Semangat untuk Kembali Bangkit Dillan Zamaita Melalui 'Stand Tall'

Febrian AdiFebrian Adi - Kamis, 07 Desember 2023
Semangat untuk Kembali Bangkit Dillan Zamaita Melalui 'Stand Tall'
Dillan Zamaita lepas single terbaru. (Foto: Dok/Sedjuk Media Network)

MEMAHAMI bahwa hidup tak pernah melaju secara statis, musisi Dillan Zamaita coba untuk memotivasi diri dengan melepas single terbaru berjudul Stand Tall. Lagu ini merupakan perwujudan kontemplasi Dillan ketika merasakan asam garam kehidupan.

“Meratapi tantangan yang sulit itu wajar namun harus dibarengi dengan semangat untuk mencari solusi dan kembali melangkah maju. Lagu ini menceritakan tentang perlawanan terhadap rasa malas pada diri sendiri, ada waktu untuk bersedih dan saat untuk kembali bangkit,” ucap Dillan dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih, Rabu (6/12).

Dalam perilisan lagu terbarunya, Dillan merayakan kembaali karakteristik-karakteristik british pop, terutama yang mungkin kita dengarkan di medio 90an. Salah satu referensi yang kental terasa adalah ciri khas vokal kering ala Gallagher bersaudara dari band Inggris Oasis.

Baca juga:

White Shoes & the Couples Company Rilis Piringan Hitam 'Topstar Collection'

Dalam penggarapan lagu ini, Dillan kembali menggandeng Rama Harto sebagai produser yang diketahui sudah pernah bekerja sama dengan musisi lokal ternama, seperti Iga Massardi, Aldrian Risjad, hingga Irsyad Agni.

Keduanya kembali menjelajahi potensi eksperimental untuk mencapai keunikan suara kering ala Liam Gallagher. Rama mengarahkan Dillan untuk tidak minum selama sesi take vocal. Hal ini menghasilkan suara dengan karakteristik unik yang jarang ditemukan di lagu-lagu Dillan.

“Menyenangkan. Rasanya seperti membawa kembali era 2000-an awal ke zaman sekarang. Tentunya, ada banyak tantangannya, tapi semoga semuanya bisa diterima dengan baik,” terang Rama menjelaskan proses produksinya.

Baca juga:

Nyoman Paul Rilis Debut Single 'Bernafaslah Sejenak'

Sebelumnya, Dillan Zamaita melepas lagu berjudul Roselina yang mewakili ekspetasi yang tidak terwujud dan kepercayaan yang tak diidahkan. Lagu yang menceritakan sudut pandang seorang yang terkena manipulasi dan ditinggal untuk menangani rasa kecewanya sendiri.

Dalam Roselina Dillan coba menjalajahi genre alternative rock yang jarang ia sentuh. Dillan menantang dirinya untuk menciptakan lagu dengan suara gitar yang mentah dan vokal yang penuh dengan saturasi. Demi mewujudkan efek yang dicari, ia mencoba teknik perekaman vokal yang unik, yaitu dengan memberikan backsound ambience penonton konser. (Far)

Baca juga:

Skastra Lepas Album Ketiga Bertajuk 'Metanoia'

#Musik #Musik Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan