Semur Daging Khas Betawi, Olahan Sedap di Hari Raya Idul Adha Semur daging Betawi bercitarasa manis dan gurih. (foto: Instagram @dapur_mama_pink63)

PUNYA daging sapi kurban? Olah saja menjadi semur daging khas Betawi yang punya cita rasa manis gurih yang lezat. Selain rasanya yang enak, salah satu variasi olahan daging sapi ini juga punya cita rasa yang khas dengan bumbu semur daging khusus sehingga beda dengan resep semur dari daerah lain.

Pada umumnya, semur merupakan hidangan daging yang menggunakan teknik memasak slow cooking. Kuahnya khas berwarna cokelat yang didapat dari campuran kecap manis, pala, cengkih, juga rempah khas Indonesia seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay.

BACA JUGA:

Serbadaging, Sajian Idul Adha Khas Berbagai Daerah Nusantara

Semur disajikan dengan daging sapi. Namun, ada juga daging lain yang diolah semur, seperti ayam, ikan, tahu, tempe, dan telur. Orang Betawi juga kerap mengolah jengkol jadi semur yang lezat.

semur
Semur daging ternyata punya sejarah panjang. (foto: youtube)

Sajian semur, meskipun sederhana, ternyata punya sejarah panjang. Awalnya masyarakat Indonesia tidak punya nama khusus untuk hidangan ini. Namun pada 1900-an, orang Belanda datang ke Indonesia dan mulai mengenal hidangan ini. Mereka sangat menyukainya dan menyebut hidangan ini sebagai smoor yang berarti masakan yang direbus dengan bawang dan tomat secara perlahan. Kata smoor itulah yang diserap ke bahasa Indonesia menjadi semur. Hingga saat ini, semur jadi hidangan favorit seluruh kalangan masyarakat, termasuk semur daging khas Betawi ini.


RESEP SEMUR DAGING BETAWI


BAHAN-BAHAN


500 gram daging sengkel, potong-potong
200 gram kentang, potong 8 bagian, goreng berkulit
5 butir bawang merah, iris tipis
1 lembar daun salam
1/2 sendok teh pala bubuk
4 butir cengkih
3 cm kayumanis
75 ml kecap manis
1 sendok teh garam
1.750 ml air
2 sendok makan margarin untuk menumis
2 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan

BUMBU HALUS

7 siung bawang putih
2 cm jahe
5 butir kemiri, sangrai
1 1/2 sendok teh ketumbar
1/8 sendok teh jinten

CARA MEMASAK

1. Panaskan margarin. Tumis bumbu halus, bawang merah, dan daun salam sampai harum.

2. Masukkan daging. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan tomat. Aduk sampai layu.

3. Masukkan pala bubuk, cengkeh, kayumanis, kecap manis, dan garam. Aduk sampai daging terbalut bumbu. Masukkan kentang. Aduk rata.

4. Tuang air secara bertahap. Masak daging sampai empuk. Sajikan bersama taburan bawang goreng.(*)

Kredit : dwi

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH