Selain Lezat, Kubis Ungu Punya Berbagai Manfaat bagi Kesehatan

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 24 Agustus 2022
 Selain Lezat, Kubis Ungu Punya Berbagai Manfaat bagi Kesehatan
Kubis ungu punya segudang manfaat bagi kesehatan. (Foto: Pexels/Rodnae Productions)

KETIKA membahas makanan yang bermanfaat dan punya segudang nutrisi, mungkin kamu akan membayangkan sayuran hijau. Namun, tahukah kamu bahwa ada jenis sayur berwarna ungu yang sama bermanfaatnya? Kubis ungu namanya.

Sayuran yang kerap disebut sebagai kubis merah ini ternyata masih satu kelas dengan brokoli dan daun kale, loh. Tanaman dengan jenis Brassica ini cenderung terasa hambar dan agak manis.

Meski sekilas rasanya mirip dengan kubis hijau, nyatanya kubis ungu punya manfaat yang lebih banyak bagi kesehatan. Melansir Healthline, berikut ini adalah sederet manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

Baca juga:

Kubis Hias Bukan untuk Dikonsumsi

Manfaat Kubis Ungu
Kandungan pada kubis ungu bisa meredakan bagian tubuh yang radang. (Foto: Pexels/Laker)


1. Membantu meredakan inflamasi atau peradangan


Inflamasi sangat mungkin terjadi karena tubuh kita terpapar oleh banyak bakteri dan virus setiap harinya. Menurut penelitian, kandungan sulforafana pada kubis bisa membantu organ tubuh mengatasi radang di dalam.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melapisi helaian kubis pada kulit yang mengalami inflamasi, loh, supaya rasa sakit dan bengkak dapat berkurang.


2. Menjaga kesehatan jantung


Warna ungu pada kubis didapatkan melalui kandungan antosionin. Kandungan ini menghasilkan zat antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi kubis ungu secara rutin juga dapat berpengaruh positif terhadap penurunan tekanan darah dan serangan jantung.

Baca juga:

Kubis Bisa Jadi Jus Sehat Kaya Nutrisi

Manfaat kubis ungu
Kubis ungu memiliki sejumlah kandungan yang baik bagi tulang dan jantung. (Foto: Unsplash/Matthew Mcbrayer)


3. Menguatkan tulang


Kubis ungu mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi yang biasanya diperlukan untuk pembentukan tulang. Ada vitamin K, C, kalsium, dan zat besi. Kandungan ini membantu tulang untuk lebih kuat dan melindunginya dari keretakan atau cedera yang bisa menyebabkan patah tulang.


4. Mencegah dan mengurangi risiko kanker


Dalam banyak penelitian dan uji coba, kandungan sulforafana dan antosianin yang ada pada kubis ungu memiliki kemampuan untuk melawan sel kanker. Selain melawan, sayuran ini juga menurunkan risiko kanker hingga 18 persen.


5. Meningkatkan kesehatan usus


Kandungan pada kubis dapat mengurangi peradangan pada usus seperti yang dijelaskan pada poin pertama. Selain itu, seperti kebanyakan sayur pada umumnya, kubis ungu juga mengandung serat yang bisa membantu usus dalam mencerna makanan sehingga dapat mencegah konstipasi. Hal ini pun membantu kerja usus menjadi lebih ringan. (mcl)

Baca juga:

Brokoli dan Kubis Baik untuk Jantung

#Sayuran Kaya Protein #Makanan Sehat
Bagikan
Bagikan