Selada Bangka, Makanan Sehat ala Vegetarian dari 'Negeri Laskar Pelangi' Selada Bangka. (Foto: instagram.com/mapearlakitchen)

BANGKA Belitung merupakan provinsi kepulauan di timur Pulau Sumatra. 'Negeri Seribu Pantai' ini sangat terkenal dengan deretan pantai berbatu granit raksasa dan pulau-pulau cantiknya bak di Maldives.

Satu hal lagi, bagi kamu penyuka makanan tradisional, Bangka Belitung merupakan surganya. Babel menambah khasanah makanan dari Sumatra. Memiliki ciri khas tersendiri, terutama makanan-makanan perpaduan dari suku mayoritas di sana Melayu dan Tionghoa.

Sebagai provinsi kepulauan, Bangka Belitung sangat gemari sajian baharinya. Olahan hasil lautnya terkenal sangat kaya bumbu. Tak hanya hidangan ikan, Bangka Belitung juga punya banyak olahan sayuran dan kudapan.

Satu yang mesti kamu coba ketika berwisata ke sana, yaitu menu sehat selada Bangka. Makanan ini khas kaum vegetarian dengan bumbu tradisonal lokal yang dibikin dari kacang. Bumbunya juga sangat beraga. Dijamin kamu bakal ketagian.

Namun selada khas Bangka tak semuanya dibuat dengan bahan sayuran. Ada tambahan mi basah dan tahu putih. Sauran tersebut kemudian diguyur dengan saus berbahan kacang, ebi, asam jawa, dan lainnya. Selada Bangka biasanya dinikmati dengan emping.

Selada Banga. (Foto: instagram.com/pempek_bangka_island_yence)
Selada Bangka. (Foto: instagram.com/pempek_bangka_island_yence)

Buat kamu yang senang makanan khas vegetarian ini, kamu bisa membuatnya di rumah. Berikut resep selada Bangka ini seperti dikutip 668 Resep Masakan Khas Nusantara dari 33 Provinsi.

Bahan:

- 6 lembar daun selada, iris kasar

- 75 gram tauge

- 1 buah mentimun, potong bulat

- 1 buah kentang rebus, potong dadu

- 100 gram mi basah, seduh air panas

- 4 buah tahu putih kecil, potong dadu, goreng

- Emping goreng secukupnya


Bahan saus kacang:

- 100 gram kacang tanah goreng

- 8 buah cabai merah keriting, rebus

- 1 sdt terasi goreng

- 3 sdm gula merah iris

- 2 sdm ebi, rendam air panas

- 3/4 sdt garam

Selada Bangka. (Foto: instagram.com/wendiusino)
Selada Bangka. (Foto: instagram.com/wendiusino)

- 5 mata asam jawa, seduh air panas, saring

- 200 ml air matang


Cara membuat

1. Saus kacang: haluskan kacang tanah goreng. Tambahkan cabai, terasi, gula merah, ebi, dan garam. Haluskan kembali. Tuangkan air asam jawa dan air matang. Aduk hingga tercampur rata

2. Tata sayuran, mi, dan tahu di atas piring. Siram dengan saus kacang. Sajikan dengan emping goreng. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Resep Akhir Pekan dari Bumi Laskar Pelangi: Tenggiri Bakar Sambal Belacan

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH