Seni dalam Secangkir Kopi, Buat 'Latte Art' ala Barista dengan Tips Mudah Ini Tips membuat latte art (Foto: pexels/Viktoria Alipatova)

JIKA kamu penikmat kopi, tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya latte art. Bahkan terkadang tidak sedikit yang mengabadikan keindahan seni yang dituangkan dalam secangkir kopi itu ke media sosial. Seni kreatif yang dituangkan di atas kopi oleh barista pastinya tidak dibuat sembarangan, membuat latte art membutuhkan tingkat kreativitas dan keahlian khusus, serta diperlukan latihan rutin untuk membuat pola seni yang sempurna.

Baca juga:

Canda, Tawa, Hingga Cinta dari Secangkir Kopi

Tidak hanya untuk penikmat kopi, latte art juga akan menjadi daya tarik bagi orang yang bukan penikmat kopi. Lantas, apa yang dimaksud dengan latte art? Dilansir dari Barista Institute, latte art merupakan seni yang dituangkan di atas kopi dengan membuat gambar atau pola tertentu.

Sementara itu, dilansir dari Roasty Coffee, membuat latte art juga bisa dibuat di rumah tanpa menggunakan mesin espresso lho! Hal ini pun memiliki beberapa cara dah tahapan yang perlu diperhatikan. Mau tau bagaimana cara membuat latte art? Simak berikut ini!

Mempersiapkan alat yang dibutuhkan

Alat untuk membuat latte art
Alat untuk membuat latte art (Foto: pexels/kaboompics)

Pastikan terlebih dahulu bahwa kamu telah mengetahui alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat latte art. Alat yang dibutuhkan dan yang perlu kamu siapkan adalah siapkan espresso satu atau dua shot, susu segar, termometer, milk frother, cup espresso, microwave ataupun kompor, dan milk jug.

Perhatikan suhu dan tekstur susu yang digunakan

Penggunaan milk frother untuk buat latte art
Penggunaan milk frother untuk buat latte art (Foto: ottencoffee)

Susu yang paling baik untuk digunakan untuk membuat latte art adalah fresh milk yang sudah dingin dan telah dimasukkan ke dalam kulkas. Susu yang tidak dingin akan mempengaruhi pada kualitas foam yang telah dihasilkan.

Jika susu telah dingin, kamu bisa mulai untuk dipanaskan susu dengan suhu 65 derajat celcius untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Atau kamu juga bisa menggunakan cara frothing yaitu mengaduk secara cepat susu yang telah panas, menggunakan milk frother yang akan menghasilkan busa pada susu.

Baca juga:

Kepribadian Seseorang Dapat Dilihat Dari Jenis Kopi yang Diminum

Penggunaan milk jug

Penggunaan milk jug
Penggunaan milk jug yang benar untuk membuat latte art (Foto: pixabay/haselzman)

Milk jug bisa dikatakan sebagai kuas untuk menciptakan seni pada kopi. Penggunaan milk jug tidak bisa sembarangan, tentunya dibutuhkan kenyamanan dan dibutuhkan kestabilan untuk bisa mengendalikan milk jug. Kamu bisa memegang milk jug dengan menggunakan jempol dan jari telunjuk hingga bagian atas

Pouring

Cara pouring latte art
Cara pouring latte art (Foto: Chavanon photography)

Pouring atau menuangkan susu yang telah disteam ataupun froting ke dalam cangkir espresso dengan mengatur kemiringan cangkir dengan melihat seberapa lebar cangkir tersebut. Jika permukaan cangkir lebar maka akan semakin miring pula cangkir tersebut. Namun, jika permukaan cangkir kecil sebaiknya tidak perlu dimiringkan.

Kamu bisa mengatur posisi milk jug berdekatan dengan cangkir yang telah kamu pegang sampai membentuk sudut siku-siku, setelah itu kamu bisa mulai menuangkan susu mulai dari tengah dengan gerakan memutar.

Apabila cangkir terasa sudah terisi setengah, kamu bisa angkat milk jug dan kembali menuangkan lagi depan diikutin dengan gerakan dorongan ke sisi ujung cangkir sampai terbentuk motif yang diinginkan. Sembari melakukan gerakan dorongan hingga membentuk motif, kamu bisa meluruskan cangkir agar tidak tumpah. (Bel)

Baca juga:

Dua Kutub Berseberangan Soal Kopi, Kamu Masuk Tim Mana?



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH