Film

Raih Piala Terbanyak di FFI, 4 Film Indonesia ini Wajib Kamu Tonton

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 04 Desember 2020
Raih Piala Terbanyak di FFI, 4 Film Indonesia ini Wajib Kamu Tonton
Pengabdi Setan menjadi salah satu film horor yang diakui secara internasional. (Foto: Youtube/Rapi Films)

MENDEKATI Festival Film Indonesia (FFI) 2020 yang akan dihelat Sabtu (5/12) mendatang, belum abdol rasanya kalau kamu belum menyaksikan berbagai film Indonesia. FFI tahun ini kembali memberikan apresiasi kepada film-film anak bangsa untuk merayakan cerita yang beragam, visual yang apik, dan para talenta berbakat.

Nah buat kamu yang belum nonton, yuk simak empat film Indonesia yang berhasil mengantongi nominasi dan kemenangan FFI terbanyak tiap tahunnya.

Baca juga:

Cetak Rekor, 'Perempuan Tanah Jahanam' Masuk 17 Nominasi di FFI 2020

1. Bumi Manusia

Bumi Manusia merupaklan film yang digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo dan ditulis oleh Salman Aristo. Tayang 2019 lalu, film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer. Film ini dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Mawa Eva de Jongh, dan Sha Ine Febriyanti.

Bumi Manusia menceritakan sosok Minke, seorang pria Jawa asli dan Annelies gadis berdarah campuran Belanda yang jatuh cinta di tengah pergolakan bangsa pada awal abad ke-20.

Film ini mendapat sambutan baik di kalangan masyarakat dan mendapat 12 kategori di FFI 2019, termasuk Sutradara Terbaijk, Film Cerita Panjang Terbaik, dan Penata Busana Terbaik.

2. Kartini


Siapa yang tidak kenal film yang satu ini. Sesuai dengan judulnya, Kartini menceritakan kisah nyata perjuangan Kartini sebagai pahlawan wanita yang paling populer di Indonesia. Seperti yang diketahui, di awal 1900 wanita tidak diperbolehkan memperoleh pendidikan yang tinggi, bahkan untuk para Ningrat sekalipun.

Kartini sendiri diperankan oleh Dian Sastrowardoyo dan berhasil menyentuh hati masyarakat. Film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini berhasil mendominasi FFI 2017 dengan total 14 nominasi, mulai dari Film Terbaik hingga Penyunting Gambar Terbaik. Sederet artis pun turut meramaikan film ini, seperti Acha Septriasa, Ayushita, Adinia Wirasti, dan Christine Hakim.

Baca juga:

Tiga Kota yang Disebutkan dalam Novel Bumi Manusia

3. Pengabdi Setan


Pengabdi Setan merupakan film horor Indonesia yang ditulis dan disutradari oleh Joko Anwar. Film ini bahkan mendapat pengakuan secara internasional, termasuk Best Horror Film dan Most Scary Film di Toronto After Dark Film Festival 2018.

Pengabdi Setan juga berhasil membawa tujuh kemenangan dari total 13 nominasi di FFI 2017, termasuk Tata Sinemtografi Terbaik, Tata Suara Terbaik, dan Tata Efek Visual Terbaik.

Pengabdi Setan dibintangi oleh Tara Basro, Bront Palarae, Asmara Abigail, Ayu Laksmi, Endy Arfian, dan masih banyak lagi.

4. Rudy Habibie


Sesuai judulnnya, film ini menceritakan tentang masa muda Rudy Habibie sebelum ia dikenal sebagai presiden Republik Indonesia ke-3 B.J. Habibie. Lagi, Hanung Bramantyo menjadi sutradara dan berhasil total 10 nominasi di FFI 2016.

Film yang dibintangi Reza Rahadian ini merupakan prekuel dari film Habibie & AInun yang mengikuti perjalanan Habibie ketika masih kuliah di Jerman.

Rudy Habibie juga melibatkan kisah cinta segitiga antara Habibie, gadis asal Polandia (Chelsea Islan), dan gadis ningrat asal Solo (Indah Permatasari) jauh sebelum bertemu Ainun. (and)

Baca juga:

Pengalaman Mistis Endy Arfian Kala Syuting Film "Pengabdi Setan"

#Film #Film Indonesia #Festival Film Indonesia #Aktor Indonesia #Artis Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan