Sah! UNESCO Tetapkan Ambon Sebagai Kota Musik Kota Ambon resmi ditetapkan sebagai Kota Musik oleh UNESCO. (Foto: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

KABAR bahagia datang dari salah satu kota yang berada di Timur Indonesia, Ambon. Kita sebagai warga negara Indonesia turut bangga karena Kota Ambon secara resmi ditetapkan sebagai Kota Musik oleh UNESCO pada Rabu (30/10) oleh Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay di Paris, Perancis. Kabar ini disampaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui akun Instagram resminya @budayasaya.

Baca juga:

5 Syarat Untuk Ambon Jadi Kota Musik Dunia

“Kota Ambon masuk dalam 66 kota Kreatif baru UNESCO, bersaing dengan beberapa kota dari negara lain seperti Baku di Azerbaijan, Bangkok di Thailand, hingga Wellington di Selandia Baru,” tulis Kemendikbud.

Dilansir dari beberapa sumber, Kota Ambon memang sudah dipersiapkan untuk dijadikan kota musik oleh pemerintah pusat pada 29 Oktober 2016 lalu. Pada Hari Musik 2018 lalu, digelar Konferensi Musik Indonesia (KAMI) di Ambon yang dihadiri oleh sejumlah pelaku industri musik Tanah Air. Pelantun lagu Januari, Glenn Fredly menjadi salah satu penggagas konferensi ini.

Baca juga:

Mengenal City Pop, Genre Musik yang Kembali Bangkit dari Era 80an

Pemerintah Kota Ambon, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI, dan Pemprov Maluku juga pernah membuat pernyataan bersama di muka publik Ambon, tepatya di Lapangan Merdeka untuk berkomitmen menjadikan Ambon sebagai kota musik.

Sah! UNESCO Tetapkan Ambon Sebagai Kota Musik
Rainer Kern, Direktur UNESCO City of Music. (Foto: Music Cities Summit)

Direktur UNESCO City of Music, Mannheim, Jerman, Rainer Kern menilai Kota Ambon memang layak untuk dijadikan sebagai kota musik dunia. Ada beberapa hal yang menyebabkan kota tersebut dinilai pantas untuk menjadi kota musik.

Salah satunya karena ada banyak potensi yang bisa dikembangkan di Kota Ambon. Rainer Kern juga menilai masyarakat Ambon sangat mendukung pertumbuhan ekosistem musik di daerahnya.

Selain Ambon, kota yang dipilih sebagai kota musik antara lain Essaouira (Maroko), Havana (Kuba), Kazan (Federasi Rusia), Kirsehir (Turki), Leiria (Portugal), Lliria (Spanyol), Metz (Prancis), Port of Spain (Trinidad dan Tobago), Ramallah (Palestina), Sanandaj (Iran - Republik Islam Iran), Santo Domingo (Republik Dominika), Valledupar (Kolumbia), Valparaiso (Chili), Veszprem (Hungaria), dan Vranje (Serbia). Congrats untuk Kota Ambon! (And)

Baca juga:

Ini 5 Destinasi Wisata Unik di Kota Ambon yang Wajib Dikunjungi


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH