Rentan Peretasan, Begini Cara Hapus Akun Zoom Banyak kasus peretasan pada aplikasi Zoom membuat para penggunanya khawatir (Foto: metro.uk)

TAK dipungkiri bahwa aplikasi video conference seperti Zoom sangat membantu ditengah pandemi Virus Corona ini. Terlebih bagi para pekerja yang diimbau untuk menjalankan social distancing dengan cara bekerja dari rumah, atau Work From Home.

Namun, belakangan ini Zoom banyak diterpa masalah privasi serta keamanan. Padahal popularitas Zoom tengah meroket tajam. Seperti halnya yang terjadi baru-baru ini, Zoom harus berurusan dengan masalah baru yang menyangkut dark web.

Baca Juga:

WOW! Sebuah Startup Sukses Menciptakan Kacamata Pendeteksi Gejala Corona

Para peretas mengincar kelemahan pada aplikasi Zoom untuk mencuri data penggunanya (Foto: pixabay/B_A)

Dilansir dari laman Mashable, Cybersecurity firm Sixgill, baru-baru ini menemukan kumpulan 352 akun Zoom yang telah dibobol. Ratusan akun itu dibagikan pada forum dark web oleh seorang pengguna tanpa identitas.

Selain itu, mengutip laman BBC, aplikasi Zoom memiliki kelemahan yang signifikan, membuatnya tak cocok untuk rahasia. Sebuah tim di The Citizen Lab menemukan, bahwa Zoom menggunakan jenis enkripsi non-standar, dan mentransmisikan informasi melalui Tiongkok.

Para peneliti pun memperingatkan, jika penggunaan aplikasi tersebut untuk rapat kabinet atau urusan pemerintah sangat rentan. Tetapi aplikasi video conference itu cukup baik untuk tetap berhubungan dengan banyak orang.

Hingga saat ini, Zoom sendiri masih banyak digunakan oleh perusahaan besar untuk video conference. Tetapi ledakan pengguna selama pandemi virus Corona, telah menciptakan 'Kesempatan emas baru bagi mata-mata siber', kata laporan The Citizen Lab.

Baca Juga:

Facebook Akan Tegur Pengguna yang Beri 'Like' Info Hoaks Tentang Virus Corona

Para peneliti juga memperingatkan jika Zoom 'mungkin tidak cocok' untuk pemerintah dan bisnis, karena khawatir tentang spionase. Selain itu Zoom juga mungkin tak cocok bagi penyedia layanan yang menangani informasi pasien yang sensitif. Lalu Zoom pun mungkin tak cocok untuk aktivis, pengacara dan jurnalis yang mengerjakan topik sensitif.

Zoom dinilai tak cocok untuk rapat pemerintahan atau rapat penting perusahaan (Foto: addictivetips)

Tetapi bagi orang yang menggunakan Zoom untuk menghubungi teman, mengadakan acara sosial atau menyelenggarakan kursus maupun kuliah online. The Citizen Lab menyebutkan hal itu tak perlu dikhawatirkan.

Namun apabila kamu takut akan peretasan, atau kamu merupakan korban peretasan. Ada cara mudah untuk menghapus akun Zoom secara permanen. Seperti yang dilansir dari situs resmi Zoom, berikut ini langkah-langkah menghapus akun Zoom.

1. Sign in ke Zoom web portal.2. Klik Account Management lalu Account Profile.3. Klik Terminate My Account.4. Klik Yes to mengonfirmasi bahwa kamu ingin menghentikan akun Zoom. Penghapusan akan dilakukan secara permanen dari akun Zoom kamu.5. Kamu akan diarahkan ke beranda Zoom. Setelah itu kamu akan diperlihatkan pesan bahwa penghentian akun Zoom kamu berhasil.

Tapi, apabila kamu pengguna Zoom gratis, kamu bisa menghapus akun Zoom kamu kapan saja. Namun untuk kamu pengguna Zoom berbayar atau berlisensi, kamu harus membatalkan langganan mereka, sebelum menghapus akun zoom.

Sebetulnya, kamu tak perlu memiliki akun Zoom, karena sebagai peserta meeting, kamu hanya tinggal mengklik Join a Meeting pada aplikasi Zoom. (Ryn)

Baca Juga:

Perusahaan Ini Siapkan Solusi Liburan di Pantai saat Pandemi COVID-19

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bagi-Bagi Game Terus. Epic Games Rugi Rp4,8 triliun
Fun
Bagi-Bagi Game Terus. Epic Games Rugi Rp4,8 triliun

Epic Games merugi sampai tahun 2027.

Tak Main-Main, Orang Italia Punya Budaya Makan dan Minum
Kuliner
Tak Main-Main, Orang Italia Punya Budaya Makan dan Minum

Makan dan minum lebih daripada sekadar cara mengisi perut.

Catat, Akan Ada Keseruan dari Dewa United Esports di 9 Kota
Fun
Catat, Akan Ada Keseruan dari Dewa United Esports di 9 Kota

Dewa United Esports turut mengembangkan ekosistem eSports Indonesia.

Berkreasi dengan Henna Bareng Circle Ngabuburit
Fun
Berkreasi dengan Henna Bareng Circle Ngabuburit

Mending ngehenna daripada ngehina.

Nasib Mapala, Penghuni Terakhir Tongkrongan Kampus
Fun
Nasib Mapala, Penghuni Terakhir Tongkrongan Kampus

Mapala masih setia menjadi penghuni kampus.

Jenuh Bekerja di Rumah? Work From Hotel Solusinya
Fun
Jenuh Bekerja di Rumah? Work From Hotel Solusinya

Work From Hotel bisa menjadi penyegaran bagi para pekerja yang menjalani WFH

Hati-Hati Obat Pelangsing Bisa Memicu Berbagai Penyakit
Fun
Hati-Hati Obat Pelangsing Bisa Memicu Berbagai Penyakit

Dampak samping yang menyebabkan tubuh malah menderita.

Tampil Kece Ala Pendaki Zaman Now
Fun
Tampil Kece Ala Pendaki Zaman Now

Aktivitas mendaki gunung memiliki gaya fashionnya.

Kanye West Bikin Gim Bareng Nintendo
Fun
Kanye West Bikin Gim Bareng Nintendo

Sudah berkontribusi sejak 2016.