Rp4,6 Miliar untuk Kardigan Bolong Kurt Cobain

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 28 Oktober 2019
Rp4,6 Miliar untuk Kardigan Bolong Kurt Cobain
Kardigan hijau milik Kurt Cobain laku Rp4,6 miliar. (foto: rollingstone)

BARANG-barang milik artis kerap jadi buruan para penggemarnya. Tak jarang, ada yang rela bayar mahal demi bisa mengoleksi barang milik idolanya. Umumnya, barang-barang peninggalan artis itu dijual dalam sebuah lelang.

Seperti sebuah kardigan berkelir hijau milik vokalis Nirvana, Kurt Cobain. Kardigan yang tak lagi utuh karena bolong di salah satu bagian itu terjual US$334.000 (Rp4,6 miliar) melalui rumah lelang di New York.

BACA JUGA: Tren Baru, Mengawetkan Tato Orang Terkasih

Meski tak lagi utuh, kardigan itu justru punya cerita. Baju luaran itu dipakai Cobain saat tampil di MTV Unplugged pada 1993. Ketika itu, kardigan tersebut terkena bara rokok sehingga jadi bolong. "Kardigan itu bagaikan cawan suci dari semua pakaian yang pernah ia kenakan," kata Darren Julien, CEO dan Presiden Rumah Lelang Julien, seperti dilansir AFP, dikutip Antara.

Kardigan Bolong Kurt Cobain
Kardigan milik Cobain yang terjual Rp4,6 miliar. (foto: Instagram @juliens_auctions)

Kardigan bermerek Manhattan yang bolong dan tidak pernah dicuci sejak dipakai Cobain itu dijual pemilik sebelumnya, Garrett Kletjian, dari Forty7 Motorsports. Kletjian membeli kardigan itu seharga US$137.500, empat tahun lalu. "Kurt menciptakan tampilan grunge. Dia tidak memakai pakaian khusus untuk pertunjukan," kata Julien.

Julien tidak menyangka pakaian ikonik itu bisa laku di atas harga taksiran awal, yakni US$200.000 sampai US$300.000.

Kardigan Bolong Kurt Cobain
Dipakai saat tampil di MTV Unplugged pada 1993. (foto: Instagram @archievedbykelly)

Pertunjukan Cobain bersama Nirvana pada MTV Unplugged 1993 diklaim menjadi salah satu penampilan paling fenomenal. Penampilan itu bahkan sampai direkam untuk sebuah album, enam bulan sebelum vokalis itu bunuh diri pada 1994.

Sebelum kardigan bolong, sebuah gitar Fender Mustang kidal milik Cobain yang dipakai untuk tur In Utero telah terjual US$340.000 atau sekitar Rp4,7 miliar.(*)

BACA JUGA: Vin Diesel Bakal Jadi Superhero Bloodshot

#Kurt Cobain #Musik #Musisi #Musik 90-an #Grunge
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan