Donald Trump Tawarkan Persenjataan Modern ke Negara-Negara NATO Presiden Donald Trump berbicara pada Upacara Peringatan Pasukan Perdamaian (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

MerahPutih.Com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump memanfaatkan betul lawatan ke sejumlah negara di Eropa. Dalam kunjungannya ke markas NATO, Trump tawarkan persenjataan modern buatan AS negara-negara kecil anggota NATO.

Berbicara setelah pertemuan puncak NATO di Brussels, Kamis (12/7) waktu setempat, Trump mengatakan bahwa beberapa negara anggota yang kurang kaya telah meminta apakah Trump dapat membantu mereka membeli peralatan dan persenjataan dari AS.

Namun Trump tidak menyebutkan nama negara-negara yang dimaksud.

Ditanya tentang tekanan pada negara-negara dengan keuangan yang lebih lemah, dia berkata, "Kami memiliki banyak negara kaya di NATO, tetapi juga ada beberapa yang tidak begitu kaya dan mereka bertanya apakah mereka dapat membeli peralatan militer, dan dapatkah saya membantu mereka , dan kami akan membantu mereka sedikit, "katanya dalam konferensi pers.

Presiden AS Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump melihat ke arah fotografer di Gedung Putih, Washington (ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria)

"Kami tidak akan membiayai mereka, tetapi kami akan memastikan bahwa mereka dapat memperoleh pembayaran dan berbagai hal lain sehingga mereka bisa membeli, karena AS membuat peralatan militer terbaik di dunia seperi jet tempur, peluru kendali, senjata, terbaik segalanya." Trump mengklaim kemenangan pribadi pada pertemuan tersebut setelah meminta sekutu Eropanya untuk meningkatkan pengeluaran atau jika tidak maka kehilangan dukungan Washington.

Sebagaimana dilansir Antara dari Reuters Jumat (13/7), Gedung Putih telah mendorong inisiatif "Beli Produk Amerika" yang bertujuan untuk membantu menumbuhkan miliaran dolar lebih dalam bisnis senjata.

Inisiatif Trump tawarkan senjata tersebut telah menimbulkan kekhawatiran di Eropa, di mana sejumlah pihak melihat peningkatan penjualan senjata kepada NATO sebagai upaya untuk meningkatkan pengeluaran militer mereka.

Trump tidak menarik hubungan langsung antara penjualan senjata dan upayanya untuk membujuk negara NATO lainnya untuk memperbaiki kekurangan dalam pembelanjaan pertahanan di bawah target pakta, tetapi memamerkan manfaat peralatan pertahanan buatan AS.

"Semua orang ingin membeli peralatan kami. Jadi kami membantu beberapa dari negara-negara itu untuk mengantri dan membeli peralatan terbaik," katanya.

Trump mencantumkan pembuat senjata AS teratas, Lockheed Martin Corp, Boeing Co dan Northrop Grumman Corp.

Perusahaan AS lainnya yang memperoleh manfaat dari dorongan penjualan senjata antara lain pembuat rudal Raytheon Co, dan General Dynamics Corp, yang membangun kapal perang dan peralatan militer lainnya.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: HKTI Dukung Moeldoko Jadi Cawapres Jokowi di Pilpres 2019



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH