Sempat Hits Pada Masanya, Mengapa Sekuel Casper 2 Tidak Diproduksi? Menjadi tontonan laris di tahun 1995. (Foto: Screenrant)

SIAPA sih yang tidak kenal dengan karakter hantu yang satu ini? Ya, Casper menjadi film kartun populer yang diproduksi pertama kali pada 1995. Casper menjadi film yang box office besar di dunia.

Film kartun ini pasti pernah menemani masa kecilmu, bukan? Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa sekuel Casper 2 tidak pernah ada?

Baca Juga:

New Normal, Adegan 'Panas' Film Hollywood Andalkan Teknologi CGI

film
Bill Pullman dan Christina Ricci. (Foto: Pinterest Moriah Cline)

Film komedi fantasi Casper merupakan film hit box office besar dan tampaknya sangat disayangkan karena tidak ada kelanjutan sekuelnya. Kehadiran Casper di 1995 mendapat sambutan hangat dengan meraup keuntungan sebesar USD290 juta atau sekitar Rp4 triliun, dengan anggaran hanya sebesar USD50 juta.

Film Casper pertama dibintangi oleh Christina Ricci dan Bill Pullman berdasarkan kartun dan komik Casper the Friendly Ghost. Seri Casper juga pernah diproduksi sebelumnya, namun tidak sesuai dengan ekspektasi para penggemar di film yang rilis pertama kali.

Pada 1997, sekuel Casper pernah dibuat yang berjudul Casper: A Spirited Beginning. Pada dasarnya, sekuel ini merupakan video yang ditargetkan hanya untuk anak-anak dan tidak memiliki relevansi di kisah sebelumnya. Seri lainnya, Casper Meets Wendy yang rilis pada 1998 juga muncul dengan hasil yang mengecewakan penggemar. Mereka berharap sekuel yang sudah ada lebih baik dari film pertama.

Baca Juga:

Serial Marvel 'WandaVision' Lanjut Syuting Juli 2020

film
Sempat diproduksi pada 1997. (Foto: IMDb)

Pada satu titik, Universal Pictures ingin membuat sekuel aktual untuk film Casper dengan menghadirkan para pemain kembali. Ternyata, ada beberapa alasan mengapa Casper 2 tidak pernah diproduksi. Tidak lama setelah film pertama dirilis, sekuel kedua diusulkan dan bahkan naskah sudah ditulis.

Sayangnya, Pullman dan Ricci sudah terikat dengan proyek lain dan pihak studio tidak mau menunggu sampai mereka bersedia. Sementara itu, mereka menciptakan serial kartun yang berjudul The Spooktacular New Adventures of Casper pada 1996. Beberapa tahun kemudian, sutradara film Prince of Egypt, Simon Wells disewa untuk menulis skrip Casper 2 dengan harapan Pullman dan Ricci akan kembali berperan.

Pada musim panas 2000, Universal telah membatalkan Casper 2 dan percaya bahwa biaya yang dikeluarkan akan semakin besar seiring berjalannya waktu. Alasan lainnya adalah karena para pemain yang sudah beranjak dewasa dan tidak memungkinkan untuk kembali berperan menjadi anak-anak. Kini, Casper hanya tinggal kenangan dan hanya bisa disaksikan di seri pertama saja. (and)

Baca Juga:

The Matrix 4 Rilis 2021, 4 Karakter ini tidak Beraksi Lagi



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH