RSUD Slamet Martodirdjo Jatim Siapkan Ruangan Khusus Kejiwaan Buat Caleg Kalah Pileg

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 06 Desember 2023
RSUD Slamet Martodirdjo Jatim Siapkan Ruangan Khusus Kejiwaan Buat Caleg Kalah Pileg
RSUD Slamet Martodirdjo Pamekasan - Madura.

MerahPutih.com - Konstentasi politik telah dimulai. Total ada sebanyak 1.632 caleg yang memperebutkan kursi DPRD Jawa Timur yang tersebar di 14 daerah pemilihan dengan 18 partai politik yang ikut pertarungan. Belum lagi ribuan caleg untuk DPRD tingkat kota/kabupaten.

RSUD Slamet Martodirdjo Pamekasan - Madura telah menpersiapkan ruangan husus untuk pasien gangguan jiwa akibat kalah pada pemilihan legislatif (Pileg). Langkah ini merupakan bentuk antisipasi agar para calon legislatif (caleg) yang gagal agar tidak mengalami gangguan jiwa berkepanjangan.

Baca Juga:

Pileg dan Pilkada Berdekatan, Bawaslu Minta Kesiapan Pengawas Pemilu 2024

"Iya, memang betul kami sudah menyediakan ruang perawatan khusus bagi pasien yang depresi akibat gagal saat Pileg," tutur Dokter spesialis jiwa RSUD Slamet Martodirdjo Indriana Lestari, di Jawa Timur, Selasa (5/12).

Ia menegaskan, para caleg yang gagal tersebut akan ditempatkan di Sal B rumah sakit. Para pasien yang mengalami depresi akan dirawat dan mengantisipasi agar tidak semakin parah.

"Kondisi down dan stres bisa timbul seketika kenyataan dan harapannya tidak sesuai ekspektasi. Akhirnya berpotensi alami depresi," tandasnya.

Ia menegaskan, pendampingan saat masa pemulihan tidak hanya dilakukan bagi pasien yang mengalami gangguan jiwa berat. Tetapi, juga pasien stres ringan bisa juga dirawat.

"Mereka yang mendatangi psikiater itu jangan diklaim ODGJ. Harus mulai peduli terkait kesehatan mental, pada skala apapun akan tetap dilayani," ungkapnya.

Ia menegaskan, bagi orang yang sedang dalam kondisi stres, mereka butuh tempat untuk sharing dan dimengerti.

"Sehingga perlahan kondisi meraka segera pulih kembali," katanya.

KPU telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (Andika Eldon/Jatim)

Baca Juga:

Buka Bimtek Fraksi Demokrat, AHY: Kita Fokus Pileg 2024

#Pemilu 2024 #Pileg #Gangguan Jiwa
Bagikan
Bagikan