Sagu Lempeng, Rotinya Masyarakat Papua yang Tak Tergantikan Sagu lempeng, roti khas Papua. (Foto: Instagram@s.ali_mussa)

MASYARAKAT Papua punya makanan pokok sagu. Sagu diolah menjadi beberapa makanan, salah satunya yang paling terkenal dan ikonik yaitu papeda dengan pasangan kuah kuning.

Selain papeda, makanan olahan sagu lainnya yaitu sagu lempeng. Sagu lempeng ini merupakan makanan di Papua dan Papua Barat. Biasanya masyarakt menikmati sagu lempeng dengan teh atau kopi.

Sagu lempeng berarti olahan sagu yang berbentuk lempengan-lempengan. Selain di Papua dan Papua Barat, sagu lempeng dapat ditemukan juga di provinsi lain yaitu Maluku, Riau, dan Kalimantan.

Sagu lempeng juga menjadi buruan wajib bagi para pelancong. Tapi sangat sulit menemukannya di tempat-tempat makan karena roti ini merupakan konsumsi keluarga dan biasanya langsung dimakan setelah dimasak.

Sagu lempeng dipadu dengan ikan kuah kuning. (Instagram/ bee_vebiyanti)
Sagu lempeng dipadu dengan ikan kuah kuning. (Instagram@bee_vebiyanti)

Pembuatan sagu lempeng terbilang mudah seperti pembuatan roti lain. Sagu diolah dengan cara dibakar dengan dicetak persegi panjang atau empat dengan besi.

Rasa awalnya, tawar. Tapi belakangan sudah mulai bervariasi dengan gula untuk mendapatkan cita rasa manis. Teksturnya keras dan bisa dinikmati dengan dicampur atau dicelupkan ke air supaya lebih lunak.

Sagu lempeng. (Foto: instagram.com/ira.kusumawardhani)
Sagu lempeng. (Foto: instagram@ira.kusumawardhani)

Kalau kamu melancong ke Bumi Cendrawasih, mencoba kuliner olahan sagu merupakan kegiatan wajib. Salah satunya yang tak boleh terlewatkan yaitu sagu lempeng, roti tawarnya masyarakat Papua. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Ini Kuliner Khas Flores Berbahan Dasar Jagung Wajib Dicoba

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy