Sepatu Bersejarah Michael Jordan Laku Terjual Rp 32,5 Miliar

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 13 April 2023
Sepatu Bersejarah Michael Jordan Laku Terjual Rp 32,5 Miliar
Sepatu Air Jordan yang dikenakan Michael Jordan di NBA Final 1998. (Foto: Instagram/@izitmag)

NAMA Michael Jordan masih terus menjadi salah satu legenda terbesar di olahraga basket hingga kini. Sehingga masih terus ada kolektor yang menggemari berbagai pernak-pernik dari atlet bintang yang membesarkan nama tim Chicago Bull di NBA itu.

Minat terhadap memorabilia pria yang memiliki tinggi 1,98 meter itu pun semakin meningkat usai dirilisnya dokumenter The Last Dance (2020). Film yang menggambarkan karier MJ khususnya ketika ia berlaga di NBA musim 1997-98. Maka tak mengherankan bila sepatu yang digunakan Michael Jordan di momen itu, bisa laku terjual dengan harga super fantastis.

Sepatu Air Jordan 13s yang mengombinasikan warna hitam dan merah, dipandang sebagai salah satu memorabilia legendaris di kalangan kolektor. Pasalnya, Michael Jordan mengenakan sepatu itu ketika ia berlaga di Game 2 pada final NBA 1998 dalam rangka meraih gelar juara NBA terakhirnya.

Baca juga:

3 Sneakers Ikonik Michael Jordan di Penayangan Perdana Serial The Last Dance

Sepatu Bersejarah Michael Jordan Laku Terjual Rp 32,5 Miliar
Sepatu ini diberikan Jordan kepada seorang ball boy yang membantu menemukan jaketnya.(Foto: Instagram/@izitmag)

Sepatu yang juga sudah memiliki tanda tangan dari MJ itu kemudian dilelang Sotheby’s, rumah lelang yang memang sudah memprediksi ini akan menjadi salah satu barang lelang termahal dari legenda basket itu. Pihak Sotheby’s menambahkan, bahwa ini merupakan sepatu Air Jordan Bred satu-satunya di dunia yang lengkap dan memang telah diautentikasi.

Prediksi itu pun terbukti pada lelang yang digelar pada Selasa (11/4). Pasalnya, sneaker yang memiliki nama alias Bred (Black and Red) itu sukses terjual di angka USD 2,2 juta atau setara dengan Rp 32,5 miliar dan berhasil meraih gelar sebagai salah satu sepatu termahal yang pernah dijual di dunia.

Baca juga:

Tuntutan Michael Jordan untuk Film 'Air'

Sepatu Bersejarah Michael Jordan Laku Terjual Rp 32,5 Miliar
Sneakers ini sukses jadi salah satu sepatu termahal di dunia. (Foto: Instagram/@izitmag)

Tampaknya memorabilia final NBA 1998 dari MJ memang menjadi salah satu yang paling dicari, mengingat di 2022, jersey yang digunakan Michael Jordan pada pertandingan itu terjual di angka USD 10,1 juta atau Rp 149 miliar.

“Hasil pemecahan rekor hari ini semakin membuktikan bahwa permintaan memorabilia olahraga dari Michael Jordan terus mengungguli dan melampau semua harapan,” ungkap Kepala Barang Koleksi Streetwear dan Modern Sotheby’s, sebagaimana dikutip dari BBC, Rabu (12/4).

Sepatu Air Jordan ini ternyata memiliki cerita yang menarik di baliknya. Karena sneakers itu sebenarnya dimiliki oleh seorang pemungut bola atau ball boy di pertandingan final NBA 1998. Michael Jordan memberikan sepatu sneakers itu sekaligus membubuhkan tanda tangannya, usai ball boy itu berhasil menemukan jaket dari MJ yang sempat hilang. (aru)

Bacac juga:

'Air', Film Kelahiran Nike Air Jordan

#Sneakers #Sepatu #Michael Jordan #NBA
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan