Siapkan Kocek, Zoom Berencana Perkuat Enskripsi Video Conference Berbayar

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Sabtu, 30 Mei 2020
Siapkan Kocek, Zoom Berencana Perkuat Enskripsi Video Conference Berbayar
Pengguna aplikasi video conference Zoom. (Consummer Report)

PENYEDIA layanan konferensi video Zoom berencana memperkuat enkripsi panggilan video conference berbayar setelah sebelumnya banyak kasus kebobolan data pribadi setelah menggunakan perangkat tersebut.

Baca juga:

Tips Aman Memakai Aplikasi Video Conference Zoom, Akun Email Kuncinya!

Perusahaan dengan bisnis mengalami booming saat pandemi COVID-19 lantaran banyak perusahan menerapkan kerja dari rumah tersebut membahas langkah penguatan enskripsi dalam pertemuan dengan kelompok-kelompok kebebasan sipil dan pejuang pelecehan seks anak bersama konsultan keamanan Zoom Alex Stamos.

Stamos, dikutip reuters, mengatakan kombinasi dari faktor teknologi, keselamatan dan bisnis masuk ke dalam rencana dengan reaksi beragam dari pendukung privasi.

Zoom
Isu keamanan pengguna Zoom. (Safety Campus Magazine)

Zoom telah menarik jutaan pelanggan gratis dan berbayar di tengah pandemi, sebagian karena pengguna asing atau penyusup dapat bergabung dalam pertemuan, sesuatu yang sekarang terjadi 300 juta kali sehari - tanpa mendaftar.

Gennie Gebhart, seorang peneliti Electronic Frontier Foundation berharap Zoom akan mengubah arah dan menawarkan video dilindungi lebih luas.

Baca juga:

Rentan Peretasan, Begini Cara Hapus Akun Zoom

Namun Jon Callas, pakar teknologi dari American Civil Liberties Union, mengatakan strategi itu tampaknya merupakan kompromi masuk akal.

Para ahli keselamatan dan penegak hukum telah memperingatkan pemangsa seksual dan penjahat lainnya semakin menggunakan komunikasi terenkripsi untuk menghindari deteksi. (*)

Baca juga:

Pedoman Lingkungan Kerja yang Aman COVID-19 Menurut OSHA

#Aplikasi Zoom #Virus Corona #COVID-19
Bagikan
Bagikan