Hari Film Nasional 2021
Soundtrack untuk Film Indonesia ini Tak Lekang Oleh Waktu Soundtrack film-film Indonesia yang membekas di ingatan. (Foto: bookmyshow)

TANGGAL 30 Maret selalu diperingati sebagai Hari Film Nasional (HFN). Perayaan ini pertama kali ditetapkan oleh Dewan Film Nasional dan disahkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 1999 oleh BJ Habibie.

Jika berbicara film, tidak hanya selalu berbicara tentang sinematik saja. Salah satu unsur penting lainnya yang membuat para penonton membekas adalah original soundtrack dari masing-masing film. Bahkan, hanya mendengarkan lagu tersebut pasti bisa langsung menebak judul film yang dimaksud.

Baca juga:

Melihat Kembali Film-Film Terbaik Usmar Ismail, Bapak Perfilman Indonesia

Film Indonesia juga memiliki soundtrack yang tidak kalah indah ketimbang dengan film luar negeri. Untuk kembali mengingatkan, berikut daftar soundtrack film Indonesia yang tak lekang oleh waktu.

1. Anda Perdana – Tentang Seseorang (Ada Apa Dengan Cinta?)

Film Ada Apa Dengan Cinta? Dirilis pada 7 Februari 2002 dan diperankan oleh Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardono. Film yang disutradarai oleh Rudi Soedjarwo ini menceritakan tentang kisah cinta dua remaja SMA antara Cinta (Dian Sastro) dan Rangga (Nicholas).

Film ini meraih sukses besar di Indonesia dan menjadi penanda kebangkitan kembali dunia perfilman Indonesia. Melly Goeslaw dan Anto Hoed dipilih sebagai pengarah original soundtrack untuk film ini. Salah satu yang sangat membekas adalah lagu berjudul Tentang Seseorang yang dibawakan oleh Anda Perdana.

2. Ari Lasso – Mengejar Matahari (Mengejar Matahari)

Tidak hanya sukses dengan film AADC, Rudi Soedjarwo kembali menyutradarai film Mengejar Matahari yang diperankan oleh Winky Wiryawan, Fauzi Baadilla, Fedi Nuril, Udjo Project Pop, Agni Pratistha, Ade Habibie, Nungki Kusumastuti, Arief Rivan, Ayu Dyah Pasha dan Irshadi Bagas.

Dirilis pada 2004, film ini menceritakan tentang persahabatan yang terjalin sejak masih kanak-kanak hingga dewasa, penuh dengan konflik yang bukan hanya berfokus pada persahabatan mereka saja.

Soundtrack film ini dinyanyikan oleh Ari Lasso dengan judul yang sama dengan film tersebut. Mengejar Matahari berhasil memenangkan beberapa penghargaan seperti MTV Indonesia Movie Awards, Festival Film Indonesia dan Festival Film Bandung.

3. Okta – Gie (Gie)

Sebuah film biopik garapan sutradara Riri Riza. Gie mengisahkan seorang tokoh bernama Soe Hok Gie, seorang mahasiswa Universitas Indonesia yang lebih dikenal sebagai aktivis dan pecinta alam.

Film ini diangkat dari buku Catatan Seorang Demonstran karya Gie, namun ditambahkan beberapa tokoh fiktif agar ceritanya lebih dramatis. Pada Festival Film Indonesia 2005, film Gie berhasil memenangkan tiga perngahargaan untak kategori Film Terbaik, Aktor Terbaik, dan Penata Sinematografi Terbaik.

Soundtrack yang diisi oleh Okta dengan yang judul yang sama dengan film, sangat membekas di hati para penonton karena memiliki lirik dengan makna yang mendalam.

4. The Adams – Konservatif (Janji Joni)

Sebuah film komedi romantis arahan sutradara Joko Anwar memang sangat membekas, diperankan oleh Nicholas Saputra, Mariana Renata, Surya Saputra dan Rachel Maryam. Film ini meraup kesuksesan hingga memberikan nominasi Sutradra Terbaik untuk Joko Anwar di Festival Film Indonesia 2005.

Para pengisi OST dalam film ini juga terdiri dari berbagai musisi independen, seperi Goodnight Electric, Zeke and The Popo, Media Distorsi, Teenage Death Star, dan yang paling tak lekang oleh waktu yaitu dari The Adams berjudul Konservatif.

Baca juga:

Raih Piala Terbanyak di FFI, 4 Film Indonesia ini Wajib Kamu Tonton

5. Float – 3 Hari Untuk Selamanya (Tiga Hari Untuk Selamanya)

Seperti judulnya 3 Hari untuk Selamanya, film ini becerita tentang perjalanan dua orang sepupu bernama Ambar (Adinia Wirasti) dan Yusuf (Nicholas Saputra) yang menempuh perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta menggunakan mobil.

Perjalanan yang seharusnya ditempuh dalam setengah hari, menjadi tiga hari karena beberapa hal. Seluruh soundtrack yang mengiringi perjalanan dimainkan oleh Float.

Salah satu lagu yang membekas berjudul 3 Hari untuk Selamanya. Beberapa lagu lainnya yang tak kalah membekas ada Pulang, Stupid Ritmo, Tiap Senja, dan Sementara.

6. Nidji – Laskar Pelangi (Laskar Pelangi)

Film yang diadaptasi dari karya buku berjudul sama yang ditulis oleh Andrea Hirata ini, bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh keterbatasan.

Album kompilasi OST. Laskar Pelangi diisi oleh beberapa musisi ternama seperti Sherina, Ipang, Netral, Gita Gutawa dan yang paling melekat adalah lagu berjudul Laskar Pelangi oleh Nidji.

7. Bunga Citra Lestari – Cinta Sejati (Habibie & Ainun)

Film drama biopik ini bercerita tentang kisah cinta Presiden Republik Indonesia ketiga, BJ Habibie. Digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo, film ini dibintangi oleh Reza Rahardian (BJ Habibie) dan Bunga Cintra Lestari (Ainun).

Jalan cerita Habibie & Ainun semakin emosional dengan suara merdu Bunga Citra Lestari untuk soundtrack film. Pada Festival Film Indonesia 2013, film ini berhasil mendapatkan tiga penghargaan sekaligus, Pemeran Utama Pria Terbaik, Skenario Terbaik, dan Tata Busana Terbaik. (far)

Baca juga:

Fitur What to Watch dari Google untuk Rayakan Hari Film Nasional

Penulis : Febrian Adi Febrian Adi
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Inggris Bersiap kembali Normal, Brit Award 2021 Jadi Ajang Uji Coba
ShowBiz
Inggris Bersiap kembali Normal, Brit Award 2021 Jadi Ajang Uji Coba

Sebanyak 4.000 orang akan hadir tanpa masker dan jaga jarak.

Prediksi untuk 2021 dari Ahli Astrologi Susan Miller
Fun
Prediksi untuk 2021 dari Ahli Astrologi Susan Miller

Susan Miller merasa positif tentang tahun 2021.

Perdana, Rahmania Astrini Luncurkan Mini Album Berjudul 'Adolescent'
ShowBiz
Perdana, Rahmania Astrini Luncurkan Mini Album Berjudul 'Adolescent'

Penyanyi muda berbakat Rahmania Astrini, akhirnya meluncurkan Mini Album perdananya Berjudul 'Adolescent'

Sony Interactive Entertainment Sukses Akuisisi Bluepoint Games
Fun
Sony Interactive Entertainment Sukses Akuisisi Bluepoint Games

Akuisisi ini kabarnya demi menggarap game lain agar lebih berkualitas.

Air Bersih Sangat Penting, Jaga Agar Tidak Tercemar
Fun
Air Bersih Sangat Penting, Jaga Agar Tidak Tercemar

Ada beberapa cara untuk menjaga air bersih tidak tercemar.

Ini Kata Ustaz Maulana Soal Pentingnya Tidur di Kasur Halal
Fun
Ini Kata Ustaz Maulana Soal Pentingnya Tidur di Kasur Halal

Ustaz Maulana yang terkenal dengan jargon 'Jamaah oh Jamaah' memberikat pendapatnya soal pentingnya tidur di Kasur Halal

'Dune: Part 2' Dipastikan Hadir Oktober 2023
ShowBiz
'Dune: Part 2' Dipastikan Hadir Oktober 2023

Saksikan Dune pertama agar kamu tahu jalan ceritanya.

Vans Hadirkan Koleksi Pakaian dan Sepatu Bertemakan SpongeBob SquarePants
Fashion
Vans Hadirkan Koleksi Pakaian dan Sepatu Bertemakan SpongeBob SquarePants

Tersedia juga sebuah bucket hat pada koleksi ini

Hobi Olahraga, 4 Zodiak ini Atletis Banget
Fun
Hobi Olahraga, 4 Zodiak ini Atletis Banget

alam grafik astrologi, ada empat zodiak yang terlahir sebagai atlet.

Astrid Akan Gantikan Posisi Aiu di Band Cokelat
ShowBiz
Astrid Akan Gantikan Posisi Aiu di Band Cokelat

Posisi Aiu Ratna sebagai vokalis cokelat sementara waktu akan digantikan oleh Astrid