Selain Susu, Kolang-Kaling pun Baik untuk Tulang

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 12 Juni 2017
Selain Susu, Kolang-Kaling pun Baik untuk Tulang
Kolang-kaling bisa memperkuat tulang karena mengandung banyak kalsium. (Foto: koesandi.wordpress)

Bulan puasa ini Anda pasti sering mengonsumsi kolang-kaling. Ya, kolang-kaling sering kali dijadikan resep berbuka. Terkadang dibuat manisan kolang-kaling, terkadang dicampur dalam kolak pisang. Ternyata, makanan ini tidak hanya membuat Anda segar saat berbuka. Terdapat banyak manfaat dari kolang-kaling. Jadi, sambil menikmati hidangan, Anda pun mendapatkan beberapa manfaatnya.

1. Obat radang sendi

Makanan ini mengandung zat galaktomanan. Zat tersebut memiliki khasiat meredakan, bahkan menyembuhkan penyakit radang sendi. Jika Anda sedang menderita radang sendi, Anda bisa mengobatinya dengan mengonsumsi 100 gram kolang-kaling setiap hari. Agar lebih berkhasiat, Anda bisa mengonsumsinya tanpa gula dan dengan cara direbus.

2. Memperkuat tulang

Anda tidak perlu selalu mengonsumsi susu untuk memperkuat tulang. Anda bisa mengonsumsi kolang-kaling agar tulang menjadi kuat. Terkandung kalsium tinggi yang dibutuhkan tulang pada kolang-kaling. Konsumsi 100 hingga 200 gram kolang-kaling tanpa pemanis untuk memperkuat tulang.

3. Melancarkan pencernaan

Dengan mengonsumsi 5-10 butir kolang-kaling, Anda bisa melancarkan pencernaan Anda. Makanan ini mengandung banyak serat dan air, bagus untuk melancarkan pencernaan.

4. Makanan diet

Bagi yang sedang menjalankan program diet, Anda bisa mengonsumsi makanan ini. Terdapat kandungan gelatin pada kolang-kaling yang akan membuat Anda kenyang. Selain itu, kolang-kaling mengandung 94% air yang membuat Anda segar setelah mengonsumsinya.

5. Menyehatkan kulit

Agar kulit menjadi cantik dan sehat, Anda membutuhkan banyak vitamin B. Pada kolang-kaling terdapat kandungan vitamin B yang bisa menyehatkan kulit jika Anda rajin mengonsumsinya.

Nah, demikianlah lima manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kolang-kaling. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat lebih, jangan lupa untuk mengonsumsi kolang-kaling yang direbus tanpa pemanis, ya Sahabat MerahPutih!

#Informasi Kesehatan #Tips #Tips Puasa #Tips Masak #Menu Puasa #Menu Lebaran #Menu Ramadan #Menu Takjil #Menu Makanan #Menu Buka Puasa
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan