Spotify Kids, Aplikasi Streaming Musik Ramah Anak Aplikasi streaming khusus anak-anak (Foto: Spotify)

MUSIK sudah menjadi kebutuhan pokok banyak orang. Terlebih di era digital saat ini, dimana musik dapat didengarkan kapan pun dan dimana pun kamu mau. Cukup lewat aplikasi streaming yang dapat diunduh di ponsel pintar.

Sayangnya, aplikasi-aplikasi streaming musik yang tersedia biasanya tak ramah anak-anak. Satu-satunya aplikasi ternama yang memiliki aplikasi untuk anak-anak yaitu YouTube Kids. Akan tetapi YouTube Kids nampaknya akan mendapatkan saingan karena Spotify akan membuat aplikasi layanan streaming musik khusus anak-anak.

Aplikasi tersebut bernama Spotify Kids. Dengan aplikasi itu, anak-anak dapat mencari musik yang ingin mereka dengar secara bebas. Orangtua tidak perlu takut anaknya mendengarkan lagu yang mengandung lirik eksplisit. Tak hanya itu, history dan playlist orangtua juga terbebas dari lagu anak-anak.

Baca juga:

Pecah! Spotify on Stage 2019 JKT Sukses Membius Pencinta Musik

Terdapat 6000 lagu di dalam Spotify Kids yang bisa dipilih. Tak hanya itu, Spotify Kids juga menyediakan opsi untuk anak-anak yang sudah cukup besar. Tak hanya dapat mendengar 6000 lagu tersebut, tapi juga lagu-lagu pop dari artis-artis ternama seperti Taylor Swift, Ariana Grande, atau Bruno Mars. Tapi tentunya lagu yang bisa mereka (anak) akses tidak mengandung lirik-lirik untuk orang dewasa.

Spotify Kids, Aplikasi Streaming Musik Ramah Anak
Musik yang ada di Spotify Kid dipilih oleh tim khusus dari Spotify (Foto: Spotify)

Orangtua jadi tak perlu khawatir anak mendengarkan musik dengan lirik eksplisit dengan adanya pembatasan yang dilakukan Spotify. Mereka tidak menggunakan AI ketika memilih lagu yang cocok untuk anak melainkan melalui tim khusus.

Tim music director Spotify Kids menciptakan berbagai playlist buat anak yang kebingungan mencari lagu yang tepat. Tak hanya itu, Spotify juga menyediakan karakter-karakter lucu yang menjadi pemandu dalam Spotify Kids.

Sayangnya, aplikasi ini baru ada di negara Irlandia dan tak dapat digunakan secara gratis. Untuk dapat menggunakan Spotify Kids, orangtua perlu berlangganan paket Spotify Premium Family seharga USD 15 (Rp 210 ribu) per bulannya. Untungnya, dengan paket tersebut enam anggota keluarga dapat mengakses musik secara bebas tanpa gangguan iklan.

Spotify Kid nantinya juga akan dirilis di negara-negara lain. Tak hanya menyediakan layanan streaming musik saja, acara televisi dan film khusus untuk anak kabarnya juga akan ditambakan pada aplikasi terbaru ini. (sep)

Baca juga:

Kokohnya Radio di Tengah Hantaman Era Digital



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH