Sering Galau Saat Musim Hujan? Ini Penjelasan Ilmiah dan Cara Mengatasinya

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 17 Desember 2019
Sering Galau Saat Musim Hujan? Ini Penjelasan Ilmiah dan Cara Mengatasinya
Sering galau saat musim hujan? ini cara mengatasinya (Foto: pixabay/stocksnap)

BEBERAPA orang merasakan suasana hati atau mood berubah menjadi lebih buruk saat musim hujan. Dalam kata lain saat langit mendung dan hujan turun, sebagian orang merasa sedih, sendiri, dan lebih tak percaya diri.

Rupanya hal itu ternyata ada penjelasan ilmiahnya gengs, di mana sebuah penelitian menemukan, saat turun hujan bisa membawa pengaruh pada kondisi emosi seseorang. Dalam studi lain ditemukan juga, saat hujan akan lebih banyak unggahan negatif berkesan 'galau' di media sosial.

Baca Juga:

Penting, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Usai Kamu Kehujanan

Dalam penelitian ditemukan, jika perubahan cuaca bisa memengaruhi kondisi psikis seseorang. Hal itulah yang mungkin membuat seseorang merasa jenuh, mudah marah, kelelahan hingga gangguan mood yang berkaitan dengan depresi serta sakit kepala.

Musim hujan bisa pengaruhi suasana hati (Foto: pixabay/b_me)

Suasana hati bisa dipengaruhi oleh suasa lingkungan. Dari mulai suhu, paparan sinar matahari dan juga tingkat kelembapan udara. Ditemukan pula jika lingkungan yang lembap bisa membuat seseorang lebih sulit untuk konsentrasi dan lebih mudah mengantuk.

Selain itu kurangnya paparan sinar matahari juga berhubungan dengan rendahnya kadar melatonin dan serotonin. Selain itu kurangnya paparan sinar matahari juga menyebabkan gangguan pola tidur, pertambahan berat badan, dan rasa ingin selalu makan karbohidrat.

Biasanya pasokan serotonin itulah yang membuat orang lebih mudah stres ketika musim hujan. Di Negara Barat, musim panas mencapai puncaknya di bulan Juni, merupakan masa orang paling ceria.

Sebaliknya, saat musim dingin, merupakan masa di mana orang lebih mudah depresi. Kondisi itu dikenal sebagai seasonal affective disorder (SAD) atau depresi yang berhubungan dengan musim.

Karena itu, saat musim hujan tiba, kamu membutuhan beberapa hal yang membuatmu tetap ceria disaat hujan.

Cara yang pertama ialah nyalakan lampu, karena Cahaya bisa meningkatkan kadar serotonin yang bisa memperbaiki suasana hati.

Setelah itu langkah kedua yakni melangkah keluar rumah. Jika hujan tak membahayakan, keluar rumah bisa membantu memperbaiki mood.

Pergi keluar rumah saat hujan bisa memperbaiki mood (Foto: pixabay/xusenru)

meski hujan, namun kemungkinan masih terdapat paparan sinar UV yang bisa membantu mengatur irama sirkadian tubuh. Ritme sirkadian sendiri, merupakan peru fisik, mental dan perilaku tubuh kamu selama sehari.

Baca Juga:

Cara Habiskan Akhir Pekan Tetap Asyik di Musim Penghujan

Cara yang ketiga, yakni melakukan kegiatan yang menyenangkan. Bila kamu merasa lebih aman di dalam rumah, kamu bisa mencoba melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti halnya menonton film komedi, main game ataupun membaca buku.

Keempat yaitu olahraga di dalam ruangan. Karena olahraga bisa menghasilkan endorfin yang bisa membuat suasana hatimu jadi lebih positif, meningkatkan kepercayaan diri serta vitalitas.

Agar kamu lebih semangat berolahraga, kamu dapat melakukan berbagai gerakan dengan diiringi musik atau mengikuti panduan gerakan dari internet.

Cara yang kelima yaitu menghabiskan waktu dengan orang lain. karena saat hujan dan kamu sendirian bisa membuat suasana hati menjadi buruk. Maka dari itu cobalah habiskan waktu bersama orang lain yang berada di situasi serupa, caranya kamu bisa menghubungi teman via telepon atau bahkan video call.

So, jika kamu bersedih atau mengingat kenangan pedih saat hujan kamu tak perlu merasa bersalah. Janganlah berlarut dalam kesedihan, serta lakukan hal-hal positif di musim hujan, agar hari-harimu selalu ceria. (Ryn)

Baca Juga:

5 Makanan Maknyus yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan

#Musim Hujan #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan