Sate Kuah Pontianak Kuliner Andalan Kota Khatulistiwa Sate kuah Pontianak. (Instagram/ ginaregiana2)

SATE adalah salah satu makanan khas Indonesia. Sate pun menjadi favorit pelancong mancanegara ketika traveling di Indonesia. Harum daging bakar dipadu dengan saus dengan bumbu rempah ini diakui sebagai salah satu dari deretan makanan terenak di dunia.

Sate menempati urutan ke-14 makanan terenak di dunia versi CNN pada 2017 lalu. Sate sejajar dengan makanan khas Indonesia lain dalam kuliner dunia yaitu rendang makanan terenak nomor satu dan nasi goreng terenak kedua di dunia. Ketiga kuliner khas Indonesia itu berderet dengan makanan-makanan ikon kuliner negara-negara lain.

Berbicara soal sate, sajian sate selalu menjadi andalan dalam festival kuliner khas Indonesia di luar negeri. Indonesia punya banyak olahan makanan yang dibikin sate. Bahan sate mulai dari daging sapi, kambing, kerbau, ayam, ikan, hingga telur. Kekhasan bahan dan saus membedakan beragam jenis sate dari berbagai daerah.

Salah satu jenis sate khas daerah yang wajib dicoba, sate kuah Pontianak. Sate ini merupakan makanan khas dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sate kuah Pontianak cukup favorit masyarakat setempat dan kalangan pelancong ke kota yang dilalui Sungai Kapuas ini.

Sate kuah Pontianak khas Kota Pontianak, Kalimantan Barat. (Instagram/ herlin.lay)
Sate kuah Pontianak khas Kota Pontianak, Kalimantan Barat. (Instagram/ herlin.lay)

Sate kuah Pontianak berbeda dengan kebanyakan sate lainnya yang dengan saus atau bumbu kacang kental. Sate kuah Pontianak ditambah kuah seperti pada gulai atau kuah kuning. Kuah ini yang membuat sate ini istimewa dan memiliki cita rasa berbeda.

Sate kuah Pontianak juga disebut sate kuah rempah Pontianak. Salah satu kuliner andalan Kota Khatulistiwa ini berbahan dasar daging, baik sapi atau kambing, atau daging lain menurut selera. Daging mentah bahan sate sudah telebih dahulu dicampur rempah sebelum dibakar. Campuran bumbu rempah ini telah meresap ketika pembakaran.

Sate yang sudah diiris dadu kemudian dicampur dengan bumbu seperti air asam, gula merah, bawang putih, ketumbar, lada, garam, dan kecap. Daging mentah itu kemudian diaduk hingga merata. Daging yang sudah tercampur dengan bumbu kemudian ditusukkan ke tusuk sate. Setelah itu baru dibakar hingga matang.

Setelah sate matang. Disimpan dalam piring yang sudah dipotong-potong lontong dan dicampur taburan saus kacang. Campuran nasi jarang digunakan. Sate kuah cocong menggunakan lontong. Nah ini yang membedakan, sajian lontong dan sate kemudian diguyur lagi dengan kuah kaldu.

Sate kuah Pontianak, khas Kota Pontianak, Kalimantan Barat. (Instagram/ jajan.jalanan)
Sate kuah Pontianak, khas Kota Pontianak, Kalimantan Barat. (Instagram/ jajan.jalanan)

Kuah kaldu pelengkap sate ini juga merupakan campuran dari beragam rempah sehingga berpadu dengan bumbu sate. Rempah kaldu digunakan seperti ketumbar, merica, kunyit, kapulaga, pekak, jintan, dan bunga lawang.

Aroma rempah pada sate kuah Pontianak sangat terkenal. Konon, itu yang membuat para pencinta kuliner nusantara kangen Pontianak untuk menikmati sate ini. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 5 Makanan Populer Berbahan Dasar Tahu, Salah Satunya Pasti Pernah Coba

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH