiskan 2,75 GB/jam (Foto: Pexels/Adrianna Calvo)

Seperti Spotify, Vimeo enggak menawarkan panduan penggunaan data resmi di situs webnya. Namun, dalam pengujian pihak ketiga, satu pengguna menemukan bahwa konten definisi standar menggunakan 353 MB data/jam dan video HD menggunakan 2,75 GB/jam.

Nah, sahabat Merah Putih hobi streaming menggunakan platform yang mana nih? (ikh)

Baca juga: Inilah Cara Jitu Mengatasi Ancaman Hacker

#Video
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan