Sering Membunyikan Sendi Tulang? Ini Dampaknya Bahaya mengkretekkan tulang tubuh terlalu sering (Foto: thehealthy.com)

SERING kali kita merasakan pegal-pegal di badan, leher, kaki, atau jari tangan usai bekerja atau diam di satu posisi untuk waktu yang cukup lama. Biasanya guna meregangkan tulang atau otot yang kaku, kita kerap kali membunyikan sendi di jari, leher, atau bagian tubuh lain.

Tapi pertanyaannya, bahaya enggak sih? Jawabannya tidak berbahaya.

Karena seorang peneliti bernama Dr. Donald Unger pernah melakukan penelitian terhadap dirinya sendiri. Selama 60 tahun, Dr. Unger selalu membunyikan sendi jari tangan sebelah kanannya, tapi tidak dengan jari kirinya.

Baca juga:

Main Gadget saat Perjalanan Darat Bukin Pusing, Ini Alasan Medisnya

Alhasil, tidak ada perbedaan kekuatan antara jari tangan kanan atau kirinya, keduanya sama saja, tidak ada efek yang signifikan terhadap kebiasaan mengkretekkan jari tangan tersebut.

Namun bila terlalu sering, ada juga beberapa dampak negatifnya. Apa saja itu?

1. Kekuatan genggaman berkurang

Kekuatan genggaman bisa berkurang (Foto: pexels.com/Lisa Fotios)
Kekuatan genggaman bisa berkurang (Foto: pexels.com/Lisa Fotios)


Menurut penelitian, bila terlalu sering, kita mungkin bisa kehilangan kekuatan pada genggaman jari tangan. Skala berlebihannya adalah jika kamu melakukannya lima menit sekali, maka dalam jangka panjang sendi kamu bisa aus dan terjadilah radang persendian.

Baca juga:

Makan Sambil Tiduran Bisa Berbahaya

2. Kinerja saraf melemah

Bila terlalu sering, leher kamu bisa mengalami aus sendi (Foto: pixabay.com/nastya_gepp)
Bila terlalu sering, leher kamu bisa mengalami aus sendi (Foto: pixabay.com/nastya_gepp)

Hal ini bisa terjadi kalau kamu terlalu sering membunyikan leher dengan memutar kepala ke kiri dan ke kanan. Dalam jangka panjang, sendi di leher kamu bisa aus dan melemahkan kinerja saraf.

Hal yang harus diperhatikan, leher sangat dekat dengan otak dan terdapat banyak sekali saraf yang menyambungkan otak dengan anggota tubuh. Maka penting untuk menjaga dan tidak terlalu sering membunyikan leher kamu, ya.

3. Saraf kejepit

Saraf kejepit harus langsung segera diatasi (Foto: pixabay/Jenny Friedrichs)
Saraf kejepit harus langsung segera diatasi (Foto: pixabay/Jenny Friedrichs)


Tentu saja ini tak akan kamu inginkan. Saraf kejepit bisa terjadi ketika kamu membunyikan persendian tulang saat otot dan saraf sedang tegang, sehingga menyebabkan kram.

Membunyikan sendi tulang saat otot dan saraf tegang tak akan membuat mereka kembali normal. Sebaliknya, kamu melakukan gerakan yang tiba-tiba dan melawan arah tarikan otot yang sedang tegang.

Hal ini bisa jadi sangat berbahaya apalagi kalau terjadi di leher, awalnya nyeri, lama kelamaan otot dan sendi kamu mulai kaku, dan bisa jadi tidak dapat bergerak. Bila hal ini terjadi, kamu harus langsung segera ke atasi, ya.

Baca juga:

Makanan Pedas Enak sih, Tapi...


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH