Sebelum BLACKPINK dan RED VELVET, Ini Grup Cewek yang Menguasai Dunia Sudah ada grup cewek yang merintis Kpop hingga ke dunia hiburan barat. (Foto: SM Entertainment)

JAUH sebelum Lady Gaga memanggil BLACKPINK untuk berkolaborasi, sejumlah girl band dikenal sebagai perintis gelombang Hallyu. Beberapa nama seperti Girls' Generation, 2NE1, hingga Wonder Girls telah membawa musik pop Asia Timur ke dunia.

Girl band generasi kedua ini telah melakukan banyak hal seperti menantang stereotip gender melalui konsep berani hingga memikat dunia dengan pesona K-Pop.

Baca Juga:

Girls Generation

kpop
Girls Generation, punya gaya kasual yang enerjik. (Foto; SM Entertainment)

Pada saat adegan K-pop didominasi oleh artis pria, Girls Generation berhasil mengambilalih lampu sorot ke gadis-gadis muda ini. Gaya signature mereka begitu klasik: seragam dan sepatu hak tinggi, kecantikan polos dan imut, dan gaya feminin. Warna-warna ngepop seperti bubblegum menjadi ciri khas Girls Generation saat itu. Tembang hits mereka di tabun 2009, Gee membuat jeans berwarna menjadi tren. Sejak kemunculannya Taeyeon cs merilis hit ikonik satu demi satu sejak itu, bereksperimen dengan R&B, musik elektro-dansa dan banyak lagi. Sampai saat ini Girls Generation mempertahankan pengaruhnya dan tetap menjadi grup K-pop yang ikonik.

Wonder Girls

kpop
Wonder Girls, grup pertama yang tembus US Billboard Hot 100. (Foto: JYP Entertainment)

Setelah debut pada tahun 2007, Wonder Girls menjadi grup Korea Selatan pertama yang menembus US Billboard Hot 100 dengan lagu mereka Nobody. Setelah meluncurkan lagu-lagu Inggris, tur Asia dan AS dan bahkan berkolaborasi dengan bintang-bintang pop Amerika, Wonder Girls disebut-sebit membuka jalan bagi artis K-pop untuk masuk ke pasar Barat.

Baca Juga:

2NE1

kpop
2NE1 memiliki pengaruh hingga kini. (Foto: YG Entertainment)

Grup 2NE1 memulai debutnya pada tahun 2009, dengan gambar yang kuat yang memecah tampilan imut khas kelompok gadis. Lagu debut mereka Fire adalah hit instan, memperkuat status mereka sebagai grup super rookie yang meraih penghargaan besar hanya enam bulan setelah debut. Seiring waktu 2NE1 semakin berani mengekspresikan kesenian mereka melalui visual yang edgy, konsep out-of-the-box, dan vokal mereka yang menawan. Grup ini menjadi salah satu energi paling berpengaruh dari K-pop.

Brown Eyed Girls

kpop
Brown Eyed Girl, punya hit Abracadabra. (Foto: Kprofiles Updates)

Memulai debutnya pada tahun 2006, Brown Eyed Girls menduduki puncak popularitas setelah hit Abracadabra. Walaupun konsep di balik video musik lagu itu disambut dengan kontroversi karena adegan sensualnya, grup ini terus naik ke tangga lagu teratas dan memenangkan penghargaan. Abracadabra juga memicu tren "tarian arogan".

Sistar

kpop
Sistar debut di tahun 2010. (Foto: Starship Entertainment)

Memulai debutnya pada tahun 2010, Sistar dikenal sebagai gadis sehat karena tidak mengikuti standar citra kurus dan ramping seperti orang-orang di zaman mereka. Dikenal karena pakaian sensual dan lagu-lagu ceria, lagu-lagu Sistar banyak ditunggu-tunggu setiap musim panas. Mereka dianggap sebagai kekuatan gelombang hallyu generasi kedua. (avia)

Baca Juga:
Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH