Starling Sang 'Pemersatu Bangsa' di Negeri Aing Keberadaan Straling bak 'Pemersatu Bangsa'. (Foto: instagram/@n_khabibi)

TIDAK tahu pasti kapan penjual kopi keliling bersepeda yang akrab disebut starbucks keliling (Starling) pertama kali muncul di indonesia. Yang jelas kehadiran Starling bak 'pemersatu bangsa'.

Nongkrong di pinggir jalan bersama teman tanpa harus mengeluarkan banyak uang ya cuma di starling. Cukup Rp10 ribu dua gelas kopi panas, es kopi, atau minuman dingin sudah dapat kamu nikmati.

Baca Juga:

Pelesir ala Orang Indonesia, Selalu Bawa Comfort Food

Ketika nongkrong di pinggir jalan menikmati minuman yang dijual starling, suasana hangat begitu terasa. Tak peduli seberapa bagus dan keren mobil atau motor yang kamu bawa, saat menikmati minuman di starling semua berbaur menjadi satu.

Keberadaan starling disukai oleh anak-anak muda yang kerap nongkrong di pinggir jalan. (Foto: instagram/@anglevirtual)

Seperti halnya sejumlah anak muda maupun komunitas motor yang kerap nongkrong di pinggir jalan kawasan CNI jakarta barat, Puri beta Ciledug, Puspem Tangerang, hingga sekitaran ICE BSD.

Keberadaan starling di tempat-tempat tersebut bak teman setia bagi anak muda dan sejumlah komunitas. Anak nongkrong dan starling seperti dua sejoli yang tak bisa dipisahkan, karena sama-sama saling menguntungkan.

Di satu sisi starling meraih keuntungan karena banyaknya anak muda yang nongkrong membeli dagangannya. Di sisi lain, anak nongkrong bisa membeli jajanan tanpa harus pusing mengeluarkan uang.

Baca Juga:

Kerokan, Solusi Mujarab 'Masuk Angin' Orang Indonesia Sehabis Pelesiran

Salah satu pemotor yang kerap membeli minuman di starling ialah Arrafi, Pemuda asal Cengkareng yang kerap nongkrong di kawasan CNI Jakarta Barat. Dia mengaku sangat senang dengan keberadaan starling.

"Buat saya sih starling itu cukup membantu, khususnya buat anak-anak sekolah, mahasiswa atau yang berpendapatan kecil, karena kita tetap bisa hemat tapi juga bisa happy sama temen-temen kopdar," jelas Arrafi. Meski begitu, Arrafi juga pergi ke coffee shop untuk menikmati segelas kopi.

"Saya juga suka ke cafe sih atau coffee shop kekinian gitu kalau tanggal muda, tapi buat saya starling tetep terbaik, karena kita bisa nongkrong dan jajan mesti tanggal tua, terus asyik aja sih suasanya lebih membumi gitu," tambahnya.

Selain anak nongkrong, Starling juga cukup membantu para Ojek Online yang kerap menunggu orderan di pinggir jalan, seraya menikmati segelas kopi atau minuman dingin. Pemandangan seperti itu terlihat di hampir seluruh sudut kota Jakarta.

Namun, tak hanya pemotor saja yang menyukai starling. Sejumlah anak mobil yang kerap nongkrong sekitar Jl. Asia Afrika Senayan setiap malam sabtu pun menjadi sahabat setia setia bagi starling.

Banyak mobil dari berbagai jenis, dari mulai yang biasa hingga mobil mewah. Semua terlihat membaur kala nongkrong dipinggir jalan sambil menikmati kopi di gelas plastik. Tidak ketinggalan, anak muda yang berwisata di Jakarta juga mengandalkan Starling untuk nongkrong sejenak.

Starling sangat digemari oleh para wisatawan low budget. (Foto: instagram/@diajak.motret)

Salah satu wisata di Jakarta yang terlihat banyak starling beredar yakni kawasan Kota Tua. Pada kawasan tersebut terlihat cukup banyak starling lalu lalang menjajakan dagangannya.

Hal tersebut dirasakan langsung oleh Maya, seorang mahasiswi asal Tangerang. Ia kerap pelesiran ke sejumlah tempat wisata di Jakarta, salah satunya Kota Tua.

"Buat aku sebagai mahasiswi yang suka jalan-jalan sih starling membantu banget, kadang di kawasan wisata harga minuman dan makanannya mahal, tapi kalo di starling udah pasti murah dan kayaknya sama aja harganya di semua tempat, cocok buat kantong mahasiswi kaya aku," tutur Maya.

Keberadaan starling bak 'pemersatu bangsa' sepertinya tak akan lekang oleh waktu. Karena di Negeri Aing, sesuatu yang unik dan bisa mempersatukan tongkrongan pasti akan selalu dicari oleh banyak orang. (ryn)

Baca Juga:

'First Timer' ke Bali Starter Pack

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pelatih Vokal Ungkap Perbedaan Karakter Trainee JYP Entertainment dan YG Entertainment
Hiburan & Gaya Hidup
Tak Perlu Dicuekin, Tetaplah Balas E-Mail dari Bos saat Liburan
Travel
Tak Perlu Dicuekin, Tetaplah Balas E-Mail dari Bos saat Liburan

Tunjukkan kepedulianmu terhadap pekerjaan.

Roti Lapis hingga Makanan Kukus Diprediksi Ramai di 2022
Fun
Roti Lapis hingga Makanan Kukus Diprediksi Ramai di 2022

Makanan sehat diprediksi populer di 2022.

Vaksin Pfizer dan Moderna pada Bumil Juga Lindungi Bayi
Hiburan & Gaya Hidup
Vaksin Pfizer dan Moderna pada Bumil Juga Lindungi Bayi

Segera vaksin untuk melindungi diri dan si bayi

Maksimalkan Konten di Media Sosial Menggunakan POCO M4 Pro
Fun
Maksimalkan Konten di Media Sosial Menggunakan POCO M4 Pro

POCO M4 Pro siap memaksimalkan konten media sosial kamu.

Kampanye #PerkuatDiriJagaNegeri Jadi Solusi di Masa Pandemi
Fun
Kampanye #PerkuatDiriJagaNegeri Jadi Solusi di Masa Pandemi

Mengajak masyarakat untuk tetap semangat.

Lebih Oke tanpa Adegan Romantis
Hiburan & Gaya Hidup
Lebih Oke tanpa Adegan Romantis

Drama Korea yang lebih keren tanpa adegan romantis

Parents, Gunakan 4 Kalimat Ini untuk Memotivasi Anak
Fun
Parents, Gunakan 4 Kalimat Ini untuk Memotivasi Anak

Perluas wawasan tentang anak-anak dalam rangka ikutserta merayakan Hari Anak Nasional

Restoran Prancis Sajikan Larva Kumbang, Enek atau Enak?
Fun
Restoran Prancis Sajikan Larva Kumbang, Enek atau Enak?

Larva Kumbang jadi bahan makanan di restoran Prancis ini.

Unik, Artefak ini Terbuat dari Rambut Abraham Lincoln
Fun
Unik, Artefak ini Terbuat dari Rambut Abraham Lincoln

The Hairy Eagle, peninggalan sejarah dari Perang Saudara AS ini hampir sama dengan namanya.