5 Makanan Populer Berbahan Dasar Tahu, Salah Satunya Pasti Pernah Coba Tahu gejrot. (Intagram/ ferdiansahhidayat)

MAKANAN olahan tahu di Indonesia sangat banyak. Mulai dari olahan tahu serba mewah di restoran-restoran, hingga olahan tahu pedagang kaki lima atau food street. Soal rasa, Indonesia jagonya mengolah makanan.

Tahu sudah seperti makanan khas Indonesia bersama tempe. Tahu berasal dari Tiongkok. Nama tahu merupakan serapan dari bahasa Hokkian yaitu tauhu yang secara harfiah berarti kedelai terfermentasi.

Di berbagai daerah Indonesia, jenis, bentuk, dan rasa tahun berbeda-beda. Seperti di Bangka Belitung, ada tahu dengan nama tahu kok yang merupakan asli wilayah setempat dan menjadi makanan khas atau campuran olahan makanan lain.

Varian tahu di Indonesia juga menambah semarak kuliner nusantara. Dari visual, tahu bisa dibedakan dengan dua jenis yaitu tahu putih dan tahu kuning. Keduanya digunakan untuk olahan makanan yang berbeda-beda. Beberapa bahkan olahan tahu sudah menjadi ikon daerah tertentu, misalnya tahu Sumedang.

Berikut merahputih.com sajikan 5 makanan olahan berbahan tahu yang wajib dicicipi khususnya para pecinta streetfood;

1. Tahu Jablay

Tahu jablay. (Instagram/ amyzet)
Tahu jablay. (Instagram/ amyzet)

Tahu jablay juga makanan populer di Bandung. Tahu ini merupakan kreasi olahan tahu goreng. Tak jauh beda dengan tahu bulat, tahu jablay merupakan goreng tahu yang dipotong dadu berukuran kecil kemudian ditaburi bubuk cabai.

Tidak diketahui bagaimana kata "tahu jablay" ini muncul. Tahu jablay juga disebut tahu krispi karena digoreng dengan tepung krispi. Makanan ini bercita rasa gurih dengan campuran rasa pedas.

2. Tahu Pletok

Tahu pletok. (Instagram/ maruf_cbrx_rider)
Tahu pletok. (Instagram/ maruf_cbrx_rider)

Tahu pletok makanan olahan tahu khas dari Tegal, Jawa Tengah. Tahu pletok yaitu tahu aci goreng yang dibelah dua dan kemudian diisi lagi dengan aci baru untuk digoreng kedua kalinya. Awalnya olahan tahu ini sebagai cara untuk mengolah makanan goreng tahu aci yang tidak termakan kemudian dihangatkan kembali.

Penamaan tahu pletok karena olahan kedua tahu aci agak keras. Namun belakangan, olahan ini lebih diminati karena lebih gurih dan tekstur keras malah lebih disukai.

3. Tahu Gejrot

Tahu gejrot. (Instagram/ grobagbandoeng)
Tahu gejrot. (Instagram/ grobagbandoeng)

Tahu gejrot salah satu olahan tahu yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Tahu gejrot merupakan potongan tahu goreng yang ditaburi saus pedas asam. Tahu gejrot bercita rasa khas bawang dengan pedas cukup terasa. Saus bumbu ini terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, dan gula.

4. Tahu Bulat

Tahu bulat. (Instagram/ streetfoodgood)
Tahu bulat. (Instagram/ streetfoodgood)

Olahan tahun paling populer saat ini mungkin tahu bulat. Tahu bulan belakangan menjadi jajanan anak-anak yang terkenal karena dipasarkan dengan cara unik. Tahu bulat biasanya dijajakan di atas mobil pick up yang lengkap dengan kompor, penggorengan dan pengeras suara. Tahu ini terkenal dengan lirik tahu bulat digoreng dadakan, lima ratusan, yang diperdengarkan berulang-ulang.

Tahu bulat merupakan goreng tahu berukuran bulat dengan isi kopong. Tahu bulat bercita rasa gurih ikan. Biasanya ditaburi bumbu cabai kering.

5. Tahu Jeletot

Tahu jeletot. (Instagram/ tahutaisi)
Tahu jeletot. (Instagram/ tahutaisi)

Tahu jeletot salah satu makanan pedas populer di Bandung, Jawa Barat. Tahu jeletot berasal dari kata jeletot yang menggambarkan rasa pedas dalam bahasa Sunda.

Tahu jeletot merupakan tahu isi dengan rasa khas pedas. Tahu berukuran sedang yang dibelah kemudian diisi dengan berbagai potongan sayuran berbumbu sambal pedas. Tahu ini kemudian dicelupkan ke dalam adonan terigu sebelum digoreng. Tahu jeletot ini makanan variasi dari gehu atau taoge dalam tahu. (zul)

Baca juga berita lainnya tentang kuliner Indonesia dalam artikel: Tengkleng, Olahan Masakan Legendaris dari Solo

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH