Situs Gunung Padang Diusulkan Masuk Warisan Dunia UNESCO Situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat (Foto: MP/Noer Ardiansjah)

MerahPutih.Com - Keberadaan Situs Gunung Padang sudah lama menjadi objek wisata dan penelitian sejumlah kalangan. Namun untuk menjaga kelestariannya, para arkeolog menganjurkan agar Situs Gunung Padang masuk dalam warisan dunia UNESCO.

Berdasarkan kajian tim arkeolog, keberadaan Situs Gunung Padang perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak. Oleh karena itu, tim arkeolog mendorong pemerintah agar mengusulkan Situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat, masuk warisan budaya dunia (world heritage) kepada organisasi PBB, UNESCO.

Ketua tim arkeolog peneliti Situs Gunung Padang Ali Akbar kepada wartawan mengatakan rencana pengajuan sudah muncul beberapa tahun lalu, tetapi belum ada langkah yang dilakukan untuk memenuhi setiap tahapan.

Pihaknya kini berinisiatif untuk mendorong segera diajukan rencana tersebut karena prosesnya memakan waktu cukup lama sampai terealisasi.

Situs Gunung Padang
Punden berundak di Situs Gunung Padang (MP/Noer Ardiansjah)

"Hasil kajiannya akan dijadikan bahan untuk menyusun dokumen, sedangkan dasar pengajuan berdasarkan hasil penelitian situs beberapa tahun ke belakang," kata Ali Akbar di Jakarta, Jumat, 13/7).

Hasil penelitian sudah cukup untuk dapat diajukan sebagai situs warisan budaya dunia karena bangunan yang sudah berdiri ribuan tahun sejak sebelum Masehi merupakan bukti kecerdasan manusia zaman dahulu dalam bidang arsitektur.

Bahkan tambah dia, dari lapisan paling ataspun syaratnya memenuhi karena sudah menujukan kecerdasan di bidang bangunan oleh manusia pada masa itu.

"Hanya dengan menumpuk batu dapat bertahan sampai sekarang dengan kondisi yang masih asli. Jika digali lebih dalam waktunya masih cukup, tinggal kesanggupan dari pemerintah," katanya.

Baca Juga: UNESCO Tambah Situs Warisan Dunia 2018, ini Daftarnya

Batu-batu yang tergeletak di Situs Gunung Padang
Hamparan batu megalit yang terhampar di Situs Gunung Padang (MP/Noer Ardiansjah)

Sebagaimana dilansir Antara, kajian yang diajukan merupakan bagian dari program Universitas Indonesia (UI) sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian pada masyarakat, khususnya dari Direktorat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat UI.

"Hasilnya akan dibuat menjadi buku dan akan diserahkan pada pemerintah. Masyarakat dapat membaca buku tersebut dan akan disampaikan dalam seminar untuk umum, sehingga warga turut mengusulkan agar prosesnya lebih cepat," katanya.

Pihaknya berharap kajian dan dokumen tersebut dimasukkan ke dalam daftar sementara (tentative list) kemudian disidangkan oleh UNESCO.

Pentingya Situs Gunung Padang masuk dalam warisan budaya dunia karena dapat menjadi sarana promosi dan perlindungan, terlebih situs tersebut akan menjadi catatan penting terkait peradaban dunia.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Donald Trump Tawarkan Persenjataan Modern ke Negara-Negara NATO



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH