Resep Manisan Kolang-Kaling: Segar, Bergizi, Tahan Lama

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Kamis, 01 Juni 2017
Resep Manisan Kolang-Kaling: Segar, Bergizi, Tahan Lama
Manisan Kolang-Kaling (Foto: Instagram/wvv_mon1c4)

Menu pertama yang Anda nikmati saat berbuka tak perlu selalu buah kurma dan kolak pisang. Anda bisa juga membuat Manisan Kolang-Kaling untuk berbuka puasa hari ini.

Kolang-kaling bukan buah tanpa manfaat. Malah, buah ini baik Anda konsumsi ketika berbuka puasa karena mengandung banyak nutrisi, seperti kalsium, fosfor, zat besi, kalium, karbohidrat, serat kasar, serta vitamin A, B, dan C.

Tubuh yang berpuasa secara perlahan akan kekurangan nutrisi penting, yang biasanya didapat dari makanan dan minuman. Meski jumlahnya sedikit, kehadiran vitamin dan mineral mutlak dibutuhkan tubuh setiap hari. Nah, kolang-kaling yang mengandung banyak vitamin dan mineral ini tentu tepat bagi tubuh Anda kekurangan nutrisi selama puasa.

Jadi, tak ada salahnya Anda menyajikan menu takjil yang sedikit berbeda dari biasanya, seperti Manisan Kolang-Kaling ini. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

- kolang-kaling 2 kg
- air cucian beras (buat rendaman) 1000 ml
- gula pasir 100 gram
- air 500 ml
- daun pandan 4 lembar
- daun jeruk 15-20 lembar
- garam 1/4 sdt
- sirup atau pewarna makanan lainnya sesuai selera 250 ml

Cara masak:

1. Pertama-tama, pilihlah kolang-kaling yang masih bulat dan utuh, warnanya bening transparan, tidak terlalu lembek namun tidak keras juga. Cuci bersih lalu rendam dengan air cucian beras sampai terbenam seluruhnya selama 24 jam. Cara ini berguna untuk mengurangi lendir dan rasa asam pada kolang-kaling, yang rata-rata sudah direndam terlalu lama oleh penjualnya.

2. Buang rendaman air beras lalu cuci bersih kolang-kaling dan tiriskan. Cucilah kembali kolang-kaling dengan menambahkan daun bambu kemudian remas-remas kolang-kaling dengan daun bambu sampai kesat (sekitar 5-10 menit).

3. Setelah kesat, buang daun bambu lalu cuci bersih kembali kolang-kaling. Masukkan air, gula pasir, daun jeruk, daun pandan, dan garam ke dalam panci, rebus sampai air mendidih. Masukkan kolang-kaling lalu rebus kembali sampai buahnya empuk dan airnya mengental.

4. Tuangkan pewarna sirup dan pasta pandan lalu aduk hingga rata sampai kuah sirup mengental dan menyerap. Angkat, lalu cicipi. Bila kolang-kaling masih terasa belum empuk, tambahkan lagi air, lalu rebus.

5. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Simpan di dalam wadah yang tertutup, lalu masukkan ke dalam kulkas.

Manisan Kolang-Kaling buatan Anda pun bisa dinikmati bersama keluarga di rumah untuk menu takjil hari ini. Jangan khawatir cepat basi, sebab manisan kolang-kaling justru akan memberikan rasa terbaiknya setelah 2-3 hari. Makanan ini bisa bertahan selama 2 minggu jika disimpan di chiller kulkas. Selamat mencoba.

Lihat juga resep menu berbuka puasa lainnya di sini: Resep Kolak Pisang Untuk Buka Puasa

#Resep #Resep Masak #Resep Makanan #Masakan Indonesia #Resep Masakan Indonesia #Masakan Nusantara
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan