Penting, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Usai Kamu Kehujanan Lakukan beberapa langkah sehat ini usai kamu kehujanan (Foto: pixabay/pexels)

SAAT musim hujan tiba, kamu harus bersiap-siap dengan awan mendung dan hujan. Tak jarang hujan datang tiba-tiba ketika kamu tengah melakukan perjalanan pulang. Alhasil kamu pun basah kuyup.

Baca Juga:

Cara Habiskan Akhir Pekan Tetap Asyik di Musim Penghujan

Meski bisa menimpa kamu, jangan sampai kamu jatuh sakit usai kehujanan. Kamu bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa treatment yang dirangkum dari laman Go Dok ini. Apa saja itu? Yuk simak ulasannya.

1. Lepaskan Baju yang Basah

Tanggalkanlah bajumu dan ganti dengan baju kering usai kehujanan (Foto: pixabay/free-photos)

Hal yang harus dilakukan saat kamu kehujanan, gantilah baju basahmu dengan baju kering. Hal ini bertujuan agar kelembapan tak merembes hingga ke paru-paru dan menyebabkan batuk. Peraturan ini berlaku untuk kaus kaki dan baju dalam kamu.

2. Segera Mandi dan Keramas dengan Air Hangat

Segeralah mandi usai kamu kehujanan (Foto: pixabay/tookapic)

Usai kehujanan, sebaiknya kamu bergegas ke kamar mandi dan membasuh kepala dengan air hangat. Agar segala bakteri dan penyebab infeksi yang menempel pada tubuhmu akibat guyuran air hujan segera pergi. Gunakanlah sabun antiseptik agar tubuhmu tak hanya bersih, tapi juga terbebas dari sumber penyakit.

3. Bersihkan Kaki

Bersihkanlah kaki usai kehujanan (Foto: pixabay/jakmac34)

Karena biasanya di musim hujan, sulit bagimu untuk menghindari genangan atau cipratan dari air hujan. Tak heran jika kaki kamu menjadi sasaran utama bagi bakteri untuk hidup. Apalagi jika alas kaki kamu sudah basah dan lembap, bakteri tentunya senang untuk berkembang biak. Karena itu cucilah kaki kamu hingga benar-benar bersih.

Baca Juga:

Tips Tampil Cantik Menghadapi "Kemageran" Pagi Hari Saat Musim Hujan


4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Perbanyaklah minum air putih (Foto: pixabay/rawpixel)

Hal yang harus kamu lakukan usai kehujanan yaitu memperbanyak asupan mineral pada tubuh. Karena air mineral merupakan obat mujarab untuk mendapatkan tubuh sehat. Dengan banyak mengonsumsi air mineral, tubuh akan lebih mudah melawan demam dan virus flu. Karena itu penuhilah kebutuhan air mineral kamu dengan meminum 8 gelas sehari.


5. Perbanyak Asupan Vitamin C

Perbanyak asupan vitamin c, baik dari buah maupun suplemen (Foto: pixabay/pixel2013)

Lalu tips yang terakhir usai kamu kehujanan, yakni memperbanyak asupan vitamin C. Karena vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh melawan penyakit. Dalam hal ini kamu bisa mendapatkan asupan vitamin C lewat sumber alami. Seperti jeruk, kentang, anggur ataupun stroberi. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen atau minuman dengan kandungan tersebut. (Ryn)

Baca Juga:

5 Makanan Maknyus yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala