Sedikit yang Tahu, 8 Logo Terkenal Ini Ternyata Punya Pesan Tersembunyi Makna tersembunyi di balik logo-logo perusahaan besar dunia (Foto: FT)

LOGO menjadi bagian penting untuk sebuah perusahaan atau merek agar dikenal banyak orang dan menjadi ciri khas bagi setiap produk yang dihasilkan. Tentunya, logo yang dibuat pun memiliki arti yang mewakili perusahaan tersebut. Alhasil, ada banyak logo yang kita liat setiap harinya, baik di mall, pinggir jalan, hingga toko-toko terdekat.

Namun, tahukah kamu bahwa logo-logo dari perusahaan terkenal di dunia tersebut menyimpan pesan tersembunyi di baliknya? Dirangkum dari berbagai sumber, simak delapan logo merek atau perusahaan yang menyimpan makna di baliknya.

Baca juga:

Louis Vuitton, Brand yang Banyak Ditiru

1. FedEx

Sedikit yang Tahu, 8 Logo Terkenal Ini Ternyata Punya Pesan Tersembunyi
Terdapat logo panah putih di antara huruf E dan X. (Foto: OPUSfidelis)

FedEx merupakan perusahaan jasa pengiriman logistik asal Amerika Serikat. FedEx memiliki logo sederhana yang terkenal dengan tulisan ‘Fed’ berwarna biru dan ‘Ex’ berwarna merah. Namun jika dilihat lebih teliti, logo tersebut menyimpan pesan tersembunyi.

Kamu akan melihat panah yang menujukkan ke arah kanan warna putih di antara huruf E dan X. Panah putih tersebut mewakili kecepatan dan presisi dari perusahaan tersebut. Perusahaan juga berkomitmen bahwa barang yang diantarkan akan cepat sampai.

2. McDonald’s

Sedikit yang Tahu, 8 Logo Terkenal Ini Ternyata Punya Pesan Tersembunyi
Sempat ingin diganti namun akhirnya bertahan. (Foto: New York Post)

Siapa yang tidak pernah melihat logo restoran cepat saji terkenal ini. Seperti yang kita ketahui, McDonald’s memiliki logo lengkungan huruf M berwarna emas. Logo tersebut awalnya diciptakan oleh Stanley Meston, yang merancang bangunan pertama McDonald.

Dua lengkungan yang ada pada huruf M tersebut dimaksudkan untuk melindungi pelanggan dari hujan ketika mereka berhenti di restoran. Adapula yang mengatakan bahwa lengkungan tersebut merupakan simbolisasi dari sepasang payudara yang sehat.

Sekitar tahun 1960-an, psikolog bernama Louis Cheskin membujuk manajemen untuk mempertahankan logo tersebut karena mudah dikenali.

3. Amazon

Sedikit yang Tahu, 8 Logo Terkenal Ini Ternyata Punya Pesan Tersembunyi
Menyediakan barang yang lengkap dan sesuai harapan. (Foto: RealityPod)

Amazon merupakan situs belanja online terbesar di dunia saat ini. Didirikan oleh Jeff Bezos, Amazon ternyata memiliki pesan di balik logo perusahaan yang kita kenal selama ini.

Tanda panah kuning tersebut bukanlah lambang senyum, melainkan menggambarkan moto utama Amazon untuk menjaga pelanggan tetap bahagia. Panah yang menunjukkan dari A ke Z juga memiliki arti bahwa mereka menjual produk secara lengkap dan sesuai harapan.

4. Apple

Sedikit yang Tahu, 8 Logo Terkenal Ini Ternyata Punya Pesan Tersembunyi
Diubah menjadi monokrom oleh Steve Jobs. (Foto: Techii Talks)

Apple adalah salah satu perusahaan raksasa gawai terkenal di dunia. Sesuai namanya, Apple memiliki lambang buah apel yang sudah digigit. Semua itu diawali oleh Rob Yanov, pencetus logo Apple ketika ia membeli sekantung apel.

Saat itu, ia menggigit apel tersebut dari samping. Ia mengatakan bahwa ini suatu kebetulan dan menyadari bahwa ‘menggigit’ yang dalam bahasa Inggris ‘bite’ terdengar sama dengan istilah komputer ‘byte’. Awalnya, logo tersebut dibuat berwarna-warni. Kemudian Steve Jobs mengubanya menjadi warna monokrom.

Baca juga:

Kenang Kobe Bryant, Fans Minta 'Black Mamba' Jadi Logo Baru NBA



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH